REKOMENDASI PERMEN PEREDA TENGGOROKAN DI APOTEK UNTUK MENGURANGI KETIDAKNYAMANAN

Tenggorokan yang terasa gatal mungkin sudah jadi gangguan yang umum terjadi dan hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Meski tidak berbahaya tapi sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal sangat membuat tidak nyaman. Inilah yang membuat permen pereda tenggorokan di apotek hadir untuk menjadi solusi masalah tersebut.

Yaps, permen. Ini maksudnya bukan permen biasa yang dihisap dan mengeluarkan rasa manis saja, ya. Namun, permen yang memiliki kandungan bahan-bahan khusus agar bisa membantu dalam melegakan sakit tenggorokan mengganggu. Nah, kalau Sobat Sehat tiba-tiba mengalami sakit tenggorokan, yuk cari salah satu rekomendasinya.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Sebelum mencari permen pereda tenggorokan gatal, Sobat Sehat perlu mencari tahu penyebab utamanya terlebih dahulu. Banyak hal yang bisa menyebabkan tenggorokan gatal, mulai dari hal sepele hingga kondisi yang serius.

Pertama, tenggorokan gatal dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi virus tertentu. Kedua, peningkatan produksi lendir pada saluran pernapasan atas yang nantinya akan menumpuk pada tenggorokan.

Ketiga, kekurangan asupan nutrisi tertentu, seperti cairan atau air putih dan vitamin yang membuat sistem imun menurun. Keempat, kondisi medis tertentu seperti esofagitis, GERD, asma, dan lain sebagainya. Beberapa kondisi tersebut bisa memunculkan gejala sakit tenggorokan hingga penderitanya biasanya akan membutuhkan permen pereda tenggorokan.

Permen Pereda Tenggorokan Gatal di Apotek

Tenggorokan gatal gejalanya sangat khas. Selain bagian leher yang terasa gatal, biasanya tenggorokan akan terasa ada yang mengganjal. Bahkan, dalam beberapa keadaan, penderita tenggorokan gatal bisa kesulitan dalam mengonsumsi makanan.

Ini tentu sangat mengganggu kalau Sobat Sehat mempunyai pekerjaan yang mengharuskan untuk berbicara. Sebab, sumber suara yang dihasilkan ketika berbicara ini lewat pita suara yang berada di dekat tenggorokan.

Oleh karena itu, untuk meringankan gejala tenggorokan gatal agar lebih mudah saat berbicara dan menjalankan aktivitas, Sobat Sehat perlu makan permen khusus untuk tenggorokan yang biasanya dijual di apotek terdekat, khususnya Apotek K-24. Berikut beberapa rekomendasi permen pereda tenggorokan yang aman dan bisa dibeli di Apotek K-24 terdekat:

  • Total Angin Herbal Peppermint Lozenges

  • Permen Fisherman’s Friend

  • Strepsils

  • SP Troches Meiji

  • Konidin Lozenges Strong Mint

  • Wood Peppermint Lozenges

  • Pagoda Pastiles

  • Ricola Mountain Mint

  • Hexos Lozenges

Beberapa produk di atas dapat dibeli langsung di gerai Apotek K-24 terdekat atau melalui aplikasi K24Klik. Jadi, kalau membutuhkan solusi untuk masalah kesehatan Sobat Sehat, Apotek K-24 bisa jadi solusinya.

Cara Meredakan Tenggorokan Gatal

Selain minum permen pereda tenggorokan, Sobat Sehat juga bisa melakukan proses perawatan lainnya agar tenggorokan cepat sembuh. Berikut beberapa hal yang dapat Sobat Sehat lakukan di rumah:

  • Minum air putih hangat yang bisa membantu dalam melembapkan tenggorokan jika terasa kering dan sering mengalami batuk-batuk.

  • Kumur-kumur dengan air garam yang berguna untuk mengencerkan lendir sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman.

  • Menggunakan semprotan kortikosteroid.

  • Minum wedang jahe yang sudah sering dijadikan obat tradisional.

Meskipun tidak berbahaya tapi tenggorokan gatal tetaplah mengganggu, bahkan bisa saja membuat penderitanya malas makan. Oleh karena itu, kalau sudah mengalaminya, Sobat Sehat bisa melakukan cara-cara di atas atau siap sedia permen pereda tenggorokan gatal yang bisa dibeli lewat Apotek K-24 terdekat. Yuk, jaga kesehatan tenggorokan bersama Apotek K-24!