5 CARA MENGHILANGKAN ANYANG-ANYANGAN AGAR GEJALA CEPAT MENGHILANG

Mengalami anyang-anyangan tentu membuat Sobat Sehat merasa terganggu, apalagi kalau masih dalam kondisi bekerja atau sekolah. Selain merasa tidak nyaman, penderita anyang-anyangan juga akan mengalami sakit perut, perih saat buang air kecil, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika mengalaminya, lebih baik cepat-cepat melakukan cara menghilangkan anyang-anyangan.

Walaupun terbilang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya tapi anyang-anyangan ternyata bisa jadi salah satu tanda penyakit infeksi saluran kemih, lho. Oleh karena itu, Sobat Sehat tetap harus waspada ketika mengalami anyang-anyangan, ya. Pada dasarnya, anyang-anyangan bisa ditangani dengan cara yang bervariasi, tergantung dari penyebabnya sendiri.

Cara Menghilangkan Anyang-anyangan yang Aman

Terdapat beberapa faktor yang mendorong terjadinya anyang-anyangan, seperti perubahan hormon, sistem kekebalan melemah, iritasi pada alat kelamin, dan lain-lain. Namun, masih ada penyebab lainnya kalau anyang-anyangan yang terjadi ada pada taraf yang berat.

Gangguan anyang-anyangan sangat mudah untuk dikenali. Sebab, kalau mengalaminya Sobat Sehat akan merasakan nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil tapi volumenya sedikit, buang air kecil terasa tidak tuntas, nyeri panggul, dan bau urine yang menyengat. Nah, kalau sudah merasakan gejala tersebut, ada beberapa cara menghilangkan anyang-anyangan yang bisa dilakukan, seperti:

Kompres Hangat

Mengompres dengan benda hangat bisa membantu dalam meredakan gejala anyang-anyangan. Caranya cukup mudah, Sobat Sehat bisa menggunakan bantalan kompres yang diisi air panas pada area perut.

Lakukan kompres selama kurang lebih 15 menit dan ulangi berkali-kali hingga gejala menghilang. Oh iya, bantalan kompres atau benda untuk mengompres ini bisa Sobat Sehat beli di Apotek K-24 terdekat, lho.

Minum Air Putih

Banyak-banyak minum air putih ternyata tidak hanya berguna untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tapi juga bisa untuk mengatasi gejala anyang-anyangan. Sebab, ketika Sobat Sehat banyak minum air putih, maka frekuensi buang air kecil pun juga akan meningkat.

Alhasil, bakteri yang mungkin menjadi penyebab anyang-anyangan akan ikut keluar dari saluran kemih. Ini karena semakin sering buang air kecil, maka semakin banyak pula bakteri yang terbuang.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Cara menghilangkan anyang-anyangan yang selanjutnya adalah bisa dengan menghindari makanan dan minuman tertentu yang dapat memperparah gejalanya. Makanan dan minuman yang dimaksud ini berupa kopi, cokelat, teh, makanan pedas, minuman beralkohol, hingga yang berasa asam. Jika sedang mengalami anyang-anyangan, jangan konsumsi makanan atau minuman tersebut, ya.

Jangan Menahan Buang Air Kecil

Kadang kala menahan buang air kecil sering dilakukan, apalagi kalau tidak ada toilet yang nyaman. Padahal, kebiasaan ini bisa memperburuk kondisi anyang-anyangan, lho, dan malah bisa menjadi penyebab utamanya. Sebab, ketika sering menahan buang air kecil, maka bakteri bisa memiliki kesempatan untuk berkembang di saluran kemih.

Minum Obat Anyang-anyangan di Apotek

Cara menghilangkan anyang-anyangan yang cukup efektif bisa dengan minum obat anyang-anyangan di apotek. Di Apotek K-24 sendiri terdapat beberapa jenis obat anyang-anyangan yang aman untuk digunakan, contohnya saja:

  • Nephrolit

  • Batu Elixir

  • Urispas

  • Paracetamol

Beberapa produk di Apotek K-24 ini terbilang efektif karena sudah didesain secara khusus untuk mengatasi kondisi anyang-anyangan. Sobat Sehat bisa membelinya langsung di gerai Apotek K-24 terdekat atau memesannya lewat aplikasi K24Klik.

Apabila Sobat Sehat sudah melakukan cara menghilangkan anyang-anyangan di atas tapi belum hilang juga gejalanya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!