CARI SURAT ISTIRAHAT DARI DOKTER? DOKTER SIAGA ONLINE BISA JADI SOLUSINYA!

Surat istirahat dari dokter sangat diperlukan pada situasi-situasi tertentu. Contohnya saja saat Sobat Sehat tiba-tiba mengalami sakit, seperti panas, badan lemas, flu, atau lain sebagainya. Keadaan tersebut tentu saja bisa membuat kegiatan pekerjaan terganggu. Oleh karena itu, agar bisa segera sembuh, Sobat Sehat biasanya disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu.

Ketika sudah memasuki dunia profesional atau kerja, Sobat Sehat biasanya tidak boleh sembarangan izin tidak berangkat karena sakit. Umumnya, Sobat Sehat membutuhkan dokumen legal dari dokter yang menyatakan bahwa Sobat Sehat disarankan untuk istirahat daripada bekerja. Jika demikian, kira-kira bagaimana mendapatkan surat dari dokter ini?

Cara Mendapatkan Surat Istirahat dari Dokter

Pada dasarnya, surat izin dari dokter adalah surat keterangan sakit yang secara resmi diberikan oleh dokter. Dokumen tersebut biasanya berisikan pernyataan bahwa pasien tidak dapat bekerja atau melakukan kegiatan lainnya pada waktu tertentu dengan alasan sedang sakit.

Nah, dalam dunia kerja, surat dari dokter ini menjadi bukti resmi kalau Sobat Sehat memang benar-benar sakit dan perlu abses kerja. Namun, hal ini tentu saja tergantung kebijakan masing-masing tempat kerja, ya. Sebab, ada juga kantor yang sifatnya lebih fleksibel sehingga tidak perlu surat keterangan dari dokter.

Namun, apabila Sobat Sehat memang benar-benar membutuhkan surat istirahat dari dokter, ini dia beberapa cara untuk mendapatkannya:

Periksa ke Dokter Terdekat

Cara yang pertama adalah dengan mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, contohnya rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Umumnya, untuk memeriksakan diri ini, Sobat Sehat hanya membutuhkan KTP dan BPJS saja kalau memilikinya.

Setelahnya, Sobat Sehat akan melakukan konsultasi dengan dokter, di mana akan ditanyakan seputar riwayat penyakit, keluhan, dan gejala yang sedang dialami. Selama berkonsultasi, Sobat Sehat perlu menjawabnya dengan jujur, ya, jangan sampai dilebih-lebihkan atau menguranginya.

Kalau sudah selesai berkonsultasi, maka dokter akan menuliskan surat keterangan, yang mana berisikan, nama, usia, alamat, tempat tinggal, diagnosis, lama waktu istirahat, dan tanda tangan dokter. Sebelum, pulang, periksa dulu surat izin yang diberikan, ya.

Pakai Dokter Siaga Online

Cara mendapatkan surat istirahat dari dokter yang selanjutnya bisa melalui pelayanan Dokter Siaga Online yang ada di aplikasi K24Klik dari Apotek K-24. Dengan pelayanan tersebut, Sobat Sehat bisa melakukan konsultasi bersama dokter secara online.

Langkah-langkahnya sangat mudah, Sobat Sehat tinggal mengunduh aplikasi K24Klik. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih layanan “Konsultasi Dokter”, nanti Sobat Sehat tinggal mengisi identitas dan mengikuti langkah-langkah sesuai arahan yang ada.

Cukup mudah bukan untuk mendapatkan surat rekomendasi istirahat dari dokter. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu panik atau repot-repot keluar kalau sedang sakit dan membutuhkan surat istirahat dari dokter, kan ada Dokter Siaga Online di K24Klik.