TENSI NORMAL WANITA ITU BERAPA DAN BAGAIMANA CARA MENGUKURNYA?

Selain gula darah dan kadar kolesterol dalam tubuh yang harus dijaga dengan baik, Sobat Sehat juga perlu menjaga tensi darah agar tetap dalam angka normal. Apalagi bagi para wanita, yang mana tensi darahnya cepat berubah karena beberapa keadaan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui tensi normal wanita dengan pasti, lho. Jika demikian, berapakah tensi yang normal bagi perempuan?

Tekanan darah atau tensi darah sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia, khususnya semakin bertambahnya usia Sobat Sehat. Sebab, tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah bisa memberikan gejala yang tidak nyaman. Bahkan, tensi darah yang tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Tensi Normal Wanita, Berapa?

Besaran tensi darah yang normal pada wanita ternyata bisa berbeda-beda. Ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti hormon tubuh. Contohnya saja, ketika seseorang sedang dalam masa kehamilan, mereka akan memiliki tekanan darah yang lebih besar karena ada janin di dalam.

Selain itu, masa menstruasi juga dapat mempengaruhi tensi darah karena ada perubahan hormon dan sindrom pramenstruasi. Ada juga ketika seorang wanita telah memasuki masa menopause yang mana kadar hormon estrogen di dalam tubuhnya mengalami penurunan.

Jika demikian, berapakah tensi normal wanita?

Pada umumnya, wanita dianggap dalam keadaan sehat bila tekanan darahnya berada pada angka tidak lebih dari 120/80 mmHg. Pada angka tersebut jantung berdetak dengan irama yang tepat dengan peredaran darah yang berjalan lancar.

Meskipun demikian, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tekanan darah wanita bisa berubah-ubah. Oleh karenanya, tekanan sistolik pada wanita masih bisa dikatakan normal jika masih berkisar pada angka 90-120 mmHg.

Sementara itu, tekanan darah diastoliknya dianggap normal kalau masih di antara pada angka 60-80 mmHg. Nah, Sobat Sehat perlu berhati-hati kalau tekanan darah tidak berada pada angka-angka di atas. Sebab, ketika mengalaminya, Sobat Sehat dianggap mengalami tensi darah tinggi atau rendah.

Cara Mengukur Tensi Darah yang Mudah

Dalam proses mengetahui tensi normal wanita atau tidak, Sobat Sehat tentu saja perlu mengukur tekanan darah. Nah, mengukur tekanan darah bisa dilakukan dengan beberapa cara, contohnya berikut ini:

Datang ke Apotek K-24 Terdekat

Sobat Sehat bisa langsung mendatangi gerai Apotek K-24 terdekat untuk melakukan cek tensi darah. Apotek K-24 memberikan pelayanan cek tensi darah secara cuma-cuma alias gratis. Nantinya apoteker akan membantu Sobat Sehat untuk melakukan cek tensi darah menggunakan alat yang tersedia. Jadi, kalau tiba-tiba butuh cek tensi, Sobat Sehat langsung cari saja di mana gerai Apotek K-24 terdekat.

Mengukur Tensi Normal Wanita dengan Mandiri

Cek tensi darah juga bisa dilakukan secara mandiri tapi Sobat Sehat perlu membeli alat tensimeter di Apotek K-24 terdekat terlebih dahulu. Selain menyediakan obat yang komplet, Apotek K-24 juga menawarkan berbagai alat kesehatan, salah satunya tensimeter.

Di Apotek K-24 sendiri ada tensimeter dari OMO Precisio yang bisa memudahkan Sobat Sehat semua untuk mengukur tensi darah. Sebab, tensimeter yang satu ini memiliki teknologi modern, seperti tersambung ke smartphone lewat bluetooth dan memiliki fitur suara yang mana bisa membacakan hasil pemeriksaan secara otomatis.

Jadi, Sobat Sehat tidak perlu mengira-ngira apakah hasilnya normal, tensi tinggi, atau tensi rendah.Selain itu, tensimeter OMO Precisio juga memberikan garansi selama 2 tahun, lho. Oleh karenanya, Sobat Sehat tidak perlu khawatir kalau alat yang dibeli tiba-tiba rusak karena masih memiliki garansi.

Menarik bukan? Yuk, miliki tensimeter dari OMO Precisio sekarang juga agar kualitas hidup semakin meningkat. Demikian ulasan tentang berapa sih tensi normal wanita dan cara mengukurnya, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!