5 CIRI-CIRI SAKIT MAAG YANG SUDAH PARAH DAN PERLU DIWASPADAI

Ciri-ciri sakit maag yang sudah parah tentu harus dikenali karena kalau terlambat dalam penanganannya bisa menimbulkan komplikasi, lho. Sama seperti gangguan asam lambung naik, sakit maag sebenarnya tidaklah berbahaya tapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan, pada keadaan yang parah, penderita maag bisa tidak mampu untuk menjalankan aktivitas dengan lancar.

Sakit maag ternyata bukanlah penyakit tapi masih termasuk dalam gejala penyakit tertentu. Sayangnya, sakit maag ini sangat umum terjadi dan mungkin sebagian besar orang di Indonesia pernah mengalaminya. Pada awalnya, maag bukan gangguan lambung yang berbahaya. Namun, kalau hanya dibiarkan begitu saja, sakit maag bisa berubah menjadi keluhan yang kronis, lho.

Ciri-ciri Sakit Maag yang Sudah Parah

Pada dasarnya, sakit maag disebabkan karena beberapa hal, seperti penyakit tukak lambung, infeksi bakteri H. pylori, peradangan lambung, dan GERD. Namun, terdapat beberapa faktor yang memicunya, seperti makan makanan pedas, minum kopi, makanan berlemak, buah asam, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya.

Berbagai hal tersebut bisa menimbulkan gejala maag yang bermacam-macam. Bahkan, gejala maag yang sudah parah ini biasanya bisa berlangsung lebih lama daripada gejala maag yang biasa. Kondisi ini tentu tidak boleh diabaikan karena dapat berisiko menimbulkan komplikasi.

Nah, berikut beberapa ciri ciri sakit maag yang sudah parah dan perlu Sobat Sehat waspadai:

Sakit Perut Bagian Atas

Muncul rasa sakit atau nyeri pada bagian perut tentu menjadi gejala maag kronis yang paling utama. Rasa nyeri ini biasanya lebih terasa di perut bagian atas, tepatnya pada ulu hati dan membuat banyak penderitanya tidak nyaman. Gejala ini muncul karena organ lambung mengalami peradangan parah sehingga bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Perut Kembung

Gejala maag kronis yang selanjutnya adalah perut terasa kembung karena ada penumpukan gas di dalam perut. Perut yang kembung bisa membuat Sobat Sehat merasa cepat kenyang meski baru makan dengan porsi yang kecil. Oh iya, perut kembung sebenarnya juga bisa menjadi tanda masalah lainnya, seperti peradangan lambung atau asam lambung naik, ya.

Sering Merasa Mual dan Muntah

Sangat sering mengalami mual dan muntah menjadi ciri ciri sakit maag yang sudah parah selanjutnya. Perasaan mual ini biasanya hadir ketika Sobat Sehat memiliki kebiasaan makan yang terburu-buru. Walau terdengar sepele tapi jangan biasanya untuk makan dengan tergesa-gesa, ya.

Selain perut yang terasa tidak nyaman, Sobat Sehat juga akan merasa perasaan ingin mengeluarkan makanan yang sudah masuk (muntah). Sebab, rasa mual dan muntah ini bisa menandakan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya.

Nafsu Makan Menurun

Penderita maag kronis biasanya juga akan mengalami nafsu makan yang menurun. Ciri ciri sakit maag yang satu ini sebenarnya bukan karena tidak ada rasa lapar tapi lebih kepada perut terasa tidak nyaman ketika menerima makanan atau minuman.

Nafsu makan yang menurun tentu membuat lambung dalam keadaan kosong. Akibatnya, asam lambung bisa saja naik dengan mudah dan lagi-lagi menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

Penurunan Berat Badan

Nah, ketika nafsu makan penderita maag menurun, ini pastinya membuat asupan nutrisi juga akan berkurang setiap harinya. Kurangnya asupan gizi dari makanan bisa menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, lho. Padahal, berat badan yang tidak ideal bisa menjadi sumber masalah yang lebih serius, seperti gangguan pada tulang, masalah gigi, dan tingkat kesuburan.

Kalau sudah mengalami gejala-gejala di atas, tandanya Sobat Sehat harus segera mengubah gaya hidup sehari-hari yang lebih sehat dan menyiapkan obat maag yang ampuh. Menggunakan obat maag di Apotek K-24 ini ampuh dalam mengurangi gejala sehingga Sobat Sehat bisa makan dengan tenang. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!