CIRI-CIRI MASUK ANGIN PARAH YANG PERLU DIWASPADAI DAN CARA MENGATASINYA

Ciri-ciri masuk angin parah jadi masalah yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, gangguan masuk angin sebenarnya tidak ada di kamus medis tapi sangat dikenal masyarakat sekitar. Meski demikian, masuk angin jadi sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman untuk tubuh Sobat Sehat sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak orang di Indonesia yang menggambarkan masuk angin sebagai gangguan tidak enak badan yang dikarenakan banyak angin masuk ke dalam tubuh. Seperti yang Sobat Sehat tahu, tubuh manusia memang mudah kemasukan angin karena beberapa hal, seperti kehujanan, beraktivitas di luar ruangan, terlalu lama berada di ruangan ber-AC, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Masuk Angin Parah

Meskipun hal tersebut tidak benar sepenuhnya, masuk angin sebenarnya disebabkan oleh sistem imun yang menurun. Nah, kondisi ini membuat tubuh Sobat Sehat mudah terserang penyakit tertentu, apalagi kalau suhu udara cenderung berubah-ubah di mana tubuh harus selalu menyesuaikan diri.

Oleh karena itu, masuk angin yang dikenal masyarakat sebenarnya memiliki gejala yang mirip dengan penyakit flu atau demam yang membuat tubuh jadi tidak nyaman. Nah, berikut beberapa gejala masuk angin yang sering dirasakan masyarakat Indonesia:

Perut Kembung

Sama seperti namanya, masuk angin dianggap sebagai gangguan kebanyakan angin di dalam tubuh. Artinya, ciri-ciri masuk angin parah yang pertama adalah perut kembung. Keadaan ini sebenarnya tidaklah berbahaya tapi perut akan terasa lebih sesak dan penuh. Kalau angin tidak segera dikeluarkan, Sobat Sehat bisa mengalami sakit perut, lho

Tubuh Lemas

Penderita masuk angin juga akan merasakan tubuh yang lemas karena sistem imun yang menurun. Selain itu, energi yang ada lebih digunakan untuk membunuh kuman atau virus yang menjadi penyebab utama masuk angin.

Jadi, tak heran kalau Sobat Sehat yang mengalami masuk angin akan merasa malas melakukan aktivitas apapun. Sebab, tubuh tidak memiliki energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas secara normal.

Perut Mual

Ciri-ciri masuk angin parah yang selanjutnya adalah perut mual dan bisa berakhir dengan muntah. Ketika banyak angin yang tersimpan di dalam perut, maka perut akan terasa tertekan. Hal ini tentu saja menyebabkan rasa mual dan nafsu makan pun menurun.

Pada keadaan yang lebih parah, rasa mual yang dialami bisa berakhir pada muntah-muntah, lho. Namun, Sobat Sehat juga perlu berhati-hati karena gejala yang satu ini juga bisa jadi tanda asam lambung naik atau GERD.

Meriang dan Sakit Kepala

Tubuh menggigil (meriang) dan sakit kepala jadi gejala masuk angin yang sering dialami selanjutnya. Hal ini adalah kondisi yang cukup normal karena tubuh sedang melawan virus yang menyerang. Jadi, tidak perlu panik ketika mengalami perut kembung yang disertai dengan meriang dan sakit kepala.

Cara Mengatasi Ciri-ciri Masuk Angin Parah

Walaupun masuk angin bukan gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan komplikasi lain dan bisa sembuh dengan sendirinya, Sobat Sehat tidak boleh menyepelekannya, ya. Oleh karenanya, ada beberapa cara untuk mengatasi masuk angin agar tubuh bisa nyaman kembali, yaitu:

  • Konsumsi makanan atau minuman yang hangat, seperti sup, teh hangat, air putih hangat, dan lain-lain.

  • Istirahat yang cukup paling tidak 7-8 jam setiap hari.

  • Menggunakan pakaian hangat agar suhu tubuh bisa tetap stabil.

  • Menggunakan minyak angin atau minum obat masuk angin paling ampuh di Apotek K-24. Banyak sekali pilihan obat masuk angin yang ada di Apotek K-24, mulai dari yang berbentuk minyak angin, balsem, hingga sirup. Obat masuk angin ini sudah didesain khusus dapat memberi kehangatan dan membantu dalam mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

Nah, itu dia ciri-ciri masuk angin parah dan cara mengatasinya yang cukup efektif dalam melawan gangguan kesehatan. Kalau sudah merasakan gejala masuk angin di atas, segera beli obat masuk angin di Apotek K-24 agar cepat sembuh, ya. yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!