SPERMA KENTAL APAKAH SEHAT DAN SUBUR? CEK FAKTA MENARIKNYA!

Salah satu faktor utama agar proses kehamilan bisa berhasil adalah sperma yang sehat dan subur. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana sih contoh sperma yang subur dan sehat. Bahkan, ada yang menganggap kesuburan ini ditandai dengan kental tidaknya sperma atau air mani. Jika demikian, sperma kental apakah sehat atau tidak dan bisa menjadi tanda utamanya?

Sperma merupakan sel-sel yang berukuran kecil dan terdapat pada air mani saat ejakulasi. Pada dasarnya, sperma tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata telanjang karena paling tidak harus menggunakan mikroskop. Namun, kondisi sperma yang sehat atau tidak biasanya dapat dilihat dari tekstur dan warna pada air mani itu sendiri.

Sperma Kental Apakah Sehat?

Mungkin ada dari Sobat Sehat yang percaya kalau sperma yang kental artinya subur, sedangkan bila encer maka tandanya mandul. Anggapan yang seperti ini sebenarnya belum tentu benar, ya. Salah satu fakta yang perlu Sobat Sehat ketahui, seorang laki-laki akan mengeluarkan air mani yang mengandung jutaan sel sperma ketika ejakulasi.

Nah, air mani tersebut biasanya memiliki tekstur yang kental seperti gel. Namun, setelah 15-30 menit pada udara bebas, tekstur sperma ternyata akan menjadi lebih encer. Menurut sebuah laman kesehatan, kondisi ini terbilang normal karena sperma harus mudah bergerak untuk sampai ke rahim.

Jadi, sperma kental apakah sehat?

Mungkin yang Sobat Sehat maksud kental atau tidak ini sebenarnya air mani bukan sperma. Sebab, sperma hanya bisa dilihat menggunakan alat bantu saja. Ada beberapa faktor yang dapat membuat air mani terlihat kental, salah satunya ketika Sobat Sehat jarang ejakulasi.

Semakin jarang berejakulasi, maka sekalinya ejakulasi tekstur air mani akan kental karena konsentrasi sperma yang lebih tinggi. Sebaliknya, ada faktor lainnya yang bisa membuat air mani jadi lebih encer, yaitu:

  • Kekurangan mineral zinc.

  • Terlalu sering ejakulasi sehingga sel sperma yang diproduksi jadi sedikit.

  • Gangguan hormon.

Ciri-ciri Sperma yang Tidak Sehat

Melihat penjelasan di atas, pertanyaan sperma kental apakah sehat sebenarnya sudah terjawab, ya. Kalau tekstur air mani tidak dapat menjadi indikator kesuburan seseorang, maka Sobat Sehat sebenarnya bisa melihat dari warna air mani itu sendiri.

Pada umumnya, air mani yang sehat memiliki ciri-ciri berwarna putih, keabuan, atau bening. Kalau air mani yang keluar saat ejakulasi memiliki salah satu dari ketiga warna tersebut, maka Sobat Sehat tidak perlu khawatir. Berbeda keadaan jika air mani yang keluar berwarna berikut ini:

  • Kuning atau kehijauan, tanda ada urine di dalamnya.

  • Merah muda atau cokelat, ini tandanya ada darah di dalam air mani.

  • Hitam, pertanda ada perdarahan hebat di dalam air mani.

Cara Menjaga Kesuburan dan Kesehatan Sperma

Selain mengetahui sperma kental apakah sehat dan bagaimana ciri-cirinya, agaknya paham cara untuk menjaga kesehatannya juga penting. Berikut beberapa cara sederhana agar air mani yang mengandung sel sperma tetap dalam keadaan sehat dan subur:

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.

  • Selalu konsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin E.

  • Olahraga dengan optimal, paling tidak 150 menit setiap pekan.

  • Hindari penggunaan gadget di dekat alat kelamin.

  • Kelola stres dengan baik dengan hobi dan beristirahat dengan cukup.

  • Kalau perlu minum suplemen atau vitamin yang ada di Apotek K-24 terdekat, khususnya yang mengandung vitamin dan mineral zinc. Apotek K-24 tentu saja selalu menyediakan berbagai vitamin dan suplemen yang dibutuhkan, lho, karena produknya yang komplet.

Sudah jelas bukan uraian tentang sperma kental apakah sehat di atas. Kental atau tidaknya air mani sebenarnya tidak bisa menjadi tolok ukur kesuburan pria, ya. Kalau Sobat Sehat mau cek kesuburan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa melakukan analisis sperma di laboratorium. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!