5 CARA AGAR TIDAK NGANTUK DI PAGI HARI DAN AKTIVITAS BERJALAN LANCAR

Mengalami kantuk di pagi hari rasanya sangat umum terjadi, apalagi jika saat malam hari waktu tidur kurang dari angka normal. Kondisi ini tentu bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas pada hari juga. Meski tidak berbahaya, tapi rasa kantuk di pagi hari ini kadang membuat Sobat Sehat tidak bersemangat. Nah, kalau sudah mengalaminya, Sobat Sehat perlu cara agar tidak ngantuk di pagi hari.

Bagi para pekerja, murid sekolahan, dan mahasiswa, pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk menyiapkan aktivitas pada hari itu juga. Sebab, tanpa persiapan yang baik, maka kegiatan atau rencana pada hari itu bisa berjalan amburadul.

Cara agar Tidak Ngantuk di Pagi Hari

Keluhan kantuk biasanya disebabkan karena kurangnya waktu tidur saat malam hari. Namun, mengantuk di pagi hari juga bisa dikarenakan oleh penyakit tertentu, seperti diabetes, anemia, hingga hipotiroidisme. Mengantuk di pagi hari sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena ada beberapa cara untuk menghilangkannya, contohnya:

Minum Air Putih saat Bangun Tidur

Ketika bangun tidur, Sobat Sehat disarankan jangan langsung memegang smartphone terlebih dahulu. Sebaliknya, Sobat Sehat coba langsung minum 1-2 gelas air putih untuk menggantikan cairan tidur yang hilang saat tidur. Sebab, dengan terpenuhinya kebutuhan cairan, maka tubuh akan terasa lebih segar dan terhindar dari risiko dehidrasi.

Jangan Lupa Sarapan

Cara agar tidak ngantuk yang selanjutnya adalah jangan melewatkan makan pagi atau sarapan. Ketika melupakan sarapan, maka nutrisi tubuh tidak akan terpenuhi dan akibatnya Sobat Sehat tidak siap untuk beraktivitas. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu sarapan, ya, agar aktivitas bisa berjalan lancar.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Menikmati sinar matahari di pagi hari ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, lho. Selain bisa mengaktifkan vitamin D dalam tubuh, paparan sinar matahari saat pagi hari juga dapat memperbaiki kualitas tidur.

Jika kualitas tidur membaik, maka bangun tidur pun akan menjadi lebih segar dan mencegah rasa kantuk. Jadi, usahakan untuk berjemur di pagi hari sebelum pukul 10 paling tidak selama 5-15 menit, ya.

Kurangi Asupan Kafein di Pagi Hari

Ada anggapan kalau dengan minum kopi berkafein, maka rasa kantuk akan hilang. Padahal, salah satu cara agar tidak ngantuk di pagi hari ini malah dengan mengurangi asupan kafein.  Sebab, konsumsi kafein dalam jumlah banyak malah akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengantuk.

Jadi, kalau tidak ingin cepat mengantuk, sebaiknya Sobat Sehat mengurangi minum kopi berkafein tinggi, ya. Apabila Sobat Sehat belum bisa berhenti sepenuhnya dari kafein, maka Sobat Sehat bisa mencoba untuk menguranginya sedikit demi sedikit.

Tambah Asupan Nutrisi

Cara agar tidak ngantuk di pagi hari yang selanjutnya adalah dengan makan makanan bergizi setiap hari. Nah, untuk menghilangkan rasa kantuk ini, selalu siapkan menu makan yang bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Berbagai nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan yang bervariasi, seperti daging tanpa lemak, telur, susu, legum, sayuran, dan buah-buahan. Nah, jikalau Sobat Sehat tidak sempat menyiapkan salah nutrisi pada menu, Sobat Sehat bisa memenuhi dengan bantuan suplemen atau multivitamin yang ada di Apotek K-24 terdekat, lho.

Suplemen atau multivitamin ini biasanya sudah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tiap hari. Sobat Sehat tinggal melihat angka kecukupan gizi yang biasanya tertera dalam kemasan. Nah, agar lebih aman konsumsinya, Sobat Sehat bisa langsung mendatangi gerai Apotek K-24 terdekat, ya.

Sebab, Apotek k-24 hanya menyediakan produk-produk kesehatan yang sudah sesuai dengan standar BPOM dan Kementerian Kesehatan RI. Demikian ulasan tentang cara agar tidak ngantuk, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan agar tidak sering mengantuk bersama Apotek K-24!