3 MANFAAT SUNSCREEN UNTUK KULIT BERJERAWAT, JANGAN LUPA DIPAKAI SELAMA LIBURAN!

Pemakaian sunscreen selama masa liburan ini agaknya sangat penting dilakukan, apalagi mengingat cuaca di Indonesia yang masih panas dan terik. Sayangnya, masih banyak orang yang terkadang lupa atau malas untuk memakai sunscreen ini. Oleh karena itu, perhatikan manfaat sunscreen untuk kulit berjerawat yang penting dan tidak boleh dilewatkan pada langkah-langkah perawatan kulit.

Menjelang tahun baru ini tentu saja banyak digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Jadi, tidak heran jika Sobat Sehat banyak melihat kemacetan yang terjadi di ruas-ruas jalan, khususnya yang dekat dengan tempat wisata. Cuaca yang panas dan teriknya paparan sinar matahari membuat Sobat Sehat memerlukan perlindungan ekstra agar kulit tetap dalam keadaan sehat.

Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Apa Manfaatnya?

Pada dasarnya, sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari. Sunscreen atau yang bisa disebut dengan tabir surya ini bermacam-macam bentuknya, mulai dari lotion, gel, mist, dan lain sebagainya.

Sebagian besar orang mungkin menganggap bahwa sunscreen hanya digunakan saat bepergian ke pantai saja. Pasalnya, pantai merupakan tempat di mana matahari bisa terlihat langsung sehingga Sobat Sehat akan merasakan paparan sinar UV-nya secara langsung

Padahal, sunscreen juga perlu digunakan ketika Sobat Sehat keluar dari rumah, bahkan di rumah sekalipun. Sebab, sunscreen ini memiliki banyak manfaat, di antaranya:

Menjaga Skin Barrier

Kebaikan sunscreen untuk kulit berjerawat yang pertama adalah bisa menjaga skin barrier. Sinar matahari memang baik untuk merangsang vitamin D di dalam tubuh. Namun, sinar UV yang berlebihan juga bisa dapat merusak skin barrier atau pelindung alami kulit.

Tanpa sunscreen, produksi minyak akan meningkat dan dapat memunculkan jerawat pada kulit. Oleh karena itu, pemakaian sunscreen untuk kulit wajah sangatlah penting. Oh iya, ada beberapa tanda yang menandakan bahwa skin barrier sudah rusak, seperti kulit kering, gatal, kulit berubah warna, meradang, dan timbul jerawat.

Mencegah Perubahan Warna Kulit

Dapat mencegah perubahan warna kulit secara signifikan juga menjadi salah satu manfaat sunscreen untuk kulit berjerawat. Paparan sinar UV pada kulit yang tidak dilindungi sunscreen bisa membuat warna kulit menjadi tidak rata.

Hal ini karena produksi melanin pada kulit wajah tidak merata. Perbedaan warna kulit ini terkadang bisa mengurangi rasa percaya diri akan penampilan. Nah, untuk menghindari keadaan ini, Sobat Sehat bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang tepat.

Mengurangi Kemerahan dan Mengobati Jerawat

Aktivitas di bawah sinar matahari memang bisa sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Namun, jika hal ini dilakukan dengan intensitas yang cukup lama, kulit Sobat Sehat bisa berubah menjadi kemerahan dan mudah mengalami iritasi, lho.

Sobat Sehat harus tahu bahwa kondisi tersebut dapat memicu berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit sensitif, dan peradangan. Oleh karena itu, ketika suka beraktivitas di luar ruangan, Sobat Sehat jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk kulit berjerawat agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya.

Namun, jika sudah terlanjur pergi dan lupa untuk membawa sunscreen, Sobat Sehat bisa mampir ke Apotek K-24 terdekat terlebih dahulu untuk membeli sunscreen, lho. Sebab, selain menyediakan obat yang penting untuk kesehatan, Apotek K-24 juga siap sedia produk-produk kecantikan seperti sunscreen.

Ingat ya Sobat Sehat, selalu jaga kesehatan kulit selama liburan dengan sunscreen untuk kulit berjerawat. Jangan sampai Sobat Sehat khawatir dengan penampilan selama liburan hanya karena lupa memakai sunscreen.