OBAT MELANCARKAN HAID, INI BEBERAPA REKOMENDASI YANG AMAN DIMINUM!

Obat melancarkan haid kadang kala sangat dibutuhkan ketika siklus menstruasi tidak teratur dalam jangka waktu lama. Tak perlu disangka, siklus menstruasi yang tidak lancar pastinya membuat sebagian orang panik karena bisa saja menjadi pertanda penyakit tertentu. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan minum obat yang aman agar haid bisa lebih lancar.

Menstruasi yang telat memang bisa menjadi tanda-tanda kehamilan. Namun, bagaimana bagi orang-orang yang belum menikah atau belum pernah melakukan hubungan intim? Haid tidak lancar tentu bisa menjadi tanda kalau organ tubuh ada yang tidak bekerja dengan baik. Sebab, siklus haid akan datang di antara 21-35 hari dalam keadaan normal.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Sebelum minum obat melancarkan haid, Sobat Sehat tentu saja harus mengetahui apa saja penyebab yang membuat siklus menstruasi tidak teratur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak lancar, seperti stres berlebihan, gaya hidup tidak sehat, konsumsi obat, hingga kondisi medis tertentu.

Kondisi medis yang dimaksud dalam hal ini adalah keadaan menuju menopause, sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan tiroid, fibroid rahim, dan endometriosis. Namun, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Jadi, untuk menemukan penyebab yang tepat, Sobat Sehat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Rekomendasi Obat Melancarkan Haid yang Aman di Apotek

Hampir sebagian besar perempuan yang mengalami menstruasi tidak lancar biasanya disebabkan karena hormon dalam tubuh tidak seimbang. Oleh karena itu, obat pelancar haid dapat menjadi salah satu solusinya.

Sebab, beberapa jenis obat tersebut biasanya mengandung bahan-bahan alami yang dapat melancarkan haid. Bahkan, obat pelancar haid ini juga ampuh dalam meredakan nyeri perut ketika siklus menstruasi datang.

Namun, sebelum mengonsumsi obat pelancar haid, Sobat Sehat perlu memastikan diri kalau benar-benar tidak hamil, ya. Kalau memang tidak hamil tapi siklus menstruasi masih tidak lancar, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat melancarkan haid yang aman di apotek:

  • EM Kapsul

  • Kapsul Tuntas

  • Feminax Lancar Haid

  • Sangobion Femine

Nah, itu dia beberapa obat pelancar haid yang ada di Apotek K-24 dan aman untuk diminum. Apabila membutuhkan obat-obat di atas, Sobat Sehat bisa langsung mendatangi Apotek K-24 terdekat. Oh iya, Sobat Sehat juga bisa berkonsultasi dengan apoteker yang berjaga terlebih dahulu agar pemakaian obat cocok dengan keadaan yang dialami.

Selain mendatangi gerai Apotek K-24 secara langsung, pemesanan obat juga dapat dilakukan dengan cara online, lho. Ini bisa dilakukan melalui nomor WA masing-masing apotek atau dengan mengakses aplikasi K24Klik, apotek online milik Apotek K-24.

Cara Melancarkan Haid secara Mandiri

Dalam usaha melancarkan siklus menstruasi, Sobat Sehat bisa melakukan hal lainnya selain minum obat melancarkan haid. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang dapat Sobat Sehat lakukan di rumah agar haid jadi lancar:

  • Olahraga secara rutin selama 150 menit dalam seminggu.

  • Tidur dengan waktu yang cukup, paling tidak selama 7-9 jam setiap hari.

  • Kelola stres dengan melakukan hal yang disukai (hobi), teknik meditasi, atau berlibur.

  • Konsumsi makanan yang dalam membantu dalam melancarkan haid, seperti jahe, kunyit, kayu manis, pepaya, nanas, dan ikan.

  • Selalu jaga berat badan dalam angka ideal.

  • Cukupi asupan vitamin D dengan konsumsi makanan sehat atau minum multivitamin dan suplemen tambahan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai penyebab menstruasi tidak lancar, rekomendasi obat melancarkan haid, dan cara melancarkan haid. Kalau Sobat Sehat sudah melakukan cara-cara di atas tapi masih siklus menstruasi masih tidak lancar, segera hubungi dokter terdekat, ya. Yuk, jaga kesehatan reproduksi bersama Apotek K-24!