5 EFEK BEGADANG BAGI WANITA AKIBAT NONTON PIALA EURO ATAU PIALA AFF 2024

Akhir-akhir ini sedang banyak-banyaknya pertandingan bola yang sayang kalau ditinggalkan, mulai dari Piala AFF 2024 hingga Piala Euro 2024. Bagi penggemar bola, berbagai pertandingan ini mungkin jadi sebuah tontonan yang wajib ditonton. Sayangnya, kebanyakan pertandingan ini berjalan saat dini hari. Wah, padahal banyak sekali efek begadang bagi wanita yang perlu diwaspadai kalau ingin nonton bola.

Menikmati hal yang disenangi mungkin jadi sebuah cara untuk melepaskan rasa stres. Namun, berbeda keadaan kalau hal yang disenangi ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Contohnya saja menikmati pertandingan sepak bola secara langsung di televisi saat dini hari. Padahal, keesokan harinya masih harus menjalankan aktivitas sekolah atau bekerja.

Efek Begadang bagi Wanita Akibat Nonton Piala Euro 2024

Begadang adalah aktivitas yang dilakukan saat malam hari untuk melakukan kegiatan lainnya, seperti nonton film, bekerja, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Hal ini membuat waktu tidur jadi berkurang, yang biasanya bisa 7-9 jam menjadi kurang dari 5 jam.

Apabila hanya dilakukan 1 kali dalam seminggu, begadang mungkin tidak berdampak secara signifikan. Namun, berkebalikan kala begadang kerap dilakukan, contohnya demi menonton Piala Euro 2024 atau Piala AFF 2024. Sebab, ada beberapa efek begadang bagi wanita, contohnya:

Sulit Berkonsentrasi

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan tubuh kekurangan istirahat sehingga akan terasa lebih lelah. Keadaan ini bisa mengganggu perhatian dan konsentrasi Sobat Sehat di pagi hari, lho. Selain itu, Sobat Sehat juga menjadi kesulitan dalam mengambil keputusan. Tidak hanya itu saja, daya ingat seseorang yang sering begadang juga akan berkurang secara signifikan.

Memicu Obesitas

Sobat Sehat yang sering begadang harus hati-hati karena bisa saja mengalami obesitas atau kenaikan berat badan drastis. Kok bisa? Saat kekurangan waktu istirahat, maka tubuh tidak akan cukup waktu untuk memproduksi hormon pengatur rasa kenyang dan lapar. Akibatnya, tubuh akan selalu merasa lapar sehingga Sobat Sehat tidak tahan untuk selalu mengonsumsi makanan.

Memicu Masalah Kulit

Efek begadang bagi wanita akibat nonton Piala Euro 2024 atau Piala AFF 2024 yang selanjutnya adalah memunculkan masalah kulit. Tubuh yang stres karena kekurangan waktu istirahat akan memproduksi hormon kortisol. Hormon yang satu ini dapat merusak struktur kolagen pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit mengalami banyak masalah, seperti kulit kusam, jerawat, cepat terlihat tua, dan lain-lain.

Mengurangi Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh ternyata juga akan ikut menurun ketika Sobat Sehat tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup. Sebab, antibodi yang berperan dalam melawan serangan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit biasanya akan diproduksi selama Sobat Sehat tidur. Akibatnya adalah Sobat Sehat jadi mudah terkena penyakit infeksi.

Berisiko Penyakit Diabetes

Masalah serius seperti diabetes juga menjadi salah satu efek begadang bagi wanita yang perlu diwaspadai. Ini bisa terjadi saat Sobat Sehat sering begadang dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saja Sobat Sehat menonton Piala Euro 2024 selama 3-4 hari berturut-turut saat dini hari, maka metabolisme tubuh pun akan terganggu.

Salah satunya adalah sekresi hormon insulin yang sangat penting bagi tubuh. Sebab, hormon insulin ini berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Jika sekresi hormon insulin ini terganggu, maka gula dara pun akan menumpuk dan memicu penyakit diabetes.

Nah, kalau Sobat Sehat tidak ingin mengalami efek begadang bagi wanita akibat nonton Piala Euro 2024 atau Piala AFF 2024 berhari-hari, maka sebaiknya atur jadwal tidur yang baik, ya. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari, bisa dengan konsumsi makanan sehat atau minum suplemen dan multivitamin tambahan yang ada di Apotek K-24 agar sistem imun tetap terjaga.

Kalaupun sudah terlanjur begadang berhari-hari, cepat-cepat cek kesehatan, khususnya cek gula darah di Apotek K-24 terdekat, ya, untuk mencegah lonjakan gula darah. Demikian ulasan tentang efek begadang bagi wanita, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan tiap hari bersama Apotek K-24!