GULA DARAH NORMAL WANITA ITU BERAPA DAN BAGAIMANA MENJAGANYA?

Memiliki gula darah normal tentu menjadi harapan semua orang, khususnya bagi kaum perempuan. Sebab, dengan kadar gula darah yang normal ini bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya pada ginjal, saraf, mata, dan jantung. Lalu berapakah kadar gula darah normal wanita dan bagaimana untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi normal?

Keberadaan gula darah dalam tubuh manusia ini sangat berperan penting dalam kesehatan. Jika terlalu rendah, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena badan menjadi lemas. Begitu pula sebaliknya, gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes, sebuah penyakit yang tidak bisa sembuh. Bahkan, lama-kelamaan penyakit diabetes bisa merusak jaringan atau organ tubuh lainnya.

Berapa Kadar Gula Darah Normal Wanita?

Oleh karena itu, menjaga kadar gula darah agar tetap normal merupakan cara efektif untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Sayangnya, gula darah normal ini bisa berubah-ubah karena tergantung pada kondisi tubuh, misalnya sebelum atau sesudah makan.

Berdasarkan laman American Diabetes Association, ada batas kadar gula darah normal pada orang dewasa yang perlu Sobat Sehat ketahui, yaitu:

  • 70-130 miligram/desiliter untuk kondisi sebelum makan.

  • 140 miligram/desiliter untuk keadaan setelah makan paling tidak 2 jam setelahnya.

  • 100 miligram/desiliter untuk kondisi saat Sobat Sehat melakukan puasa selama 8 jam.

  • 100-140 miligram/desiliter untuk kondisi ketika menjelang waktu tidur.

Menjaga kadar gula darah normal wanita pada angka-angka tersebut sangat penting, ya Sobat Sehat. Ini karena sekalinya Sobat Sehat terkena diabetes, maka Sobat Sehat akan hidup selamanya dengan penyakit tersebut.

Apabila gula darah dalam tubuh sudah terlalu tinggi, ini bisa membuat tubuh tidak mampu mengubah gula menjadi energi. Alhasil, gula akan menumpuk dalam darah dan bisa menyebabkan proses pembusukan, lho. Jadi, tidak heran kalau penderita diabetes biasanya mengalami luka yang sulit sembuh.

Tanda-tanda lainnya saat gula darah terlalu tinggi yang perlu diwaspadai adalah badan terasa lelah, nafsu makan naik drastis walau berat badan menurun, sering merasa haus, dan sering buang air kecil.

Cara Menjaga agar Gula Darah Normal Wanita

Melihat bahayanya akibat kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh, tentu saja memaksa Sobat Sehat untuk mau menjaganya agar tubuh tetap dalam keadaan sehat. Tenang saja, ada beberapa cara untuk mengendalikan gula darah, contohnya:

  • Lakukan pola makan sehat dan bergizi seimbang, khususnya memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat.

  • Batasi asupan gula tidak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan gula setiap hari menurut Kemenkes RI.

  • Rutin berolahraga agar tubuh menggunakan energi yang tersimpan.

  • Kurangi stres yang berkepanjangan karena hormon kortisol yang dihasilkan bisa mengganggu kinerja insulin.

  • Berhenti dari kebiasaan merokok dan juga minum minuman beralkohol.

  • Konsumsi obat antidiabetes jika memang sudah dibutuhkan.

  • Rutin melakukan cek gula darah yang bisa dilakukan di Apotek K-24 terdekat. Ini bertujuan agar Sobat Sehat bisa memonitor kondisi tubuh setiap saat.

Nah, itu dia beberapa cara menjaga gula darah normal wanita yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, ya Sobat Sehat rutin melakukan pengecekan gula darah di Apotek K-24 ini sangat penting.

Sebab, dengan mengetahui kondisi gula darah ini, Sobat Sehat bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini kalau tiba-tiba angka gula darah sedang tinggi. Ini tentu saja menjadi langka penting dalam mencegah penyakit diabetes. Demikian ulasan tentang berapakah gula darah normal wanita dan bagaimana dalam menjaganya, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan bersama Apotek K-24!