PENYEBAB KENCING NANAH PADA PRIA YANG HARUS DIWASPADAI DAN CARA MENCEGAHNYA

Dewasa ini, banyak orang menanyakan tentang penyebab kencing nanah pada pria yang sering terjadi. Sebab, kencing nanah ini sering membuat penderitanya panik karena keberadaan nanah bisa menandakan sebuah penyakit berbahaya. Oleh karena itu, kalau Sobat Sehat tiba-tiba mengalami kencing nanah harus berhati-hati, ya, dan harus segera mendapatkan penanganan.

Kencing nanah biasanya disebut juga dengan penyakit gonore, yang merupakan salah satu penyakit menular seksual yang umum terjadi. Penyakit gonore sendiri sebenarnya bisa terjadi pada laki-laki maupun wanita, lho. Selain itu, kalau tidak segera ditangani dengan baik, gonore bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Jadi, penyakit gonore ini cukup berbahaya, ya.

Penyebab Kencing Nanah pada Pria

Karena termasuk dalam penyakit menular, artinya gonore disebabkan oleh infeksi bakteri. Lebih jelasnya, penyebab kencing nanah pada pria yang umum terjadi adalah adanya infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus.

Bakteri tersebut dapat berkembang pada alat kelamin laki-laki maupun wanita, lho. Sebab, perkembangan bakteri penyebab gonore sering ditemukan dalam cairan penis atau vagina dari orang yang terinfeksi.

Tidak hanya itu saja, bakteri gonore ini juga dapat menyerang bagian serviks, uretra, mata, tenggorokan, dan juga dubur. Jadi, penyakit gonore sebenarnya bisa terjadi pada alat kelamin dan organ tubuh lainnya. Oh iya, ada beberapa faktor yang dapat mendorong penyebab kencing nanah pada pria atau perkembangan bakteri, contohnya:

  • Kebiasaan seks yang tidak baik, seperti seks oral atau seks anal.

  • Menggunakan mainan seks yang sudah terkontaminasi.

  • Kebiasaan seks bebas tanpa menggunakan kondom.

  • Pernah terdiagnosis penyakit gonore sebelumnya.

  • Menderita penyakit menular seksual lainnya, seperti sifilis, klamidia, dan lain-lain.

Banyak juga, ya, hal-hal yang dapat memicu penyakit gonore. Jadi, kalau Sobat Sehat tidak ingin terkena gonore, sebaiknya Sobat Sehat menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Sebab, ada pepatah yang mengatakan mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Gejala Penyakit Gonore pada Pria

Selain penyebab kencing nanah pada pria, gejalanya pun juga harus Sobat Sehat kenali karena komplikasi gonore ini cukup berbahaya. Kalau tidak ditangani dengan tepat, gonore dapat menyebab beberapa komplikasi, seperti luka pada saluran kencing, kemandulan, dan epididimitis.

Infeksi gonore kadang kalah tidak menimbulkan gejala, apalagi pada wanita. Namun, pada laki-laki gonore sering menunjukkan gejala yang jelas, khususnya pada alat kelamin, yaitu:

  • Bertambahnya frekuensi buang air kecil.

  • Bengkak dan peradangan pada bukaan penis.

  • Keluar nanah dari penis, yang biasanya berwarna putih, kuning, krem, atau kehijauan.

  • Rasa nyeri dan pembengkakan pada organ testis.

  • Pada keadaan yang lebih serius, adanya kerusakan pada saluran uretra dan testis.

Cara Mencegah Kencing Nanah pada Pria

Penyakit gonore tidak bisa ditangani begitu saja dengan minum obat biasa. Sebab, Sobat Sehat perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep dokter dan perawatan lainnya. Oleh karena itu, Sobat Sehat hanya dapat mencegah penyebab kencing nanah pada pria jika tidak ingin terkena penyakit infeksi ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak bergonta-ganti pasangan seksual.

  • Pastikan pasangan tidak menderita penyakit menular seksual, ya, khususnya gonore.

  • Hindari berhubungan seksual bersama orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

  • Gunakan kondom yang ada di Apotek K-24 terdekat setiap kali berhubungan seksual. Sebab, kondom ini terbukti efektif mencegah penyakit menular seksual hingga 90%.

  • Melakukan pemeriksaan rutin, yang biasanya dilakukan sebanyak 1 kali dalam setahun.

Nah, itulah penyebab kencing nanah pada pria, gejala, dan beberapa cara mencegah penyakit gonore. Ingat ya, walaupun terdengar tabu tapi jangan sepelekan keberadaan kondom di Apotek K-24. Sebab, menggunakan kondom bisa mencegah Sobat Sehat terkena penyakit gonore. Yuk, selalu jaga kesehatan seksual bersama Apotek K-24!