5 CARA AGAR SPERMA SEHAT SUPAYA PROGRAM KEHAMILAN BERJALAN LANCAR

Memiliki sel sperma yang sehat tentu sangat dibutuhkan kalau Sobat Sehat ingin memiliki keturunan di masa depan. Sebab, tanpa sperma yang sehat, maka Sobat Sehat tidak akan bisa membuahi sel telur. Oleh karena itu, cara agar sperma sehat perlu diketahui untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan pada pasangan. Namun, bagaimana caranya?

Selama ini, permasalahan kesuburan pasti dititikberatkan pada wanita saja. Padahal, kesuburan pihak laki-laki juga memberikan pengaruh besar dalam keberhasilan program kehamilan. Pasalnya, sperma yang tidak subur tidak akan mampu membuahi sel telur walau sudah berhubungan intim dengan rutin sekalipun. Hal inilah yang kadang tidak disadari banyak orang padahal sangat penting.

Cara agar Sperma Sehat dan Subur

Untuk melihat sperma yang Sobat Sehat miliki sehat atau tidak, tentu saja Sobat Sehat perlu melakukan pemeriksaan. Pasalnya, sperma tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, ada beberapa hal yang menentukan sperma yang dimiliki sehat atau tidak, seperti:

  • Jumlah sperma setiap kali ejakulasi.

  • Pergerakan sperma yang cepat atau tidak.

  • Bentuk sperma yang bisa mendukung pergerakan sperma.

Namun, dari itu semua, sperma yang sehat biasanya akan berhubungan erat dengan kondisi tubuh Sobat Sehat sendiri. Oleh karenanya, berikut beberapa cara agar sperma sehat dan subur agar proses kehamilan berjalan lancar menurut Dinas Kesehatan:

Kelola Berat Badan agar Tetap Ideal

Sebuah studi menunjukkan kalau berat badan sangat mempengaruhi volume air mani, mobilitas sperma, dan konsentrasi yang menunjukkan sperma sehat. Oleh karena itu, semakin ideal berat badan Sobat Sehat, maka semakin sehat pula sperma yang dimiliki. Jadi, kalau memiliki berat badan berlebihan segera turunkan, tapi kalau terlalu kurus cepat-cepat menambah berat badan, ya.

Olahraga Rutin

Menurut laman Healthline, dengan selalu aktif bergerak nantinya akan membantu dalam meningkatkan jumlah kualitas sperma seseorang. Sebuah penelitian mengatakan olahraga di luar ruangan seperti bersepeda, jogging, dan lain-lain bisa membantu agar sperma lebih sehat. Namun, tetap sesuaikan bobot olahraga dengan kemampuan Sobat Sehat, ya.

Menjaga Suhu Testis

Cara agar sperma sehat yang selanjutnya adalah dengan menjaga suhu di sekitar organ reproduksi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan celana berbahan katun daripada bahan sintetis untuk aktivitas sehari-hari. Sebab, bahan katun bisa membantu dalam mengontrol aliran udara dan suhu. Selain itu, kebiasaan memakai celana ketat juga bisa menurunkan kesuburan karena suhu yang panas.

Meningkatkan Asupan Lemak Sehat

Berdasarkan laman Medical News Today, lemak tak jenuh bisa mendorong perkembangan membran sperma sehat. Lemak tak jenuh yang dimaksud ini adalah omega-3 dan omega-6. Ada sebuah penelitian yang mengatakan pria yang infertilitas bisa mengalami peningkatan kualitas sperma setelah diberikan suplemen asam lemak omega-3.

Oleh karena itu, cara agar sperma sehat selanjutnya ini bisa dengan minum suplemen lemak omega-3 yang ada di Apotek K-24 terdekat. Banyak jenis omega-3 yang ada, Sobat Sehat bisa memilihnya dengan datang ke Apotek K-24 agar dibantu oleh apoteker setempat. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, ya.

Minum Vitamin Tertentu

Terdapat berbagai jenis vitamin yang bisa membuat sperma lebih sehat dan meningkatkan kesuburan, contohnya vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Tidak hanya itu saja, mineral seperti zinc, asam folat, antioksidan juga mampu dalam memperbaiki pergerakan sperma.

Tak heran kalau cara agar sperma sehat yang selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan atau minuman yang sehat dan bergizi seimbang. Nah, dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Sobat Sehat juga bisa minum vitamin yang tersedia di Apotek K-24 terdekat, contohnya:

  • Blackmores

  • Nutrimax

  • Oligocare

Sobat Sehat bisa mencari berbagai vitamin ini di gerai Apotek K-24 terdekat atau melalui aplikasi K24Klik. Nah, apabila sudah melakukan cara agar sperma sehat di atas tetapi masih belum ada hasil, Sobat Sehat sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!