MINYAK ZAITUN UNTUK PELUMAS SAAT BERHUBUNGAN INTIM, APAKAH AMAN?

Kadang kala menggunakan pelumas saat berhubungan intim sangatlah penting, apalagi kalau pelumas alami sulit keluar. Sayangnya, banyak orang yang justru menggunakan bahan-bahan tertentu sebagai pelumas daripada pelumas yang sudah ada, salah satunya minyak zaitun. Jika demikian, penggunaan minyak zaitun untuk pelumas saat berhubungan intim apakah aman?

Keberadaan pelumas bisa membuat hubungan seksual jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Apalagi jika ada pasangan yang tidak mampu untuk menghasilkan pelumas alami dari bagian vagina. Oleh karena itu, pelumas jadi salah satu jalan keluar agar hubungan intim tidak menyakitkan. Namun, penting untuk memilih pelumas yang tepat, ya, agar tidak terjadi iritasi atau alergi.

Apakah Aman Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pelumas saat Berhubungan?

Ada kabar yang beredar mengatakan kalau minyak zaitun bisa digunakan sebagai pelumas di vagina. Pada dasarnya, minyak zaitun memang membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, manfaat ini didapatkan kalau Sobat Sehat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya pada makanan tertentu.

Berbeda keadaan kalau penggunaan minyak zaitun ini untuk kegiatan seksual. Ternyata menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas kurang disarankan oleh beberapa pakar kesehatan. Sebab, minyak zaitun bisa melarutkan senyawa pada kondom lateks.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi menular seksual yang cukup berbahaya dan kehamilan yang tidak diinginkan. Ada beberapa alasan mengapa minyak zaitun untuk pelumas saat berhubungan seksual tidak disarankan, yaitu:

  • Minyak zaitun dapat merusak bahan lateks pada kondom hingga membuatnya pecah.

  • Berpeluang besar menyebabkan penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan

  • Terjadinya infeksi karena ada bahan lateks yang larut saat berhubungan seksual.

  • Minyak zaitun termasuk minyak yang berat sehingga sulit untuk diserap kulit.

  • Bisa menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan iritasi karena ada bakteri yang terhambat di dalam kulit.

  • Munculnya gatal-gatal dan ruam merah kalau Sobat Sehat memiliki alergi terhadap minyak zaitun.

  • Minyak yang digunakan pada vagina bisa meningkatkan risiko pertumbuhan jamur.

Gunakan Pelumas yang Ada di Apotek

Melihat penjelasan di atas, menggunakan minyak zaitun untuk pelumas saat berhubungan seksual bukannya menambah kenyamanan tapi malah menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jangan menggunakan minyak zaitun untuk berhubungan intim meski bahan ini memiliki manfaat yang banyak, ya.

Daripada minyak zaitun, ada berbagai jenis pelumas di Apotek K-24 yang lebih aman untuk digunakan saat berhubungan intim dengan pasangan. Pelumas ini tentu sudah didesain secara khusus agar aman dan nyaman untuk organ vagina.

Alhasil, hubungan intim pun lebih menyenangkan tanpa risiko yang membahayakan. Berikut beberapa pelumas di Apotek K-24 yang aman digunakan:

  • Vigel Gel

  • Durex Play Top Gel

  • Fiesta Intimate Natural Lubricant

  • Vivo Lube

  • KY Jelly Personal Lubricant

Nah, daripada minyak zaitun untuk pelumas, gunakan beberapa pelumas di atas, ya. Sobat Sehat bisa langsung membelinya dengan datang ke gerai Apotek K-24 terdekat atau memesannya lewat aplikasi K24Klik.

Oh iya, Sobat Sehat juga bisa memilihnya berdasarkan preferensi, ingin yang berbahan air, silikon, atau minyak. Jadi, jangan takut bertanya dengan apoteker yang bertugas agar mendapatkan produk yang cocok untuk berhubungan intim.

Demikian ulasan tentang amankah minyak zaitun untuk pelumas saat berhubungan intim, semoga bermanfaat. Yuk, lakukan hubungan seksual yang lebih sehat bersama Apotek K-24!