4 CARA MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT DAN TELURNYA DALAM 1 HARI

Kutu rambut merupakan gangguan yang sering dialami oleh siapa saja, entah anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Meski tidak berbahaya tapi memiliki kutu rambut sangat mengganggu karena penderita akan mengalami gatal-gatal luar biasa. Jika demikian, bagaimana sih cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari agar bisa cepat sembuh dan terhindar dari gangguan?

Pada dasarnya, kutu rambut adalah serangga parasit yang bisa hidup di kulit kepala Sobat Sehat semua. Hewan ini berkembang biak dengan menghasilkan telur yang nantinya akan menempel pada batang rambut. Adanya kutu di kulit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Sobat Sehat karena menyebabkan rasa gatal dan luka kemerahan di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dalam 1 Hari

Sobat Sehat perlu berhati-hati dengan serangga parasit seperti kutu rambut karena mudah sekali menular dari satu orang ke orang lain. Selain kontak langsung dengan penderita kutu, pemakaian barang seperti sisir, topi, handuk, aksesoris rambut secara bersamaan juga dapat menularkan kutu.

Tak hanya itu saja, memelihara hewan di rumah, seperti anjing dan kucing juga bisa berperan besar dalam menyebarkan kutu rambut. Nah, kalau sudah terlanjur terkena kutu rambut, Sobat Sehat sebaiknya cepat-cepat melakukan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari:

Gunakan Sisir Serit

Pertama, Sobat Sehat bisa membeli dan menggunakan sisir serit (sisir dengan gigi rapat) dalam usaha untuk mengatasi kutu rambut. Sisir dengan gigi rapat dapat membuat kutu dan telurnya ikut terbawa pada sisir. Namun, sebelum menggunakannya, Sobat Sehat perlu membasahi rambut dengan shampoo dan kondisioner. Lakukan sisir rambut ini berkali-kali, ya, sampai kutu benar-benar hilang.

Manfaatkan Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial ternyata ada yang terbukti efektif dapat mengatasi kutu rambut dan telurnya. Minyak esensial yang dimaksudkan ini adalah tea tree oil, minyak lavender, minyak kayu putih, minyak kayu manis, minyak mentol, dan lain sebagainya.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari yang satu ini sangat mudah. Sobat Sehat tinggal mencampurkan minyak esensial dengan air hangat ke dalam botol. Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada rambut lalu sisir rambut menggunakan sisir serit hingga bersih.

Gunakan Kondisioner Rambut

Selain minyak esensial, Sobat Sehat juga dapat memanfaatkan kondisioner rambut yang cocok. Caranya hampir sama, Sobat Sehat hanya perlu mencuci rambut hingga bersih lalu oleskan kondisioner pada rambut dan kulit kepala.

Nah, selagi rambut basah segera sisir rambut menggunakan sisir serit dari akar hingga ujung rambut. Dalam menyisir rambut ini perlu dilakukan berulang-ulang, ya, agar kutu dan telurnya benar-benar bersih.

Menggunakan Obat Kutu Paling Ampuh di Apotek

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari yang efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kutu di apotek. Obat kutu biasanya bisa Sobat Sehat beli tanpa resep dokter dan biasanya dalam bentuk losion atau semprotan.

Perawatan rambut ini terbilang efektif karena obat kutu sudah didesain secara khusus untuk membasmi kutu dan aman bagi rambut. Sobat Sehat hanya perlu mengikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan obat kutu dan Sobat Sehat pun terbebas dari kutu. Ada beberapa obat kutu di Apotek K-24 yang aman untuk digunakan, seperti:

  • Peditox Liquid

  • Ketomed 2% Scalp Solution

  • Interzol Cream

  • Medscab Cream

  • Scabimite 5% Cream

Itu dia beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari yang bisa Sobat Sehat lakukan. Nah, kalau sudah benar-benar terlanjur mengalaminya, Sobat Sehat bisa segera pergi ke Apotek K-24 terdekat untuk membeli obat kutu paling ampuh. Jangan biarkan kutu rambut dibiarkan begitu saja, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!