5 PERAWATAN RAMBUT RONTOK YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI

Rambut rontok bisa jadi hal yang sangat ditakuti oleh kebanyakan perempuan di dunia. Selain bisa membuat rambut menjadi tipis, ini juga dapat menandakan kalau ada gangguan kesehatan di dalam tubuh. Padahal, rambut ini sangat penting untuk sebagian perempuan karena menjadi perhatian utama pada penampilan sehari-hari. Oleh karena itu, perawatan rambut rontok ini sangat diperlukan.

Pada dasarnya, rambut rontok sangat umum terjadi karena normalnya akan ada 50-100 helai rambut yang rontok setiap harinya. Jadi, kalau jumlah rambut yang rontok dalam satu hari masih dalam angka yang wajar, Sobat Sehat tidak perlu panik. Berbeda keadaan, jika jumlah rambut rontok lebih banyak dan berlangsung terus-menerus.

Perawatan Rambut Rontok agar Lebih Sehat

Keadaan tersebut menandakan kalau Sobat Sehat sedang mengalami rambut rontok yang cukup parah. Penanganan masalah yang satu ini pun cukup beragam karena bisa dilakukan dengan cara mandiri atau perawatan medis.

Sebelum melakukan perawatan serius, tidak salah kalau Sobat Sehat mencoba untuk menanganinya sendiri. Berikut beberapa contoh perawatan yang bisa dilakukan:

Terapkan Pola Hidup Sehat

Rambut rontok bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti kekurangan asupan nutrisi sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Sobat Sehat bisa mulai menerapkan hidup sehat, mulai dari makan makanan sehat, olahraga secara rutin, hingga istirahat dengan cukup agar tidak stres.

Gunakan Minyak Rambut

Perawatan rambut rontok yang selanjutnya adalah bisa dengan menggunakan minyak rambut. Tidak ada salahnya Sobat Sehat mencoba untuk memijat-mijat kepala dengan gerakan memutar menggunakan minyak kelapa. Ini karena minyak kelapa bisa merangsang pertumbuhan rambut baru.

Setelah menggunakan minyak kelapa, Sobat Sehat jangan lupa untuk membilasnya dan keramas hingga bersih, ya.

Pakai Masker Rambut

Selain minyak rambut, Sobat Sehat juga bisa memanfaatkan masker rambut sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Masker rambut ini bermacam-macam, Sobat Sehat dapat menggunakan produk-produk yang sudah ada atau masker alami, campuran dari kuning telur dengan lidah buaya.

Ini terbilang efektif karena kuning telur mengandung biotin, asam amino, dan folat. Sedangkan, lidah buaya memiliki nutrisi vitamin C, vitamin E, vitamin B12, folat, dan kolin yang bisa memperkuat dan mendukung pertumbuhan rambut.

Jangan Terlalu Keseringan Keramas

Dalam perawatan rambut rontok, Sobat Sehat juga disarankan untuk jangan terlalu sering keramas. Sebab, keramas menggunakan sampo yang terlalu sering (setiap hari) ternyata dapat menyebabkan rambut rusak, kering, tipis, dan mudah patah.

Frekuensi keramas yang disarankan ini paling tidak 1-3 kali saja dalam satu minggu. Selain itu, saat mengeringkan rambut, jangan dengan menggosok-gosok rambut, ya. Sobat Sehat tinggal menepuk-nepukkan handung ke rambut secara lembut.

Minum Vitamin untuk Rambut Rontok

Perawatan rambut rontok yang selanjutnya adalah bisa dengan memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada beberapa jenis mineral dan vitamin untuk rambut rontok yang perlu dipenuhi, mulai dari vitamin B7 (biotin), vitamin D, vitamin E, zat besi, dan zinc.

Vitamin dan mineral ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur atau buah-buahan segar. Tidak hanya itu saja, Sobat Sehat juga bisa memanfaatkan suplemen atau vitamin tambahan yang ada di Apotek K-24 terdekat. Berikut vitamin untuk rambut rontok di Apotek K-24 untuk perawatan rambut rontok yang lebih sehat:

  • Vitacimin Nutriglow

  • Berocca Performance

  • Hair Tonic HG For Men

  • ERHAIR Hairgrow Serum

  • Ellips Hair Vitamin

  • Wellness Skin, Hair & Nails Formula

  • Saqueena Hair Nutrition

  • Blackmores Multivitamin + Minerals

  • Vitamin D3-1000

Melihat penjelasan di atas, perawatan rambut rontok memang sangat dibutuhkan kalau Sobat Sehat sudah mengalami rambut rontok parah. Namun, memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari tetap harus dilakukan setiap hari, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan rambut bersama Apotek K-24!