INI DIA CARA MENGATASI PILEK DENGAN CEPAT DAN AMPUH

Mengalami keluhan pilek sepertinya sudah biasa terjadi, apalagi kalau Sobat Sehat sedang sibuk dengan pekerjaan atau sekolah. Ini dapat mengurangi sistem imun tubuh sehingga Sobat Sehat akan mudah terserang penyakit, salah satunya pilek atau hidung tersumbat. Kalau ingin segera sembuh untuk melanjutkan aktivitas, maka Sobat Sehat membutuhkan cara mengatasi pilek dengan cepat.

Pilek jadi gangguan kesehatan yang sering terjadi. Saking seringnya, siapa saja bisa saja dapat mengalami pilek satu kali dalam setahun. Pada umumnya, pilek tidaklah berbahaya karena bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Sayangnya, bagi pekerja atau pelajar, pilek bisa mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga harus cepat-cepat sembuh.

5 Cara Mengatasi Pilek dengan Cepat

Penyebab dari pilek pada umumnya adalah infeksi virus, tepatnya virus rhinovirus. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan sehingga produksi lendir pun meningkat. Selain itu, pilek juga bisa disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit tenggorokan, batuk, mata berair, bersin, dan cepat lelah.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya tapi Sobat Sehat bisa mempercepat proses penyembuhannya. Berikut cara-cara yang bisa Sobat Sehat lakukan secara mandiri:

Beristirahat dengan Cukup

Walau tidak berbahaya tapi Sobat Sehat tidak boleh menyepelekannya, ya. Oleh karena itu, cara mengatasi pilek dengan cepat yang pertama adalah mengistirahatkan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan. Waktu istirahat ini dibutuhkan agar tubuh memiliki energi untuk melawan infeksi virus. Jika kelelahan, pilek yang dialami bisa semakin parah dan penyembuhan jadi lebih lama.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Siapa sangka kalau berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari dapat mengatasi pilek atau hidung tersumbat. Ini karena paparan sinar matahari bisa memperbaiki sistem imun dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga pembuangan racun pun lebih cepat. Oh iya, untuk berjemur ini, Sobat Sehat disarankan saat pukul 7-9 pagi untuk memperoleh manfaat sinar matahari yang sehat.

Konsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Mengonsumsi apa saja yang hangat ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi pilek dengan cepat. Hal yang dimaksud ini adalah sup hangat, air jahe hangat, teh hangat, atau air putih hangat. Tidak hanya mampu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, makanan atau minuman hangat juga membuat tubuh terasa lebih segar dan fit.

Perbanyak Vitamin C

Sudah sejak lama vitamin C terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi sakit pilek. Ini karena vitamin C berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C ini Sobat Sehat bisa makan buah atau sayur, seperti jeruk, lemon, stroberi, brokoli, kentang, dan lain sebagainya. Selain itu, vitamin tambahan yang ada di Apotek K-24 juga bisa membantu memenuhi asupan vitamin C, lho.

Minum Obat Pilek Dewasa atau Anak

Cara mengatasi pilek dengan cepat yang selanjutnya ini cukup ampuh, lho, yaitu dengan minum obat pilek untuk anak atau dewasa. Obat pilek di Apotek K-24 biasanya mengandung bahan-bahan yang memang berguna untuk melawan gangguan pilek dan sudah teruji keamanannya.

Sayangnya, jenis obat pilek ini biasanya bervariasi jadi Sobat Sehat sebaiknya berkonsultasi dengan apoteker setempat dulu, ya. Sobat sehat bisa memberikan gejala-gejala yang dialami, nantinya apoteker bisa melakukan swamedikasi sehingga obat yang diminum cocok dengan keadaan yang dialami.

Jadi, kalau Sobat Sehat membutuhkan obat pilek untuk dewasa atau anak sebagai cara mengatasi pilek dengan cepat, langsung datang saja ke gerai Apotek k-24 terdekat, ya. Apotek K-24 siap melayani kapan dan di mana saja. Yuk, lawan sakit pilek bersama Apotek K-24!