5 PENYEBAB BAU KETIAK DAN CARA MENGHILANGKAN BAU AGAR LEBIH PERCAYA DIRI

Memiliki bau ketiak memang tidak membahayakan kesehatan diri sendiri tapi bisa mengganggu orang-orang sekitar. Sebab, kadang kala bau ketiak tidak tercium oleh Sobat Sehat sendiri tapi malah oleh orang lain. Kondisi ini tentu bisa menyebabkan penurunan pada rasa percaya diri. Nah, untuk menghindarinya, Sobat Sehat tentu perlu tahu penyebab bau ketiak yang perlu diwaspadai.

Banyak yang mengira ketika Sobat Sehat memiliki bau badan pasti penyebab utamanya adalah keringat. Padahal, pada dasarnya keringat manusia malah tidak memiliki bau atau aroma sama sekali. Jadi, kalau tiba-tiba Sobat Sehat mengalami bau badan, jangan menyalahkan keringat yang keluar. Sebab, ada juga orang yang berkeringat banyak tapi tidak mengeluarkan aroma tak sedap.

Penyebab Bau Ketiak

Menurut penelitian yang ada, bau ketiak yang sering tercium disebabkan oleh bakteri jahat yang ada di permukaan kulit. Nah, bakteri tersebut berinteraksi dengan kandungan yang ada pada keringat. Akibatnya, bakteri menghasilkan senyawa dengan aroma yang menyengat bernama thioalchols.

Interaksi antara bakteri dengan keringat tentu tidak muncul dengan sendirinya. Sebab, ada beberapa faktor yang dapat mendorong hal tersebut, yaitu:

Keringat Berlebih

Salah satu hal yang dapat membuat bau badan keluar adalah kondisi ketika tubuh terlalu banyak dan sering berkeringat. Penyebab bau ketiak yang satu ini sering terjadi saat Sobat Sehat sedang beraktivitas di cuaca panas, berolahraga, dan memasak. Keringat nantinya membuat ketiak lebih lembap sehingga perkembangan bakteri pun berjalan lebih cepat.

Menggunakan Pakaian dengan Bahan Tertentu

Sobat Sehat perlu berhati-hati ketika membeli pakaian karena ada beberapa bahan tertentu yang dapat menyebabkan bau ketiak jadi tidak sedap. Saat Sobat Sehat akan melakukan aktivitas yang padat, sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun, linen, dan sutra. Sebaliknya, Sobat Sehat bisa menjauhi bahan wol, corduroy, flannel, dan sifon karena sulit untuk menyerap keringat.

Jarang Membersihkan Ketiak

Anjuran untuk mandi setiap hari sebanyak dua kali yang sering berputar bukan muncul karena tanpa alasan. Sebab, melalui mandi dan mencukur bulu ketiak ini Sobat Sehat bisa menghindari penyebab bau ketiak yang selanjutnya, yaitu malas menjaga kebersihan ketiak.

Selain itu, kebiasaan buruk malas menggunakan deodorant juga perlu dihindari. Oleh karena itu, selalu siap deodorant di rumah, ya. Sobat Sehat dapat membeli deodorant di gerai Apotek K-24 terdekat.

Tidak hanya menyediakan obat saja, Apotek K-24 juga menawarkan produk kesehatan seperti deodorant. Ini bertujuan agar ketiak tetap dalam keadaan bersih sehingga bisa menghilangkan bau menyengat yang datang dari ketiak.

Konsumsi Makanan Tertentu

Selain kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, konsumsi makanan dan minuman tertentu juga bisa menjadi penyebab bau ketiak, lho. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari jika tidak ingin bau ketiak, yaitu bawang, kubis, alkohol, bawang, dan asparagus. Jenis-jenis makanan tersebut bisa membuat bau ketiak lebih menyengat.

Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Salah satu alasan mengapa bau ketiak menyengat yang selanjutnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Kenapa bisa? Ini karena lipatan lemak yang ada pada tubuh dapat menjadi tempat untuk perkembangan bakteri. Apalagi kalau Sobat Sehat juga memiliki kebiasaan malas mandi.

Jadi, tak heran kalau orang gemuk biasanya memiliki bau badan yang lebih bau daripada orang biasanya. Oleh karena itu, cepat-cepat mengurangi berat badan, ya, kalau tidak ingin mengalami bau ketiak tak sedap.

Nah, itulah beberapa penyebab bau ketiak yang perlu diwaspadai dan dihindari. Cara menghilangkan bau ketiak tentu dengan melakukan hal sebaliknya dari poin-poin di atas. Salah satunya dengan menggunakan deodorant yang ada di Apotek K-24 terdekat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!