BINTIK MERAH GATAL MENYEBAR, APA SIH PENYEBABNYA?

Walau tidak begitu berbahaya tapi bintik merah gatal menyebar bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, apalagi kalau berada di bagian kaki atau tangan. Selain muncul rasa tidak nyaman, bintik-bintik merah yang berkumpul di kulit juga bisa mengganggu penampilan. Nah, kalau begitu sebenarnya apa penyebab bintik-bintik merah yang mengganggu kulit ini?

Bintik-bintik merah yang menyebar dan terasa gatal merupakan sebuah kondisi ketika munculnya ruam-ruam merah pada permukaan kulit. Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, misalnya saja tangan, wajah, kaki, dan lain sebagainya. Jadi, gatal-gatal yang disertai dengan banyak bintik merah ini bukan masalah yang sepele, ya.

Penyebab Bintik Merah Gatal Menyebar

Bintik-bintik merah ini bisa memiliki jenis yang berbeda-beda, lho, tergantung dengan penyebabnya. Ada penderita yang mengalami bintik merah disertai rasa gatal dan luka lepuh. Namun, ada juga yang tidak merasakan rasa gatal tapi justru panas.

Oleh karenanya, Sobat Sehat perlu mengetahui jenis-jenis bintik merah yang ada agar tidak salah ketika ingin menanganinya dengan mandiri. Berikut beberapa penyebab bintik merah gatal-gatal yang perlu diwaspadai menurut Ensiklopedi Macam-macam Penyakit:

Iritasi Kulit

Kulit akan mudah mengalami iritasi kalau Sobat Sehat sering memakai produk perawatan kulit atau parfum. Ini karena berbagai produk tersebut biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan bintik merah gatal menyebar.

Dalam dunia medis, iritasi kulit akibat produk-produk luar ini biasanya dinamakan dengan dermatitis kontak iritan. Selain menimbulkan bintik merah, iritasi biasanya juga menyebabkan gejala lainnya, seperti gatal-gatal, kulit kering, bersisik, perih, dan rasa nyeri.

Alergi

Kulit gatal-gatal dan munculnya bintik-bintik merah juga bisa disebabkan karena alergi pada bahan tertentu. Pada dasarnya, alergi adalah reaksi dari sistem imun yang berlebihan terhadap zat-zat tertentu dalam makanan, bulu hewan, bahan pakaian, udara dingin, dan lain sebagainya.

Reaksi alergi ini sebenarnya bisa berbeda-beda setiap penderitanya, tapi Sobat Sehat biasanya akan merasakan ruam-ruam merah yang lama-kelamaan berubah menjadi bintik merah gatal menyebar. Selain itu, alergi bisa bereaksi lebih parah, lho, contohnya saja kulit melepuh, sesak napas, kulit mengelupas, dan lain-lain.

Gigitan Serangga

Kulit gatal yang disertai dengan bintik merah dapat juga disebabkan oleh gigitan serangga, seperti nyamuk atau kutu kasur. Pada beberapa orang mungkin gigitan nyamuk tidak menimbulkan reaksi. Namun, pada sebagian orang gigitan nyamuk bisa menyebabkan bentol kemerahan yang terasa gatal.

Apabila gigitan nyamuk hanya akan menghasilkan satu bentol saja, berbeda dengan kutu kasur. Gigitan kutu kasur akan menghasilkan bintik merah yang berkelompok dengan pola lurus atau zigzag.

Herpes Zoster

Penyebab bintik merah gatal menyebar yang selanjutnya adalah herpes zoster atau yang biasa dikenal dengan cacar api/cacar ular. Penyakit ini umumnya diakibatkan karena infeksi virus. Selain rasa gatal-gatal, herpes zoster juga bisa menimbulkan gejala lainnya, seperti rasa nyeri, kesemutan, dan bintil merah berisi cairan.

Pada awalnya, bintik merah pada penyakit ini hanya ada di bagian satu sisi tubuh saja. Namun, seiring berjalannya waktu, ruam merah akan berkembang menjadi luka lepuh yang mudah pecah dan meninggalkan luka kerak di permukaan kulit.

Nah, itu dia beberapa penyebab dari gatal-gatal kulit yang disertai dengan bintik merah yang menyebar di kulit. Rasa gatal-gatal pada masalah ini tentu bisa sangat mengganggu, maka Sobat Sehat bisa menggunakan beberapa produk di Apotek K-24 terdekat untuk mengurangi gejala dan menjaga kelembapan kulit, seperti:

  • Carmed Lotion

  • Physiogel Lotion

  • Noroid Lotion

  • Caladine Gel/Caladine Cream

Nah, apabila gangguan bintik merah gatal menyebar ini berasal dari alergi, maka salah satu solusinya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh agar alergi bisa cepat sembuh. Hal ini bisa didukung dengan minum vitamin yang ada di Apotek K-24 secara rutin, contohnya: Pharmaton F, Becom C, Enervon C, dan multivitamin lainnya yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Demikian ulasan singkat mengenai bintik merah gatal menyebar yang perlu diwaspadai, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!