CEK GULA DARAH NORMAL, BAGAIMANA CARANYA DAN APAKAH PENTING?

Diabetes jadi penyakit yang sangat berbahaya karena bukan hanya tidak bisa sembuh dengan sempurna, diabetes juga bisa menyebabkan kematian. Bahkan, kini penderitanya di Indonesia semakin banyak dengan usianya yang semakin muda. Oleh karena itu, cek gula darah normal ini sangat penting karena dapat jadi langkah pencegahan penyakit diabetes.

Pada tahun 2021, Indonesia menjadi negara kelima dengan jumlah diabetes yang paling banyak, sekitar 19,5 juta dan akan diprediksi meningkat jadi 28,6 juta di tahun 2045 besok. Hal ini tentu menjadi perhatian berbagai pihak mengingat diabetes adalah sumber gangguan kesehatan yang lainnya. Tak heran kalau banyak orang yang takut dengan penyakit yang satu ini.

Pentingnya Cek Gula Darah Normal

Diabetes yang menjadi perhatian umum ini tentu membuat pengecekan gula darah menjadi prosedur pemeriksaan yang harus dilakukan secara rutin. Sebab, dengan pemeriksaan secara berkala, Sobat Sehat bisa melihat kondisi tubuh pada saat itu, khususnya kadar gula darah.

Pada dasarnya, cek gula darah merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk melihat kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh. Tujuan utama dari pemeriksaan gula darah adalah untuk mengontrol gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gula darah, seperti obesitas dan diabetes.

Selain itu, masih banyak manfaat dari cek gula darah normal, contohnya:

  • Membantu dalam mendiagnosis dan mengantisipasi penyakit diabetes dan obesitas.

  • Memonitor efek obat antidiabetes bila sudah terlanjur terserang penyakit.

  • Memantau kondisi tubuh terhadap gula darah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi yang lebih serius.

  • Melihat bagaimana pengaruh diet, aktivitas fisik, dan pola makan terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Cara Cek Gula Darah Normal

Kadar gula darah normal bisa berubah-ubah, tergantung pada pola makan, metabolisme, dan efek samping obat-obat tertentu. Namun, kadar gula darah normal akan dikatakan normal ketika:

  • Sebelum makan (setelah puasa 8 jam) berada pada angka 70-100 mg/dL.

  • Sebelum tidur (2 jam setelah makan) berada pada angka 140 mg/dL.

  • Pemeriksaan gula darah sewaktu kurang dari 200 mg/dL.

Nah, untuk mengetahui angka-angka tersebut, Sobat Sehat perlu melakukan cek gula darah normal yang bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Menggunakan Alat secara Mandiri

Cek gula darah bisa dilakukan secara mandiri, lho. Sobat Sehat tinggal membeli alat pengecek gula darah yang bisa dibeli di apotek, khususnya Apotek K-24 terdekat. Alat untuk cek gula darah ini biasanya berisikan jarum kecil, perangkat lancing, alkohol, strip uji, meteran glukosa, kotak portable, dan kabel kalau diperlukan.

Petunjuk untuk menggunakan alat cek gula darah umumnya sudah tertulis pada kemasan. Namun, kalau masih bingung, Sobat Sehat bisa langsung menanyakannya pada apoteker di Apotek K-24 ketika membelinya, ya.

Datang ke Apotek K-24 Terdekat

Oh iya, cek gula darah normal ini juga dapat dilakukan dengan langsung datang ke Apotek K-24 terdekat, lho. Tidak hanya pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 juga menyediakan layanan cek gula darah untuk melihat kondisi tubuh.

Jadi, Sobat Sehat tidak perlu repot-repot menyiapkan alat sendiri, dengan datang ke Apotek K-24 Sobat Sehat akan dibantu dalam melakukan pemeriksaan gula darah. Untuk melakukan cek gula darah di Apotek K-24, Sobat Sehat bisa datang kapan saja.

Namun, Apotek K-24 akan memberikan diskon 24% untuk cek gula darah normal setiap kali tanggal 24. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan Promo CERAH (Cek Kesehatan Murah) di Apotek K-24 ini, ya. Yuk, terapkan hidup sehat bersama Apotek K-24!