KUALITAS UDARA MENURUN, HATI-HATI INI BEBERAPA PENYAKIT PADA SISTEM PERNAPASAN!

Polusi udara sampai sekarang masih menjadi salah satu masalah serius di Indonesia karena menyebabkan peningkatan angka penyakit respirasi. Apalagi kalau Sobat Sehat tinggal di kota-kota besar, di mana polusi udara sangatlah terasa dan terlihat. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu waspada dengan penyakit pada sistem pernapasan yang diakibatkan oleh polusi udara.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, kasus penyakit pernapasan di Indonesia mencapai angka lebih dari 1,8 juta di tahun 2023. Bahkan, di DKI Jakarta sendiri  kasus ISPA bisa sampai 100 ribu setiap bulannya. Hal ini didukung oleh lebih dari 92% penduduk dunia yang pasti menghirup udara dengan kualitas buruk menurut WHO.

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Sampai saat ini permasalahan polusi udara jadi tantangan besar yang berdampak besar pada kesehatan manusia dan lingkungan. Banyak pihak pula yang mengatakan kalau polusi udara yang sering Sobat Sehat temui adalah penyebab kanker yang sebenarnya.

Sayangnya, kanker pada sistem pernapasan bukan hanya gangguan kesehatan yang sering terjadi. Menurut data Global Burden Diseases 2019 Diseases and Injuries Collaborators setidaknya ada 5 gangguan sistem pernapasan yang menjadi penyebab kematian tertinggi, yaitu PPOK, asma, tuberkulosis, kanker paru, dan pneumonia.

Nah, berikut penjelasan penyakit pada sistem pernapasan akibat polusi udara lebih lengkapnya:

ISPA

Infeksi di saluran pernapasan atas merupakan penyakit yang sering terjadi ketika ada polusi udara. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti batuk, pilek, dan juga demam. ISPA sendiri dapat menular dengan mudah dan bisa dialami oleh siapa saja. Berdasarkan data yang ada, hampir 4 juta orang meninggal akibat ISPA tiap tahunnya.

Asma

Gangguan sistem pernapasan akibat polusi udara yang lainnya adalah asma, sebuah penyakit jangka panjang atau kronis. Gejala asma yang biasanya terjadi berupa sesak napas, batuk, serta dada terasa sesak karena ada penyempitan dan peradangan pada saluran pernapasan. Hal ini membuat penderita asma biasanya memiliki sistem pernapasan yang lebih sensitif daripada orang lain.

Pneumonia

Penyakit pada sistem pernapasan akibat polusi udara selanjutnya adalah pneumonia. Paru-paru basah bisa terjadi pada siapa saja karena disebabkan oleh infeksi virus, jamur, atau bakteri, dan menghirup partikel yang ada di polusi udara. Pneumonia biasanya diawali dengan batuk, sulit bernapas, dan demam.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Polusi udara sangat menakutkan karena dapat menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru. Sebab, paparan polusi udara yang terjadi terus-menerus bisa mengganggu fungsi dan kinerja paru-paru. Selain itu, juga meningkatkan risiko terjadinya PPOK.

Gejala dari PPOK yang khas adalah batuk tanpa dahak atau berdahak dengan dahak berwarna bening, kehijauan, dan kekuningan. Sayangnya, gejala ini muncul secara berkepanjangan

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru jadi penyakit pada sistem pernapasan akibat polusi yang selanjutnya. Ini karena polusi udara biasanya mengandung karbon monoksida, di mana zat tersebut bersifat karsinogen yang biasanya memicu penyakit kanker. Penyakit kanker paru-paru sangat berisiko bagi orang-orang yang sering terkena zat industri atau yang sering berada di luar ruangan.

Melihat banyaknya gangguan sistem pernapasan akibat polusi udara, agaknya Sobat Sehat perlu berhati-hati kalau keluar ruangan, ya. Apalagi jika Sobat Sehat tinggal di tempat-tempat yang dekat dengan kawasan industri dan banyak kendaraan penyebab polusi udara.

Meski terbilang berbahaya dan sulit untuk dihindari karena ditemui setiap hari, tapi Sobat Sehat bisa mencegah penyakit pada sistem pernapasan di atas, lho. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:

  • Hindari aktivitas di wilayah yang memiliki kualitas udara buruk.

  • Terapkan pola makan sehat dan bergizi.

  • Biasakan untuk cuci tangan dan berhenti merokok.

  • Jangan menyalakan api di dalam ruangan.

  • Taruh tanaman atau alat air purifier untuk menjaga kualita di dalam ruangan.

  • Kalau ingin keluar, gunakan masker yang bisa mengurangi polusi ke saluran pernapasan. Oh iya, masker yang bekerja dengan baik ini bisa didapatkan di Apotek K-24 terdekat, lho. Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk yang sudah sesuai standar BPOM dan Kemenkes RI.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa saja penyakit pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara yang perlu diwaspadai dan cara sederhana dalam mencegah penyakit. Yuk, selalu jaga kesehatan sehari-hari bersama Apotek K-24!