CARA MELANCARKAN HAID SECARA ALAMI DAN CEPAT AGAR SIKLUS KEMBALI NORMAL

Menstruasi atau haid yang terganggu kadang membuat beberapa orang panik. Sebab, siklus menstruasi yang normal biasanya akan muncul setiap bulan dan pasti terjadi karena menandakan ovulasi. Nah, ketika Sobat Sehat ada yang mengalami gangguan menstruasi pastinya perlu beberapa cara melancarkan haid secara alami dan cepat agar bisa kembali dalam keadaan normal lagi.

Haid adalah proses alami pada sistem reproduksi yang biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Hal ini bisa terjadi karena ada pengelupasan lapisan rahim yang tidak dibuahi. Pada keadaan normal, siklus haid akan muncul di antara 21-35 hari. Namun, pada beberapa kondisi, menstruasi bisa saja datang terlambat dan tidak lancar.

Cara Melancarkan Haid secara Alami dan Cepat

Haid yang tidak lancar bisa disebabkan karena faktor-faktor tertentu, seperti stres, gaya hidup, konsumsi obat tertentu, atau kondisi medis tertentu. Jika haid tidak lancar terjadi saat masa pubertas mungkin masih wajar karena pengaruh perubahan hormon.

Berbeda keadaan kalau Sobat Sehat sudah dewasa tapi masih sering mengalami menstruasi tidak lancar. Nah, untuk mengatasinya berikut ada beberapa cara melancarkan haid secara alami dan cepat:

Waktu Tidur Cukup dan Jangan Sampai Stres

Usahakan untuk tidur selama paling tidak 7-9 jam setiap hari. Sebab, kualitas tidur yang tidak baik bisa mempengaruhi hormon reproduksi, lho. Dengan waktu tidur yang cukup juga menjadi kebiasaan dalam mengurangi rasa stres. Mengelola stres dengan baik menjadi salah satu kunci dalam melancarkan siklus haid. Ketika pikiran tenang, emosi negatif yang muncul bisa terkendali.

Olahraga secara Rutin

Membiasakan berolahraga selama paling tidak 150 menit setiap pekan bisa membantu dalam melancarkan siklus menstruasi. Sebab, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Jadi, Sobat Sehat disarankan untuk melakukan olahraga ringan setiap minggu, contohnya jalan kaki, bersepeda, yoga, jogging, dan lain sebagainya.

Konsumsi Beberapa Makanan Pelancar Haid

Cara melancarkan haid secara alami dan cepat yang selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti jahe, kayu manis, kunyit, nanas, pepaya, sayuran, dan ikan.

Beberapa makanan tersebut memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, melancarkan pembuluh darah, dan mendukung proses ovulasi secara teratur, dan mengontrol kadar kadar insulin dalam tubuh.

Jaga Berat Badan tetap Ideal

Ingin memiliki siklus haid yang lancar, maka Sobat Sehat disarankan untuk memiliki berat badan ideal. Ini karena kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mempengaruhi kadar hormon reproduksi dan siklus haid. Oleh karena itu, kalau Sobat Sehat memiliki berat badan berlebih (obesitas), sebaiknya segera menurunkannya secara perlahan, ya.

Cukupi Asupan Vitamin D

Kurangnya asupan vitamin D ternyata dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur. Maka dari itu, cara melancarkan haid secara alami dan cepat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D, contohnya ikan, kuning telur, dan jamur.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, Sobat Sehat juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dengan minum multivitamin atau suplemen yang ada di Apotek K-24. Selain mudah ditemukan, vitamin D di Apotek K-24 ini juga aman dikonsumsi karena sudah sesuai standar Kementerian Kesehatan RI dan BPOM.

Namun, sebelum mengonsumsi vitamin D sebagai cara melancarkan haid secara alami dan cepat, Sobat Sehat disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, nantinya dokter akan merekomendasikan dosis vitamin D yang cocok dengan kondisi Sobat Sehat.

Nah, apabila Sobat Sehat sudah melakukan berbagai cara melancarkan menstruasi di atas tapi siklusnya tetap tidak lancar, sebaiknya segera hubungi dokter terdekat, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!