2 CARA CEK ASAM URAT DAN PENTINGNYA MELAKUKANNYA SECARA RUTIN

Asam urat yang sudah terlalu tinggi biasanya akan membahayakn kesehatan. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan munculnya kristal-kristal tajam yang menyerang sendi sehingga akan terasa nyeri. Nah, dalam langkah pencegahannya ini, Sobat Sehat bisa rutin melakukan cek asam urat, lho. Kalau begitu, bagaimana sih cara cek asam urat yang bisa dilakukan?

Meski asam urat tidak secara langsung menyebabkan kematian, tapi orang yang menderita asam urat tinggi biasanya akan merasakan ketidaknyamanan. Selain membuat rasa nyeri yang tak tertahankan, asam urat juga dapat merusak sendi jika dibiarkan begitu saja. Oleh karenanya, jangan sampai menyepelekan penyakit akibat asam urat ini, ya.

Pentingnya Cara Cek Asam Urat

Pada kondisi normal, asam urat bisa larut dalam darah lalu akan masuk ke dalam ginjal untuk diproses. Setelah itu, limbah yang dihasilkan akan dikeluarkan melalui urine. Namun, berbeda keadaan kalau asam urat yang diproduksi tubuh ini terlalu banyak.

Asam urat bukannya dikeluarkan melalui urine tapi senyawa ini malah akan membentuk kristal di persendian yang ada, khususnya ruas-ruas jari. Keadaan inilah yang dinamakan dengan penyakit asam urat yang merupakan radang sendi.

Selain itu, asam urat yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Nah, melalui penjelasan di atas, cara cek asam urat agaknya sangat penting dilakukan karena banyak sekali manfaatnya, contohnya:

  • Mendiagnosis penyakit asam urat lebih dini sehingga bisa melakukan langkah antisipasi.

  • Membantu dalam menemukan penyebab batu ginjal.

  • Memantau kadar asam urat secara rutin sehingga kalau tiba-tiba saja melonjak, Sobat Sehat bisa melakukan tindakan sejak dini.

Cara Cek Asam Urat yang Ada

Sama seperti kadar gula darah normal, asam urat juga ada batasan normal yang perlu dijaga kalau tidak ingin mengalami gangguan kesehatan. Pada laki-laki, asam urat dikatakan normal kalau berada pada angka 3,4-7,6 mg/dL.

Sedangkan pada perempuan, asam urat dibilang dalam keadaan normal kalau ada pada angka 2,4-6,0 mg/dL. Sayangnya, sebelum mendapatkan angka pada asam urat ini, Sobat Sehat tentu saja harus melakukan pemeriksaan asam urat. Berikut cara cek asam urat yang bisa dilakukan:

Menggunakan Sampel Urine atau Darah

Cara yang pertama adalah dengan datang ke rumah sakit atau klinik dokter yang menyediakan laboratorium atau pemeriksaan asam urat. Nantinya petugas medis akan mengambil sampel dari dalam tubuh Sobat Sehat, bisa berupa urine atau darah secara langsung.

Kedua cara ini cukup berbeda, ya. Kalau menggunakan urine, maka Sobat Sehat perlu mengumpulkan urine selama 24 jam dalam wadah yang berbeda-beda. Sementara dengan tes darah, Sobat Sehat perlu meminta bantuan dokter untuk mengambil sampel kemudian tinggal menunggu hasil lab yang ada.

Datang Langsung ke Apotek K-24 Terdekat

Cara cek asam urat yang selanjutnya, Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat. Oh iya, setiap tanggal 24 pasti ada Promo CERAH (Cek Kesehatan Murah) di Apotek K-24, di mana Sobat Sehat akan mendapatkan diskon sebesar 24% setiap kali cek kesehatan, khususnya cek asam urat.

Namun, cek kesehatan ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, ya, jadi tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan cek kesehatan di Apotek K-24. Pemeriksaan asam urat nantinya akan dibantu oleh apoteker yang bertugas, ya. Jadi, Sobat Sehat tinggal datang langsung ke Apotek K-24 terdekat saja.

Ingat, cara cek asam urat secara rutin ini sangat penting, ya, kalau Sobat Sehat ingin selalu dalam keadaan sehat. Semakin sehat gaya hidupnya, semakin tinggi pula kualitas hidup sehari-hari. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!