TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR? HATI-HATI BISA BERISIKO SAKIT STROKE!

Merasakan rasa kantuk setelah makan sahur agaknya menjadi suatu kondisi yang biasa terjadi. Selain waktu tidur yang berkurang, tubuh juga akan melepaskan hormon yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur setelah makan sahur. Sayangnya, Sobat Sehat harus tahu kalau kebiasaan ini kurang baik untuk kesehatan, lho.

Puasa memang membuat orang yang menjalankannya mengubah pola hidupnya, seperti bangun dini hari untuk makan sahur. Hal ini tentu membuat waktu tidur berkurang. Jadi, tak heran kalau kebanyakan orang memilih untuk melanjutkan aktivitas tidur setelah makan sahur. Sebab, mereka memerlukan tenaga untuk melakukan aktivitas seperti bekerja atau bersekolah di pagi hari.

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Rasa kantuk yang muncul setelah makan besar ternyata sebuah kondisi yang wajar. Sebab, untuk melakukan proses pencernaan, tubuh akan melepaskan beberapa hormon yang bisa memicu rasa kantuk.

Namun, kebiasaan langsung tidur setelah sahur ini sebenarnya kurang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya sistem pencernaan. Contohnya saja posisi berbaring ketika tidur bisa membuat laju pencernaan menjadi lambat, padahal lambung baru saja mendapatkan asupan makanan. Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi jika setelah makan sahur, Sobat Sehat langsung tidur:

Obesitas

Dampak tidur setelah makan sahur yang pertama adalah kenaikan berat badan yang banyak hingga seseorang bisa mengalami obesitas. Mengapa bisa demikian? Jika Sobat Sehat langsung terlelap setelah makan, maka tubuh tidak memiliki waktu untuk membakar kalori.

Akibatnya, muncul timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu, makanan yang dimakan sebelum tidur biasanya tidak bisa digunakan sebagai sumber energi. Alhasil, asupan kalori dalam tubuh akan berlebihan dan menumpuk dalam bentuk lemak.

Stroke

Berdasarkan suatu penelitian, semakin panjang jeda waktu antara tidur dengan makan, maka risiko stroke juga semakin rendah. Ini karena saat Sobat Sehat mengonsumsi makanan, gula darah, kolesterol, dan aliran darah akan mengalami perubahan. Selain itu, lemak yang menumpuk di dalam tubuh juga sangat berisiko menyebabkan penyakit stroke.

Gangguan Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan juga menjadi salah satu dampak langsung tidur setelah makan sahur. Sistem pencernaan akan melakukan tugasnya dengan baik jika tubuh dalam posisi tegak. Namun, jika Sobat Sehat langsung berbaring setelah makan, hal ini membuat proses pencernaan melambat.

Melambatnya proses pencernaan ini bisa memicu rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut sehingga menyebabkan Sobat Sehat sulit tidur. Proses pencernaan yang melambat ini bisa membuat Sobat Sehat sembelit atau sulit BAB, lho.

Menurunkan Kualitas Tidur

Tidak hanya gangguan pencernaan, tidur setelah makan juga dapat menyebabkan menurunnya kualitas tidur. Sebab, kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan munculnya sleep apnea, sebuah keadaan ketika napas terhenti selama beberapa detik. Akibatnya, otak tidak akan mendapatkan oksigen dengan cukup selama Sobat Sehat tidur.

Meningkatkan Risiko Asam Lambung (GERD)

Terlelap setelah makan sahur juga memicu masalah asam lambung atau refluks lambung. Posisi berbaring dengan kondisi kenyang akan meningkatkan tekanan lambung meningkat. Akibatnya, makanan dan cairan yang baru saja masuk ke lambung bisa naik ke kerongkongan.

Ketika mengalaminya, penderita biasanya akan merasakan sakit perut, rasa panas di ulu hati, mual, dan muntah. Apabila masalah asam lambung naik ini terjadi terus menerus selama lebih dari 3 kali dalam seminggu, maka penderita berisiko mengidap GERD.

Asam lambung naik sendiri sebenarnya tidaklah berbahaya tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang lama. Bahkan, pada beberapa keadaan, Sobat Sehat biasanya membutuhkan obat asam lambung di Apotek K-24 untuk meredakan gejalanya.

Nah, itu dia beberapa bahaya tidur setelah makan sahur jika Sobat Sehat lakukan setiap hari selama puasa. Terlelap setelah perut kenyang memang terasa nikmat. Namun, Sobat Sehat sebaiknya tunggu selama 1-3 jam terlebih dahulu sebelum melanjutkan tidur agar tidak mengalami gangguan kesehatan akibat kebiasaan tidur setelah makan. Yuk, jaga kesehatan selama puasa bersama Apotek K-24!