ADAKAH PERBEDAAN WASIR DAN AMBEIEN? CEK FAKTA MENARIKNYA!

Kadang kala masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah ada perbedaan wasir dan ambeien. Sebab, dari namanya saja sudah berbeda, artinya gangguan kesehatan ini juga bakal berbeda, baik dari segi penyebab hingga pengobatannya. Tak heran kalau masih banyak yang bingung dengan kedua kondisi ini. Jadi, wasir dan ambeien ini berbeda atau malah sama?

Wasir atau ambeien sebenarnya jadi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh para pekerja kantoran atau pelajar. Ini karena kebiasaan sehari-hari yang mengharuskan mereka untuk terus duduk dari pagi hingga sore hari. Kebiasaan duduk memang membuat tubuh tidak cepat lelah. Namun, kalau terlalu lama ternyata bisa menjadi salah satu penyebab wasir atau ambeien.

Perbedaan Wasir dan Ambeien

Pada umumnya, wasir dalam dunia medis dikenal dengan hemoroid, sebuah kondisi ketika ada tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar anus. Akibatnya, terjadi pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena yang ada di sekitar rektum atau anus.

Gangguan wasir sendiri bisa terjadi pada siapa saja, lho, baik orang tua atau anak muda sekalipun. Artinya, tidak ada batasan usia pada orang yang mengalami wasir ini. Oh iya, wasir sendiri ada dua jenis, yaitu wasir internal (pembengkakan di dalam rektum dan wasir eksternal (pembengkakan di luar rektum).

Jika demikian, adakah perbedaan wasir dan ambeien? Kedua nama ini sebenarnya memiliki arti yang sama saja. Banyak orang menganggap wasir dengan nama lain, yaitu ambeien. Begitu pula dalam dunia medis, tidak ada perbedaan antara wasir dengan ambeien.

Wasir dan ambeien ini merupakan istilah umum yang biasanya digunakan pada kehidupan sehari-hari. Namun, kedua nama ini memiliki arti yang sama dengan hemoroid.

Penyebab dan Gejala Wasir

Melihat tidak adanya perbedaan wasir dan ambeien, maka penyebab dan gejalanya pun akan sama saja. Gangguan wasir ini datang tidak secara tiba-tiba karena ada beberapa faktor yang mendorongnya. Berikut beberapa penyebab wasir yang perlu diwaspadai:

  • Kebiasaan terlalu lama duduk, khususnya saat di toilet.

  • Mengejan yang terlalu keras saat buang air besar (BAB).

  • Sembelit atau kesulitan untuk BAB sehingga tinja menjadi lebih keras.

Selain penyebab, Sobat Sehat juga perlu mengenali gejala wasir atau ambeien dengan pasti agar bisa melakukan tindakan sejak dini. Nah, berikut beberapa gejala dari wasir atau ambeien:

  • Munculnya benjolan di sekitar rektum, biasanya akan terlihat ketika Sobat Sehat BAB.

  • Ada rasa nyeri ketika buang air besar (BAB).

  • Gatal-gatal di area anus.

  • Pada keadaan parah, bisa juga mengalami BAB berdarah dengan tetesan darah yang segar.

Cara Mengobati Wasir

Walaupun tidak ada perbedaan wasir dan ambeien, Sobat Sehat tetap harus segera mengobati gangguan ini kalau mengalaminya. Sebab, kalau hanya dibiarkan begitu saja, komplikasi wasir bisa terjadi, seperti anemia, infeksi akibat luka terbuka, penggumpalan darah, melemahnya otot rektum.

Ada sejumlah tindakan yang dapat membantu dalam mengobati wasir, yaitu:

  • Mengoleskan salep untuk wasir yang ada di Apotek K-24 untuk meredakan gejala-gejalanya, seperti nyeri dan gatal.

  • Menyeka anus dengan handuk kecil hingga bersih setelah buang air besar (BAB).

  • Menjalani prosedur operasi untuk mengangkat gumpalan darah yang ada di rektum.

  • Melakukan prosedur skleroterapi atau koagulasi dengan laser untuk mengatasi wasir yang sudah mengalami perdarahan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai perbedaan wasir dan ambeien yang ternyata tidak ada sama sekali. Oh iya, kalau Sobat Sehat sudah terlanjur mengalami wasir, bisa langsung menggunakan salep di Apotek K-24, ya, agar gangguan segera sembuh. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!