KONDOM YANG BAGUS? INI REKOMENDASI DAN TIPS MEMILIHNYA!

Memilih kondom yang bagus dan aman memang bukan perkara yang disepelekan karena bisa mempengaruhi kesehatan. Sebab, penggunaan kondom yang baik memang bisa mencegah penularan penyakit infeksi menular seksual. Berbeda keadaan kalau kondom yang digunakan justru dalam kualitas yang buruk, tentu saja kondom tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Pada dasarnya, kondom merupakan alat kontrasepsi yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya karena mudah diakses oleh banyak orang, pemakaian kondom juga terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan tenaga medis. Sayangnya, apakah Sobat Sehat sudah tahu bagaimana sih cara memilih kondom yang baik dan aman untuk digunakan.

Tips Memilih Kondom yang Bagus

Ada anggapan yang mengatakan kalau menggunakan kondom bisa mengurangi kenikmatan saat bercinta dengan pasangan. Padahal, hal ini hanya mitos saja karena kondom tidak akan mengurangi rasa nikmat asal Sobat Sehat bisa memilihnya dengan tepat. Nah, berikut beberapa tips saat memilih kondom:

Pilih Bahan yang Sesuai

Pada dasarnya, kondom adalah alat kontrasepsi yang berbahan dasar karet atau lateks. Bahan ini bersifat elastis sehingga kondom bisa melekat pas pada penis. Selain itu, kondom dengan bahan lateks juga tidak mudah bocor dan biasanya lebih tipis, jadi cocok kalau digunakan. Sayangnya, Sobat Sehat harus berhati-hati, ya, kalau semisal memiliki alergi terhadap karet ini.

Cari Kondom dengan Pelumas

Tips mencari kondom yang bagus selanjutnya adalah dengan mencari kondom yang mungkin sudah dilengkapi dengan cairan pelumas. Umumnya, penis dan vagina akan sama-sama mengeluarkan cairan pelumas alami agar hubungan intim tidak menyakitkan.

Nah, kalau menggunakan kondom, maka cairan pelumas laki-laki akan tertutup. Oleh karena itu, Sobat Sehat harus mengandalkan cairan pelumas dari luar, yaitu dari kondom atau pelumas tambahan. Pasalnya, masing-masing kondom bisa memiliki kadar pelumas yang berbeda-beda.

Perhatikan Keamanan dan Ketahanan Kondom

Kadang kala ada kondom yang tidak tahan dengan gesekan sehingga saat dilepaskan akan ada cairan menetes. Hal ini pertanda kalau kondom tidak memiliki ketahanan yang baik. Oleh karena itu, tips memilih kondom yang bagus adalah yang bisa melindungi Sobat Sehat saat berhubungan intim.

Sebab, kondom yang bocor bisa berisiko meningkatkan persebaran penyakit menular seksual hingga HIV/AIDS. Maka dari itu, kondom yang aman adalah kondom yang bisa tahan saat menghadapi gesekan ketika berhubungan seksual.

Rasa dan Aroma Bukan Jadi Prioritas

Kini jenis kondom bisa bermacam-macam, mulai ada yang bergerigi, beraroma, hingga memiliki rasa. Berbagai jenis varian ini tentu bertujuan untuk memberikan sensasi tambahan atau kenikmatan ketika berhubungan seksual.

Sayangnya, berbagai varian aroma dan rasa dari kondo mini sebenarnya bukan jadi prioritas untuk memilih kondom, ya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan lebih baik jika mengutamakan ketahanan dan keamanan kondom yang tidak mudah bocor.

Nah, melalui penjelasan di atas, sudah jelas bukan bagaimana ciri-ciri kondom yang baik untuk digunakan. Untuk mempermudahnya, ada beberapa rekomendasi kondom yang bagus di Apotek K-24, lho, contohnya:

  • Sutra Kondom

  • Andalan Kondom

  • Durex Kondom

  • Fiesta Kondom

  • Sagami Kondom

Itu hanya beberapa merek kondom yang aman di Apotek K-24 saja, ya, belum berbagai jenisnya yang ingin digunakan. Kalau ingin melihat apa saja kondom yang ada di Apotek K-24 lebih lengkapnya, Sobat Sehat bisa langsung mendatangi gerai Apotek K-24 terdekat atau mengaksesnya melalui aplikasi K24Klik.

Ingat ya, kondom yang bagus ini berfungsi untuk mencegah penyebaran penyakit menular yang berbahaya, jadi jangan sampai disepelekan. Yuk, selalu jaga kehidupan seksual bersama Apotek K-24!