CONTOH MAKANAN YANG MENGANDUNG OMEGA 3 UNTUK PENUHI KEBUTUHAN TIAP HARI

Ketika memperhatikan perkembangan anak, biasanya Sobat Sehat sebagai orang tua akan disarankan untuk memenuhi kebutuhan lemak omega 3 oleh banyak pihak. Sebab, omega 3 ini berfungsi untuk menunjang sistem kognitif, seperti kemampuan belajar. Sayangnya, belum banyak orang tua yang tahu apa saja sumber makanan yang mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan anak.

Umumnya, tubuh manusia mampu untuk memproduksi lemak dengan sendirinya. Namun, berbeda dengan lemak omega 3, jenis asam lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Oleh karenanya, untuk mendapatkan asupannya, Sobat Sehat perlu mengonsumsi makanan sehat yang memiliki omega 3 di dalamnya.

Makanan yang Mengandung Omega 3

Pada dasarnya, omega 3 adalah jenis asam lemak yang berperan dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, memperlancar aliran darah, meningkatkan daya ingat, hingga memelihara kesehatan mata. Menurut Kementerian Kesehatan RI, setiap kelompok orang memiliki kebutuhan omega 3 masing-masing, seperti:

  • Anak usia 0-9 tahun: 500-900 mg

  • Orang berusia di atas 10 tahun ke atas: 1000-1600 mg

  • Ibu menyusui dan ibu hamil: 1300-1400 mg

Walau jarang terjadi, tapi kekurangan omega 3 bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti kulit kering, nyeri sendi, depresi, dan rambut rontok. Oleh karena itu, untuk mencegahnya Sobat Sehat perlu mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti berikut ini:

Seafood

Makanan laut merupakan sumber omega 3 yang baik untuk dikonsumsi. Hampir semua jenis seafood pasti mengandung omega 3. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu khawatir dengan berbagai jenis ikan yang ada di setiap negara. Contoh seafood yang dimaksud adalah ikan makarel, kerang, salmon, ikan sarden, tiram, ikan kembung, tongkol, tuna, dan makanan laut lainnya.

Belut

Selain makanan laut, hewan yang hidup di air tawar seperti belut juga memiliki kandungan omega 3, lho. Walau banyak orang yang kurang suka dengan belut, tapi hewan ini mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sobat Sehat bisa mengolah belut menjadi jenis makanan yang lebih disukai, contohnya pepes, panggang, atau dibumbui balado.

Biji Chia

Makanan yang mengandung omega 3 selanjutnya adalah biji chia. Biji-bijian seperti biji chia atau yang sering disebut dengan chia seeds merupakan makanan kecil yang kaya akan omega 3. Selain itu, chia seeds juga mengandung mineral yang penting untuk tubuh, seperti magnesium, selenium, dan berbagai zat gizi lainnya.

Alpukat

Meski tidak memiliki rasa manis seperti buah lainnya, alpukat justru menjadi buah yang kaya akan omega 3. Karena rasanya yang cukup unik, buah alpukat bisa diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya saja es buah, jus, smoothies, hingga sushi, salad, atau sandwich.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai memang memiliki bentuk yang kecil tapi malah menjadi makanan yang mengandung omega 3. Bahkan, kacang kedelai ini digadang-gadang sebagai sumber omega 3 yang cukup tinggi. Sebab, setiap 100 gram kedelai ternyata setara dengan 13.000 mg omega 3. Kacang kedelai sendiri bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti tempe, tahu, susu kedelai, atau dimakan begitu saja.

Nah, itu dia berbagai makanan yang mengandung omega 3 yang dapat dijadikan menu makan setiap hari. Apabila Sobat Sehat tiba-tiba bosan dengan makanan-makanan tersebut, maka Sobat Sehat bisa memenuhi kebutuhan omega 3 melalui suplemen tambahan, lho.

Suplemen ini umumnya bisa ditemui di Apotek K-24 terdekat yang selalu menyediakan produk-produk kesehatan sesuai dengan BPOM dan Kemenkes RI. Berikut beberapa rekomendasi suplemen yang mengandung omega 3:

  • Sea Quill Omega Z3 Tablet

  • Nature Health Omega 3-6-9

  • Blackmores Omega Daily Kapsul Lunak

  • Nature Health Omega Junior

  • Konilife Omega 3 Kapsul Lunak

  • YOUVIT Omega 3 Gummy

  • Maxx Omega 3

  • Wellness Kids Omega-3

Masih banyak suplemen omega 3 lainnya di Apotek K-24 terdekat. Jika Sobat Sehat kebingungan dalam memilihnya, maka bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu untuk memastikan kebutuhannya. Demikian ulasan tentang makanan yang mengandung omega 3, semoga bermanfaat. Yuk, penuhi asupan nutrisi setiap hari bersama Apotek K-24!