TEKANAN DARAH 130/100 APAKAH NORMAL? CEK FAKTANYA!

Tekanan darah meski banyak disepelekan tapi ternyata sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, lho. Sebab, ketika tekanan darah rendah atau tinggi pasti menimbulkan gejala yang tidak diinginkan. Sayangnya, tidak semua orang awas dengan nilai tekanan darah. Tak heran kalau banyak orang yang masih mempertanyakan tekanan darah 130/100 apakah normal atau tidak?

Tekanan darah yang normal sebenarnya bisa berbeda-beda setiap orangnya. Sebab, tekanan darah atau tensi ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Kendati demikian, memantau dan menjaga tekanan darah agar tetap normal tetaplah penting karena bisa mencegah gangguan kesehatan dan komplikasi lainnya.

Tekanan Darah Normal

Sebelum menjawab pertanyaan tekanan darah 130/100 apakah normal, Sobat Sehat tentu perlu tahu rentang dan kelompok tensi darah. Pada umumnya, tekanan darah yang diukur ada dua, yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik.

Hasil tekanan sistolik biasanya dituliskan terlebih dahulu sebelum tekanan diastolik. Nah, berikut beberapa tekanan darah normal menurut kelompok usia dari WHO:

  • Anak-anak biasanya memiliki tekanan darah normal di angka 80/55 – 115/80 mmHg.

  • Remaja mempunyai tekanan darah normal di angka 90/50 – 120/80 mmHg.

  • Orang dewasa biasanya memiliki tekanan darah normal di angka 90/60 – 120/80 mmHg.

  • Orang lansia mempunyai tekanan darah normal di angka 95/70 – 145/90 mmHg. Namun, bisa saja berubah-ubah karena berkurangnya fungsi organ dalam tubuh.

Tekanan Darah 130/100 Apakah Normal?

Melihat penjelasan di atas, agaknya pertanyaan di atas sudah terjawab, ya. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tekanan darah normal sebenarnya tergantung pada usia dan jenis kelamin setiap orang.

Namun, jawaban dari tekanan darah 130/100 apakah normal ini adalah tidak. Hasil tekanan darah tersebut sudah masuk dalam kategori tekanan darah normal-tinggi. Tekanan darah normal-tinggi ditandai dengan tekanan darah sistolik (TDS) 130-139 mmHg dan tekanan darah diastolik (TDD) 85-89 mmHg.

Sobat Sehat perlu tahu kalau tekanan darah yang tinggi bisa sangat berbahaya kalau tidak segera ditangani. Sebab, tekanan darah tinggi (hipertensi) menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Jadi, kalau Sobat Sehat mendapatkan hasil tekanan darah sebesar 130/100 sebaiknya segera lakukan beberapa hal untuk menurunkan tensi. Contohnya Sobat Sehat bisa mengonsumsi makanan bernutrisi, membatasi asupan kafein, olahraga secara rutin, dan mengelola stres.

Cara Mengukur Tekanan Darah

Nah, untuk memastikan jawaban dari tekanan darah 130/100 apakah normal atau tekanan darah yang didapatkan normal tidak, Sobat Sehat tentu perlu mengukurnya. Ada beberapa cara yang dapat Sobat Sehat lakukan untuk mendapatkan hasil tekanan darah.

Pertama, dengan datang langsung ke gerai Apotek K-24 terdekat, di mana terdapat layanan cek tensi darah gratis. Jadi, Sobat Sehat bisa kapan saja datang ke Apotek K-24 untuk melakukan cek tekanan darah.

Kedua, mengukur tensi darah bisa dilakukan secara mandiri dengan membeli alat tensimeter di gerai Apotek K-24 terdekat. Dengan memiliki tensimeter, Sobat Sehat bisa menggunakan tensimeter kapan saja dan tidak perlu pergi ke mana-mana.

Oh iya, di Apotek K-24 ada tensimeter dari OMO Precisio yang bisa mempermudah Sobat Sehat dalam melakukan pengukuran. Tidak hanya akurat, tensimeter OMO Precisio juga memberikan kesimpulan dari angka-angka yang muncul pada alat.

Jadi, Sobat Sehat tidak perlu mempertanyakan tekanan darah 130/100 apakah normal tidak karena tensimeter OMO Precisio bisa membantu dalam menjawabnya. Sebab, tensimeter OMO Precisio memiliki teknologi modern, seperti tersambung ke smartphone lewat bluetooth dan memiliki fitur suara yang mana bisa membacakan hasil pemeriksaan secara otomatis.