MINUM OBAT PAKAI AIR DINGIN, KIRA-KIRA BOLEH TIDAK YA?

Minum obat memang membutuhkan bantuan air atau cairan untuk memperlancar obat masuk ke dalam tubuh, apalagi jika obatnya berbentuk kapsul atau tablet. Selain itu, cairan ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi rasa pahit obat. Jika demikian minum obat pakai air dingin diperbolehkan atau tidak? Sebab, ada beberapa orang yang lebih suka minum air dingin daripada air dengan suhu ruang.

Ada yang mengatakan bahwa minum obat menggunakan air dingin bisa mengganggu efektivitas obat dalam meredakan keluhan kesehatan. akibatnya, proses penyembuhan penyakit dengan obat pun bisa terhambat. Lalu adakah efek khusus yang diakibatkan minum obat dan air dingin secara bersamaan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Bolehkah Minum Obat Pakai Air Dingin?

Apabila Sobat Sehat lebih suka minum air dingin, maka tidak perlu khawatir. Sebab, dari segi medis, suhu air yang diminum bersamaan dengan obat tidak akan mempengaruhi proses penyerapan zat aktif obat ke dalam tubuh.

Artinya, Sobat Sehat sah-sah saja jika ingin minum obat ditemani dengan air dingin karena efektivitasnya terbilang sama saja. Pada umumnya, minuman yang bisa mempengaruhi keefektivitasannya adalah kopi, susu, dan minuman alkohol yang kurang disarankan.

Jadi, asalkan air putih, mau air hangat atau air dingin akan sama saja dan boleh digunakan untuk menemani minum obat. Namun, minum air dingin ini tidak boleh berlebihan, ya. Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa banyak minum air dingin bisa membuat lendir di hidung menjadi lebih kental dan sulit untuk melewati saluran pernapasan.

Hal tersebut bisa membuat hidung tersumbat dan sulit untuk bernapas. Ini juga alasan mengapa saat sedang pilek atau flu, minum air dingin sangat tidak disarankan karena bisa memperparah gejala. Oleh karena itu, minum air dingin ini harus bijak, ya, jangan berlebihan karena bisa berdampak pada kesehatan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Minum Obat

Selain minum obat pakai air dingin ini boleh-boleh saja, tetapi ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika minum obat. Berikut adalah beberapa kondisi yang harus diperhatikan saat minum obat agar bisa bekerja dengan baik:

  • Minum obat sesuai dengan perintah dari dokter apabila menggunakan resep, termasuk waktu dan batas pengobatan.

  • Baca aturan pemakaian obat pada kemasan, mulai dari dosis, efek samping, peringatan, dan pencegahan.

  • Apabila mengalami efek samping, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

  • Jika masih bingung dalam penggunaan obat, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker ketika membelinya.

  • Terus jalani pengobatan sebelum Sobat Sehat mendapatkan izin untuk berhenti dari dokter. Sebab, berhenti minum obat sebelum waktunya bisa membuat penyakit tidak sembuh dan datang lagi.

  • Hindari minum obat menggunakan minuman berupa teh dan kopi karena memiliki kandungan kafein.

  • Selain itu, meskipun minum obat pakai air dingin diperbolehkan, sebaiknya jangan meminumnya  dengan susu atau jus buah.

Melihat penjelasan di atas, minum obat ini akan lebih baik jika ditemani dengan air putih, baik dingin ataupun hangat. Selama menggunakan air putih yang matang dan bersih, obat tetap akan bekerja secara efektif dan tidak akan menambah efek samping terhadap kesehatan.

Oh iya, konsultasi obat dengan dokter atau apoteker ini sangat penting dilakukan, lho. Nah, Apotek K-24 sendiri melayani konsultasi obat gratis secara langsung di gerai atau online. Jadi, Sobat Sehat bisa datang langsung ke gerai Apotek K-24 terdekat atau chat di aplikasi K24Klik atau nomor WA masing-masing apotek.

Untuk melihat nomor WA setiap gerai Apotek K-24, Sobat Sehat bisa klik dalam menu Lokasi Apotek. Setelah itu cari nama gerai yang dituju, nantinya akan tertera informasi umum gerai apotek, mulai dari alamat, nomor WA, dan akun instagramnya.

Demikian ulasan tentang minum obat pakai air dingin, semoga bermanfaat!