4 CARA MENGATASI PERUT SAKIT SETELAH MAKAN YANG AMPUH MENGURANGI GEJALA

Mengalami sakit perut memang bisa terjadi kapan saja, setelah bangung tidur, saat tengah malam, bahkan setelah makan sekalipun. Nah, sakit perut setelah makan ini sebenarnya hal yang biasa, apalagi jika Sobat Sehat punya kebiasaan yang tidak baik saat mengonsumsi makanan. Jika demikian, bagaimana sih cara mengatasi perut sakit setelah makan yang baik?

Pada dasarnya, perut memiliki tugas utama dalam mencerna makanan karena seluruh sistem pencernaan ada di dalamnya. Oleh karena itu, tak heran kalau perut seringkali mengalami sakit karena sangat sering dimasuki benda asing, seperti makanan atau minuman. Nah, kalau makanan dan minuman tidak cocok dengan keadaan, maka tubuh juga akan memberikan respon.

Cara Mengatasi Perut Sakit setelah Makan

Banyak sekali penyebab mengapa sakit perut bisa terjadi, mulai dari perut kembung, sembelit, mual, adanya refluks asam, sakit maag, dan lain sebagainya. Namun, kondisi yang sering terjadi ketika setelah makan adalah asam lambung naik atau sakit maag.

Sebab, ketika makan, lambung merupakan organ pencernaan yang menjadi tempat penyimpanan makanan sementara. Seperti yang Sobat Sehat tahu, kalau asam lambung naik dan maag merupakan masalah yang terjadi pada organ lambung. Oleh karena itu, berikut beberapa cara mengatasi perut sakit setelah makan:

Melonggarkan Celana atau Pakaian di Bagian Perut

Konsumsi makanan biasanya akan membuat perut membesar sejenak karena lambung yang terisi penuh. Nah, kalau semisal Sobat Sehat tengah mengenakan pakaian yang cukup ketat, maka sebaiknya longgarkan pakaian, ya.

Tujuannya adalah agar tekanan pada perut bisa berkurang sehingga perut memiliki ruang gerak yang cukup luas. Alhasil, gangguan asam lambung naik atau perut kembung yang mungkin terjadi bisa berkurang sedikit demi sedikit.

Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Setelah makan, Sobat Sehat disarankan untuk menghindari posisi berbaring di tempat tidur. Posisi ini ditambah dengan perut yang penuh dapat mendorong asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Maka dari itu, kalau sudah merasakan sakit perut, segera ganti posisi tubuh untuk lebih tegak dan meninggikan kepala daripada tubuh.

Minum Minuman Tertentu

Cara mengatasi perut sakit setelah makan yang selanjutnya adalah dengan minum minuman tertentu, contohnya air jahe, teh chamomile, atau air putih hangat. Beberapa jenis minuman ini terbukti dapat menenangkan perut ketika sedang bermasalah dan mengurangi gas yang ada di dalamnya.

Berbaring dengan Posisi Menghadap Kiri

Jikalau Sobat Sehat harus benar-benar berbaring setelah mengonsumsi makanan, maka dianjurkan dengan posisi menghadap ke kiri. Tidur dengan posisi ini diduga dapat mengurangi keluhan sakit perut. Namun, kalau Sobat Sehat masih merasakan sakit perut, sebaiknya cepat-cepat meninggikan posisi kepala, ya.

Minum Obat Sakit Perut

Cara mengatasi perut sakit setelah makan yang paling ampuh adalah bisa dengan minum obat asam lambung atau obat maag. Kedua masalah seperti asam lambung naik dan maag ini memang memiliki jenis obat yang hampir sama.

Sebab, obat asam lambung atau obat maag sama-sama memiliki senyawa yang efektif untuk menenangkan perut yang bermasalah. Selain itu, banyak sekali jenis obat sakit perut di Apotek K-24 yang aman untuk dikonsumsi, misalnya:

  • Promag Tablet/Cair

  • Mylanta Tablet/Cair

  • Polysilane Cair

  • Farmacrol Forte

  • Antasida Doen

  • Gastrucid

  • Polycrol

  • Stromag

  • Omeprazole

  • Lansoprazole

  • Lambucid

  • Gastrinal

Itu dia beberapa obat asam lambung atau obat maag di Apotek K-24 yang cocok sebagai cara mengatasi perut sakit setelah makan. Beberapa obat ini bisa dibeli langsung di gerai Apotek K-24 terdekat atau melalui aplikasi K24Klik, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan perut bersama Apotek K-24!