VITAMIN C UNTUK APA? INI DIA BEBERAPA MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN TUBUH!

Tidak hanya vitamin B dan kegunaannya yang begitu banyak untuk kesehatan, ternyata tubuh juga membutuhkan vitamin C karena fungsinya yang baik bagi kesehatan. Sebab, ketika kebutuhan vitamin C tidak terpenuhi setiap hari, tubuh jadi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika demikian, sebenarnya vitamin C untuk apa dan kenapa harus mengonsumsinya?

Manfaat dari vitamin C sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Setiap kali Sobat Sehat sedang mengalami sakit, baik yang ringan atau besar, pasti Sobat Sehat disarankan untuk menambah asupan vitamin C. Hal ini ternyata bukan hanya mitos semata, ya, Sobat Sehat karena vitamin C memang memiliki banyak manfaat yang sayang sekali kalau ditinggalkan.

Vitamin C untuk Apa?

Sobat Sehat tahu tidak kalau vitamin C ternyata memiliki nama lain, yaitu asam askorbat. Selain itu, vitamin C juga termasuk ke dalam jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin C sendiri tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia, lho.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhannya, Sobat Sehat perlu mengonsumsi buah dan sayur yang biasanya mengandung banyak vitamin, seperti jeruk, jambu biji, paprika, kubis, stroberi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Sobat Sehat juga dapat minum multivitamin atau suplemen tambahan yang ada di Apotek K-24 terdekat.

Lalu sebenarnya minum vitamin C untuk apa? Berikut ulasan lebih lanjutnya:

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat vitamin C yang paling umum diketahui adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Sobat Sehat tidak mudah sakit atau mempercepat proses penyembuhan. Ini bisa terjadi karena vitamin C bisa membantu dalam meningkatkan fungsi sel darah putih.

Selain itu, sebagai antioksidan, vitamin C juga mampu untuk melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengelola Tekanan Darah

Jika Sobat Sehat mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), maka perbanyak asupan vitamin C, ya. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan kalau dengan mengonsumsi vitamin C ini tekanan darah bisa menurun sedikit demi sedikit.

Mengurangi Risiko Penyakit

Vitamin C untuk apa selanjutnya? Salah satu peran penting dari vitamin C adalah sebagai antioksidan alami untuk tubuh. Nah, adanya antioksidan ini dapat melindungi jaringan dan sel dari radikal bebas. Alhasil, tubuh tidak akan mudah mengalami mutasi atau kerusakan. Oh iya, kurangnya antioksidan ini juga menjadi pemicu beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Menjaga Kekencangan Kulit

Sobat Sehat mungkin sadar kalau vitamin C seringkali digunakan sebagai bahan pada produk-produk skincare. Ini karena vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Sebab, vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan.

Kolagen sendiri merupakan protein yang berguna untuk membentuk struktur kulit. Oleh karena itu, dengan mencukupi kebutuhan vitamin C ini Sobat Sehat bisa memiliki kulit yang tampak sehat dan kencang.

Mencegah Penyakit Asam Urat

Mengurangi risiko penyakit asam urat agaknya menjadi jawaban selanjutnya dari vitamin C untuk apa. Penyakit asam urat adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena kadar asam urat yang cukup tinggi dalam tumbuh hingga akhirnya membentuk kristal-kristal tajam pada persendian.

Nah, sebuah penelitian membuktikan kalau dengan konsumsi vitamin C selama 3 hari bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Jadi, bagi penderita asam urat, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari, ya.

Nah, itu dia penjelasan yang menjawab vitamin C untuk apa saja atau manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Banyak sekali ya kebaikan vitamin C ini bagi tubuh. Oleh karenanya, akan sayang sekali kalau Sobat Sehat tidak memenuhinya setiap hari dengan suplemen atau multivitamin di Apotek K-24.

Sebab, kekurangan vitamin C ini bisa menyebabkan penyakit skorbut, yang biasanya ditandai dengan tubuh lemas, mual, demam, diare, memar, nyeri sendi, dan lain-lain. Yuk, penuhi kebutuhan vitamin C setiap hari bersama Apotek K-24!