6 MANFAAT CUKA APEL UNTUK KESEHATAN, BISA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG DAN DIABETES!

Kegunaan cuka apel untuk menjaga kesehatan ternyata sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Bahkan, pada abad ke-17, orang-orang Eropa juga menggunakan cuka apel sebagai obat dengan mengolahnya menjadi sirup. Jika demikian, sebenarnya apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan dan bagaimana untuk mendapatkan cairan yang dianggap sangat menyehatkan ini?

Pada dasarnya, cuka apel adalah hasil fermentasi sari apel dengan ragi dan bakteri baik yang mengubah gula menjadi alkohol. Campuran tersebut akan menghasilkan asam asetat dan senyawa bioaktif lainnya. Proses fermentasi pada cuka apel dapat membentuk probiotik dan enzim yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan gula dan kalorinya ternyata lebih rendah dari sari apel atau jus apel.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Kandungannya yang menyehatkan membuat cuka apel jadi sorotan dan mendapatkan pengakuan yang berhubungan dengan khasiatnya dari banyak pihak. Tak heran kalau popularitas cuka apel cukup tinggi di khalayak umum. Berikut beberapa khasiat cuka apel menurut Kementerian Kesehatan RI:

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Bagi orang-orang yang berencana menurunkan berat badan, banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan untuk menggunakan cuka apel dalam program diet. Tidak hanya rendah kalori, cuka apel juga meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa mengurangi lemak berlebih. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian Bioscience and Biotechnology Biochemistry, lho.

Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi cuka apel bisa menurunkan indeks glikemik dan stres oksidatif pada penderita diabetes dan dislipidemia. Selain itu, cuka apel juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin secara signifikan sehingga dapat berguna dengan baik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Sobat Sehat yang mempunyai masalah jerawat, cuka apel bisa menjadi solusinya, lho. Sebab, cuka apel mengandung komponen spesifik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab munculnya jerawat di wajah. Cuka apel sendiri sudah terbuktu dapat mengatasi jerawat dan menyaman jaringan parut pada kulit.

Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah menjadi manfaat cuka apel untuk kesehatan selanjutnya. Hati-hati jika memiliki kolesterol tinggi karena bisa menumpuk dan mengeras sehingga membuat pembuluh darah menyempit. Jika sudah demikian, Sobat Sehat bisa minum cuka apel untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Meredakan Gejala Asam Lambung Naik

Kebaikan cuka apel yang selanjutnya ini sangat berguna bagi penderita asam lambung. Sebab, cuka apel bisa membantu dalam mencegah terjadinya asam lambung naik. Hal ini sudah dibuktikan pada Journal of Dietary Supplements, di mana cuka apel dalam permen karet dapat meringankan gejala asam lambung setelah konsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung.

Perawatan Gigi

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa digunakan dalam proses perawatan gigi. Cuka apel memiliki kandungan yang bersifat antimikroba dan bisa menjadi desinfektan pulpa gigi. Hal ini membuat cuka apel aman digunakan untuk terapi pulpa gigi dan manajemen karies.

Nah, itu dia beberapa manfaat cuka apel yang cukup beragam. Ingat ya, agar mendapatkan manfaatnya ini Sobat Sehat haru menggunakan cuka apel dengan baik dan tidak boleh berlebihan. Umumnya, cuka apel dikonsumsi dengan cara dicampurkan pada makanan atau minuman.

Terkadang cuka apel juga bisa dicampur dengan air dan dioleskan pada kulit. Nah, untuk lebih jelasnya, Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 untuk mendapatkan cuka apel sekaligus berkonsultasi dengan apoteker tentang cara penggunaannya.

Selain obat-obatan dan alat kesehatan, Apotek K-24 juga menyediakan beberapa cuka apel yang baik untuk kesehatan tubuh ini, lho. Jadi, kalau membutuhkan cuka apel, langsung datang ke Apotek K-24 terdekat, ya. Demikian ulasan tentang manfaat cuka apel untuk kesehatan, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!