5 PENYEBAB NGANTUK TERUS YANG UMUM DAN PERLU DIWASPADAI

Mungkin Sobat Sehat pernah merasakan keadaan di mana rasa kantuk menyerang terus-menerus, baik saat bekerja, sekolah, atau santai-santai di rumah. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan membuat pekerjaan berantakan. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu penyebab ngantuk terus yang mungkin perlu diwaspadai.

Mengalami ngantuk yang berlebihan mungkin menjadi hal yang wajar, apalagi jika sebelumnya Sobat Sehat begadang hingga tengah malam. Hal tersebut membuat kualitas tidur menjadi buruk dan kurang tenaga. Namun, beda keadaan jika Sobat Sehat sudah tidur dengan cukup, tapi saat hari berikutnya tetap saja merasa ngantuk. Kondisi ini mungkin perlu diwaspadai dan membutuhkan perhatian khusus.

Penyebab Ngantuk Terus

Rasa kantuk yang berlebihan ini sangatlah khas, hal ini bisa berupa kesulitan untuk terjaga dan meningkatnya keinginan untuk terus tidur pada pagi hari atau siang hari. Orang yang mengantuk terus biasanya tidak banyak bergerak, baik saat mengemudi ataupun berada di tempat kerja.

Pada keadaan normal, ngantuk yang berlebihan bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang kelelahan dan membutuhkan istirahat lebih. Namun, jika ngantuk berlebihan terjadi lebih dari tiga bulan, kondisi ini bisa menjadi pertanda penyakit lainnya.

Apa saja? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Sleep Apnea

Salah satu penyebab ngantuk terus yang pertama adalah gangguan sleep apnea, sebuah keadaan di mana pengidapnya berhenti bernapas saat tidur. Ada beberapa gejala dari sleep apnea, yaitu mendengkur saat tidur, sakit tenggorokan, mudah marah, dan kurang fokus.

Keadaan ini bisa memberikan dampak negatif di siang hari, seperti suasana hati memburuk, ngantuk terus-menerus, gangguan kognisi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu patut diwaspadai karena menurunkan kualitas tidur.

Sindrom Kaki Gelisah

Menurut penelitian di Neuropsychiatric Disease and Treatment, penderita sindrom kaki gelisah membuat mereka memiliki keinginan untuk menggerakkan kaki hingga tak terkendali, entah sadar atau tidak. Keadaan ini membuat penderitanya sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Belum ada studi yang mengungkap apa sebenarnya penyebab dari sindrom kaki gelisah ini. Namun, beberapa menunjukkan bahwa asupan zat besi yang kurang bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Depresi

Penyebab ngantuk terus yang selanjutnya adalah gangguan mental, seperti depresi. Respon tubuh seseorang ketika mengalami depresi memang berbeda-beda, ada yang lebih banyak tidur atau sedikit tidur.

Namun, perubahan jadwal tidur pada orang depresi bisa membuat mereka merasakan kantuk yang berlebihan pada siang hari. Selain depresi, ada gangguan mental lainnya yang membuat Sobat Sehat merasa ngantuk terus, seperti stres, PTSD, anxiety, dan juga bipolar.

Narkolepsi

Mengantuk berlebihan di siang hari juga bisa menjadi salah satu gejala dari narkolepsi. Gangguan ini berupa organ otak yang tidak mampu untuk mengatur siklus tidur dan bangun tidur dengan benar. Akibatnya, penderita bisa terbangun berulang kali saat malam hari dan pola tidur pun menjadi terganggu.

Pada keadaan tertentu, pengidap narkolepsi bisa saja tiba-tiba tertidur ketika sedang makan atau mengobrol.

Kebiasaan Begadang

Sering begadang juga menjadi penyebab ngantuk terus, lho. Begadang paling umum dilakukan secara tidak disadari dan sulit untuk dihindari. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh kalangan pekerja atau mahasiswa yang pekerjaannya belum selesai.

Namun, begadang demi kesenangan seperti menonton film juga sering terjadi. Kurangnya waktu tidur tentu membuat Sobat Sehat mengantuk terus di siang hari.

Melihat penjelasan di atas, bisa dikatakan sebagian besar penyebab ngantuk terus sepanjang hari ini disebabkan karena gangguan tidur. Pada keadaan tertentu, mengatasi gangguan tidur ini bisa menggunakan obat tidur yang ampuh .

Namun, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan dan membutuhkan saran dari dokter terlebih dahulu. Oleh karena itu, jika merasakan rasa mengantuk terus selama berbulan-bulan, sebaiknya segera periksakan ke dokter, ya.