6 PENYEBAB ASAM URAT TINGGI DI USIA MUDA, HINDARI SEBELUM MENGALAMINYA!

Sama seperti kadar gula dalam darah yang tidak boleh berlebihan, asam urat dalam tubuh juga jangan sampai dalam angka yang tinggi. Sebab, kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada sendi-sendi tubuh. Oleh karena itu, mengenali penyebab asam urat tinggi di usia muda terbilang sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan.

Dewasa ini, banyak anak muda yang sudah terkena berbagai gangguan kesehatan, salah satunya penyakit asam urat. Padahal, dulunya penyakit-penyakit berbahaya seperti asam urat ini biasanya banyak menjangkit orang tua. Hal ini tentu menjadi perhatian banyak pihak karena usia muda sebenarnya menjadi masa emas untuk melakukan berbagai kegiatan yang produktivitas.

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Perubahan usia pada penderita asam urat ini umumnya disebabkan karena kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat. Ini karena semakin berkembang teknologi di kalangan masyarakat, maka kebiasaan mereka pun juga akan berubah.

Oleh karena itu, Sobat Sehat yang masih berada di usia muda, sebaiknya perhatikan kebiasaan sehari-hari, ya kalau ingin menghindari asam urat tinggi, contohnya:

Terlalu Banyak Konsumsi Daging Merah

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang pertama adalah konsumsi daging berlebih. Pada dasarnya, daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi. Nah, purin dalam daging yang dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi senyawa asam urat.

Jadi, kalau ingin mengonsumsi daging merah, sebaiknya perhatikan seberapa banyak porsinya, ya. Apalagi akhir-akhir ini banyak restoran yang membuka sistem all you can eat, di mana pengunjung bisa mengambil daging sesukanya.

Tidak Menjaga Berat Badan Ideal

Kalau Sobat Sehat memiliki berat badan berlebih (obesitas), sebaiknya cepat-cepat cari cara untuk menurunkannya agar bisa tetap ideal. Sebab, Jurnal Diabetes, Metabolic Syndrome, and Obesity: Targets and Therapy mengatakan kalau berat badan berlebih bisa menyebabkan penyakit seperti asam urat.

Kebiasaan Minum Minuman Manis

Siapa dari Sobat Sehat yang suka dengan minuman manis kekinian seperti kopi susu atau boba? Hati-hati, karena minuman manis bisa menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi di usia muda.

Sudah banyak penelitian yang menyatakan kalau minuman atau makanan manis dapat menjadi salah satu faktor terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, hindari konsumsi gula lebih dari batas yang disarankan, ya, yaitu 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan.

Jarang Berolahraga

Semakin berkembang teknologi, semakin membuat orang-orang malas untuk bergerak. Contohnya saja untuk memesan makanan kini tinggal membuka aplikasi dan nanti akan diantar jasa pengantar. Kebiasaan ini kurang baik karena fisik yang tidak dilatih bisa meningkatkan risiko asam urat tinggi. Jadi, biasakan untuk berolahraga, ya, paling tidak 150 menit dalam sepekan.

Jarang Minum Air Putih

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang selanjutnya bisa juga karena kurang asupan air putih. Meski air putih tidak memiliki rasa yang nikmat seperti kopi tapi minuman ini berperan penting dalam membantu kinerja organ ginjal, lho.

Ketika asam urat bisa bekerja dengan baik, maka asam urat tidak akan menumpuk dalam tubuh. Oleh karena itu, cukupi minum air putih setidaknya 1,5 sampai 2 liter setiap hari.

Tidak Pernah Cek Asam Urat

Tidak hanya gula darah dan kolesterol saja yang perlu dicek secara rutin. Sebab, jarang melakukan cek asam urat juga bisa menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi di usia muda. Seperti yang Sobat Sehat tahu, melakukan cek asam urat secara rutin ini sangat penting sebagai langkah menghindari penyakit asam urat.

Caranya sendiri sangat mudah, Sobat Sehat tinggal datang ke gerai Apotek K-24 terdekat. Setiap hari, Apotek K-24 melayani cek kesehatan, seperti cek tensi, kolesterol, gula, dan asam urat. Namun, kalau ingin lebih untung, Sobat Sehat bisa datang ke Apotek K-24 setiap tanggal 24 karena bakal ada diskon 24%.

Jadi, kalau ingin kualitas hidup terjaga, jangan lupakan cek kesehatan secara rutin, ya. Demikian ulasan tentang penyebab asam urat tinggi di usia muda, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!