EFEK SAMPING DONOR DARAH DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN YANG HARUS DIKETAHUI

Proses donor darah merupakan suatu langkah yang sangat baik untuk diri sendiri maupun orang lain, apalagi di Hari Donor Darah Sedunia ini. Meski membawa manfaat untuk diri sendiri, Sobat Sehat tetap perlu berhati-hati karena ada beberapa efek samping donor darah yang perlu diantisipasi. Ini perlu dilakukan agar tubuh Sobat Sehat tetap dalam keadaan sehat setelah melakukan donor darah.

Sama seperti namanya, donor darah adalah sebuah tindakan menyumbangkan darah dengan sukarela. Sumbangan darah ini nantinya akan disimpan dalam kantong-kantong yang kemudian akan digunakan sebagai transfusi pasien yang membutuhkan. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah, sangat disarankan untuk mengikutinya agar orang lain bisa terbantu.

Efek Samping Donor Darah

Walaupun donor darah memungkinkan Sobat Sehat untuk diambil darahnya, tapi hal ini tidak membahayakan nyawa dan justru memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat ikut donor darah di Hari Donor Darah Sedunia 2024:

  • Membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

  • Menjaga kesehatan jantung dengan melancarkan aliran darah dalam tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri.

  • Meningkatkan produksi sel darah merah.

  • Memperpanjang usia dengan meningkatkan kesehatan mental.

Mengetahui kondisi kesehatan tubuh karena sebelum melakukan donor darah, Sobat Sehat perlu cek kesehatan terlebih dahulu.

Di samping berbagai manfaat donor darah di atas, Sobat Sehat tetap harus melakukan persiapan donor darah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebab, tanpa persiapan yang tepat, Sobat Sehat bisa mengalami efek samping donor darah berikut ini:

  • Terjadinya infeksi atau perdarahan pada bekas suntikan jarum saat mengambil darah.

  • Kepala terasa pusing hingga hilang keseimbangan.

  • Rasa mual dan muntah yang tak kunjung hilang meski sudah beristirahat sekalipun.

  • Mengalami sakit atau nyeri, mati rasa, atau kesemutan di lengan yang habis disuntik.

  • Badan terasa lemah, letih, dan lunglai karena asupan oksigen berkurang dalam tubuh.

Hal yang Perlu Dilakukan setelah Donor Darah

Meski demikian, efek samping donor darah hanya akan berlangsung beberapa menit saja. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu khawatir kalau efek samping ini akan berlanjut hingga berhari-hari. Namun, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, Sobat Sehat bisa melakukan tindakan-tindakan setelah donor darah seperti di bawah ini:

  • Mengambil waktu untuk beristirahat setelah donor, khususnya kalau Sobat Sehat merasakan rasa tidak nyaman.

  • Meningkatkan asupan cairan untuk menggantikan volume darah yang hilang. Sobat Sehat disarankan minum banyak air putih dan minuman elektrolit.

  • Konsumsi makanan yang kaya zat besi, contohnya daging merah, hati, ikan, bayam. Selain itu, penuhi asupan vitamin C, vitamin B12, protein, khususnya dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran yang berwarna-warni.

  • Jika diperlukan, minum suplemen penambah darah yang ada di Apotek K-24 terdekat. Suplemen yang dimaksud ini biasanya harus yang mengandung zat besi. Namun, untuk memastikannya, Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan apoteker yang bertugas di Apotek K-24 terlebih dahulu, ya.

Nah, itu dia beberapa efek samping donor darah dan beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Persiapan yang tepat sebelum donor darah dan tindakan setelahnya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 Oleh karena itu, untuk donor darah yang lebih sehat patuhi syarat dan kelayakan yang sudah ditentukan oleh pihak yang mengadakan aktivitas donor darah, ya. Yuk, cegah efek samping donor darah di Hari Donor Darah Sedunia 2024 ini bersama Apotek K-24!