SAKIT PERUT SEBELAH KIRI BAWAH? INI DIA BEBERAPA PENYEBABNYA!

Sakit perut bisa menandakan berbagai gangguan kesehatan karena ada banyak organ-organ kecil di dalamnya. Oleh karena itu, ketika mengalami sakit perut, Sobat Sehat perlu mengidentifikasi letaknya agar bisa mengetahui penyebab utamanya. Jika demikian, apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri bawah yang bisa menjadi kemungkinan.

Mengalami sakit perut memang sangat umum terjadi bagi sebagian besar orang di dunia. Bahkan, mungkin hampir semua orang di dunia pasti pernah mengalaminya, entah karena sakit yang ringan atau yang serius. Meski terkadang tidak berbahaya tapi sakit perut dapat memberikan rasa ketidaknyamanan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Sakit perut yang ada di sebelah kiri ini cukup banyak kemungkinannya, karena banyak organ-organ penting, seperti lambung, liver, usus besar, hati, dan lain-lain. Jadi, tak heran kalau mengalami sakit perut, terkadang Sobat Sehat kebingungan memahami penyebab pastinya.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit perut di sebelah kiri:

Radang Usus Besar

Pada perut di bagian kiri pasti akan ada usus besar sehingga salah satu kemungkinan kalau muncul rasa nyeri adalah peradangan usus besar. Selain rasa nyeri, gejala radang usus besar lainnya ini bisa berupa diare, kelelahan, tekstur tinja jadi lebih lembek dan berlendir. Jadi, hati-hati kalau Sobat Sehat mengalami beberapa gejala ini, ya.

Gastritis

Sakit perut sebelah kiri bawah juga bisa disebabkan karena penyakit gastritis, sebuah kondisi di mana ada iritasi pada lapisan lambung. Seperti yang Sobat Sehat tahu, lambung berada di perut bagian kiri. Oh iya, penyebab utama dari gastritis ini adalah infeksi bakteri H. pylori, yang mana menimbulkan gejala mulai, muntah, nyeri perut, hingga perut terasa penuh.

Kebanyakan Gas dalam Perut

Selain penyakit-penyakit tertentu, sakit perut bagian kiri juga dapat disebabkan karena masalah ringan, contohnya kebanyakan gas dalam perut. Terlalu banyak gas atau udara ini sebenarnya hal yang biasa terjadi karena nantinya akan keluar dalam bentuk kentut atau sendawa. Ada beberapa faktor pendorongnya, yaitu menelan udara, mengunyah, makan makanan yang sulit dicerna, dan lain-lain.

Sembelit

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah yang selanjutnya adalah sembelit menurut majalah Women’s Health Magazine. Sembelit sendiri membuat perut terasa penuh karena Sobat Sehat kesulitan dalam mengeluarkan tinja dari perut. Feses yang tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan rasa sakit perut.

Hernia

Sakit hernia bisa menjadi penyebab dari munculnya rasa nyeri perut di bagian kiri. Kondisi ini terjadi ketika ada kelemahan otot, organ, atau jaringan yang menonjol dan mendorong dari lubang otot perut. Penderitanya bisa merasakannya dengan adanya benjolan dan menyebabkan rasa nyeri ketika membungkuk, tertawa, atau batuk.

Sakit Maag dan Asam Lambung Naik

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah yang paling umum terjadi adalah sakit maag dan asam lambung naik. Sakit maag dan asam lambung naik ini pasti menimbulkan rasa nyeri perut di sebelah kiri karena terjadi dalam organ lambung.

Sakit maag dan asam lambung naik ini dapat dikarenakan berbagai hal, mulai dari berat badan berlebih, makan terlalu cepat, konsumsi makanan berlemak tinggi atau pedas, hingga stres. Gangguan kesehatan yang satu ini juga sering terjadi tapi jarang diketahui secara langsung.

Nah, kalau sudah mengalami salah satu hal yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri di atas sebenarnya bisa ditangani dengan obat asam lambung atau obat sembelit di Apotek K-24 terdekat. Sebab, masalah tersebut masih tergolong ringan.

Sebaliknya, jika sakit perut sebelah kiri bawah sudah dalam keadaan serius, maka Sobat Sehat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau periksakan diri ke rumah sakit. Yuk, selalu kesehatan bersama Apotek K-24!