5 CARA MENGHILANGKAN GATAL PADA KULIT YANG TAK KUNJUNG SEMBUH

Gatal-gatal kulit memang tidak membahayakan nyawa tapi bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari kalau tidak sembuh-sembuh. Tidak hanya karena rasa gatal atau panasnya tapi juga gatal-gatal biasanya disertai dengan ruam-ruam merah. Oleh karena itu, cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh ini perlu diketahui agar masalah cepat selesai.

Pada umumnya, gatal-gatal bukan masalah serius yang perlu penanganan dari dokter. Sebab, gatal-gatal pada kulit bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun, kalau tidak ditangani dengan tepat, masalah gatal ini bisa menyebar di bagian kulit lainnya, lho. Jadi, meski tidak berbahaya, Sobat Sehat jangan sampai menyepelekan permasalah kulit yang satu ini.

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Gatal pada kulit walau hanya kecil bisa mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan karena perhatian dapat teralihkan. Sebab, kalau rasa gatal sudah datang, Sobat Sehat pasti ingin garuk sana sini yang seringkali akan menimbulkan bekas luka di kulit.

Padahal kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan kulit dan bisa merusak penampilan Sobat Sehat. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh:

Cari Tahu Penyebab Utamanya

Gatal-gatal tidak datang dengan sendiri tapi ada berbagai penyebab di baliknya. Menurut laman healthdirect, gatal pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kulit kering, gigitan serangga, hives, kolestasis obstetri, eksim, dan psoriasis.

Nah, Sobat Sehat perlu mencari tahu dengan pasti penyebab utama dari gatal-gatal ini agar bisa melakukan cara penanganan yang tepat. Sebab, bisa saja gatal-gatal ini menjadi tanda penyakit berbahaya sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter.

Mandi dengan Air Dingin

Apabila Sobat Sehat sudah tidak tahan dengan rasa gatalnya, Sobat Sehat bisa mandi dengan air dingin terlebih dahulu. Cara ini cukup dianjurkan kalau letak gatal-gatal ini di bagian tubuh yang sulit digapai dengan tangan. Namun, sebelum mandi pastikan air untuk mandi tidak terlalu dingin, ya.

Kompres Dingin

Selain mandi, Sobat Sehat juga bisa mengompres gatal-gatal kulit menggunakan kompres air dingin. Hal ini bisa dilakukan kalau gatal-gatal hanya dalam jumlah kecil. cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh ini sangat mudah, lho. Sobat Sehat tingga merendam waslap dalam air dingin dan diperas. Setelahnya, letakkan waslap di area kulit yang terasa gatal dan panas.

Hindari Menggaruk Gatal Kulit

Kalau sudah merasakan gatal-gatal, Sobat Sehat sebaiknya hindari kebiasaan menggaruk-garuknya. Kegiatan menggaruk ini memang bisa mengurangi rasa gatal. Namun, kalau Sobat Sehat menggaruk terus-menerus bisa saja menyebabkan kulit robek dan jadi cikal bakal infeksi kulit. Akibatnya, kulit gatal tidak akan sembuh dan malah semakin parah.

Gunakan Salep untuk Kulit Gatal

Cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap kulit atau krim dan salep gatal. Pelembap kulit atau aloe vera bisa membantu kulit terhidrasi kalau masalah utamanya adalah kulit kering.

Sedangkan krim atau salep gatal dapat membantu kulit melawan gatal-gatal kalau penyebabnya adalah infeksi bakteri, jamur, atau virus. Salep atau krim gatal yang ada di Apotek K-24 biasanya memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat peradangan sehingga kulit menjadi lebih tenang.

Berikut beberapa pelembap dan salep gatal yang ada di Apotek K-24 sebagai salah satu cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh:

  • Carmed Lotion

  • Physiogel Lotion

  • Noroid Lotion

  • Caladine Gel/Caladine Cream

  • Salep Sriti Antiseptic

  • Nosib Salep

  • Genoint Salep Kulit

  • Caladine Lotion

  • Salep Kulit 88

  • Caladine Gel

  • Gel Pengurang Gatal Konicare

  • Caladine Cream

  • Daktarin Cream

  • Canesten Pro Cream

 Nah, misalkan penyebab utama dari gatal-gatal karena alergi, maka Sobat Sehat bisa minum multivitamin yang ada di Apotek K-24 untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Demikian ulasan tentang cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang perlu diketahui, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan kulit bersama Apotek K-24!