PERBEDAAN CACAR AIR DAN CACAR MONYET APA SAJA?

Meskipun sama-sama memiliki nama cacar, tapi ada perbedaan cacar air dan cacar monyet yang perlu Sobat Sehat ketahui, lho. Tidak hanya namanya saja yang berbeda tapi kedua penyakit ini juga memiliki perbedaan pada penyebab, gejala, cara pencegahan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Sobat Sehat perlu memahaminya, ya.

Akhir-akhir ini sedang marak kasus cacar monyet yang terjadi di berbagai negara di dunia. Walau cacar monyet belum banyak di Indonesia tapi Sobat Sehat tetap harus waspada dan bersiap-siap untuk menghadapinya. Apalagi kini pemerintah sudah menyiapkan beberapa laboratorium kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Perbedaan Cacar Air dan Cacar Monyet

Hal yang mendasar yang perlu Sobat Sehat ketahui adalah perbedaan antara cacar monyet dengan cacar air. Sebab, kedua penyakit ini terlihat sama dalam sekilas. Padahal, keduanya sangatlah berbeda, termasuk dalam proses penyembuhannya. Nah, berikut perbedaan perbedaan cacar air dan cacar monyet lebih lanjutnya:

Penyebab

Cacar air disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster yang dapat menyebar melalui kontak langsung dengan ruam yang ada di kulit penderita. Selain itu, penularan juga bisa lewat air liur atau bersin yang tak sengaja terhirup dari penderita ke orang lain. Umumnya, cacar air rentan menyerang anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Sedangkan, penyebab dari cacar monyet adalah virus monkeypox yang awalnya ada di hewan pengerat atau primata, seperti tikus, monyet, atau tupai. Selain kontak langsung dengan hewan tersebut, ada cara penularan utama lainnya, contohnya berhubungan seksual dengan penderita cacar monyet dan kontak langsung dengan ruam-ruam pada penderita.

Gejala

Tidak hanya penyebabnya tapi perbedaan cacar air dan cacar monyet juga ada pada gejala. Perbedaan utama dari keduanya ternyata ada pada bentuk ruam atau bintil-bintil yang muncul. Jika pada cacar air,  lesi atau bintil hanya akan berbentuk kecil-kecil dan berisikan air.

Sementara cacar monyet memiliki bintil atau lesi dan ruam yang khas, yaitu bentuknya lebih dalam dan besar daripada cacar air. Isi dari bintil-bintil ini tidak hanya berisikan air saja tapi lebih pada nanah. Selain itu, pada penderita cacar monyet juga akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, baik di bagian leher, rahang bawah, dagu, atau selangkangan.

Cara Pencegahan

Dalam mencegahnya, cacar air dan cacar monyet sebenarnya memiliki cara yang sama, yaitu dengan vaksin. Namun, perbedaan cacar air dan cacar monyet ini ada pada jenis vaksinnya karena penyebab virusnya sendiri sudah berbeda. Di Indonesia sudah ada vaksin varicella atau vaksin cacar air yang sudah biasa diberikan pada siapapun.

Sedangkan vaksin cacar monyet sendiri baru digunakan di sejumlah negara saja, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Ada dua jenis vaksin cacar monyet, yaitu vaksin JYNNEOS dan ACAM2000.

Namun, vaksin cacar monyet belum disarankan untuk diberikan secara massal oleh WHO dan baru direkomendasikan pada orang berisiko tinggi, seperti:

  • Orang yang sering berkontak langsung dengan monyet.

  • Orang yang bekerja di fasilitas penderita cacar monyet.

  • Petugas laboratorium yang mengecek sampel para penderita.

Nah, itu dia beberapa perbedaan cacar air dan cacar monyet yang bisa dilihat dari penyebab, gejala, dan cara pencegahannya. Meskipun sudah masuk ke Indonesia, Sobat Sehat tidak perlu takut, ya, karena dengan bekal ini, Sobat Sehat paling tidak bisa melindungi diri dari cacar monyet. Ada beberapa hal yang dapat Sobat Sehat lakukan supaya bisa terhindar dari cacar monyet, yaitu:

  • Selalu menggunakan kondom yang ada di Apotek K-24 ketika melakukan hubungan intim dan tidak bergonta-ganti pasangan.

  • Rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar sistem imun tubuh meningkat. Sobat Sehat juga bisa menambahnya dengan multivitamin atau suplemen yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi.

  • Rutin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir.

  • Kalau bisa, biasakan menggunakan masker kalau keluar dari rumah.

Berbagai produk seperti kondom, multivitamin, suplemen, sabun antiseptik, dan masker ini bisa Sobat Sehat dapatkan di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Demikian ulasan tentang perbedaan cacar air dan cacar monyet, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan setiap hari bersama Apotek K-24!