TERKENA PENYAKIT KULIT EKSIM? INI 5 CARA UNTUK MEREDAKAN GEJALANYA!

Sobat Sehat mungkin pernah mengalami penyakit kulit eksim yang terlihat tidak berbahaya tapi bisa mengganggu kenyamanan. Eksim adalah gangguan kulit di mana penderita akan mengalami ruam-ruam merah, gatal-gatal, pecah-pecah, bersisik, dan akan lecet kalau digaruk. Cukup banyak, ya gejalanya dan terkadang bisa membuat penderitanya frustasi.

Ada beberapa penyebab utama dari eksim, mulai dari mutasi genetik, faktor keturunan, hingga gangguan imunitas. Selain itu, terdapat pula hal-hal yang mendorong terjadinya eksim, seperti perubahan hormon, penggunaan sabun yang keras, bahan pakaian tidak nyaman, infeksi, perubahan cuaca, dan kulit yang terlalu kering.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim

Eksim memang sering terjadi pada anak-anak tapi orang dewasa tetap bisa mengalaminya. Jadi, semua orang bisa berisiko mengalami eksim, khususnya orang-orang yang memiliki alergi atau jarang merawat kulit.

Pada dasarnya, eksim adalah penyakit yang tidak berbahaya tapi tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Namun, Sobat Sehat dapat meredakan gejala dan mencegahnya untuk kambuh dengan berbagai cara, contohnya:

Gunakan Kompres Dingin pada Area Gatal

Mengompres area gatal dengan kompresan dingin bisa mengurangi rasa gatal yang tidak nyaman akibat eksim. Cara mengatasi penyakit kulit eksim yang satu ini cukup mudah. Sobat Sehat tinggal mencari handuk lembut lalu rendam dalam air dingin kemudian tempelkan pada kulit yang terserang eksim.

Ganti Pakaian dengan Bahan yang Nyaman

Bahan pakaian yang digunakan sehari-hari ternyata juga mempengaruhi penyakit eksim. Contohnya saja pakaian dengan bahan wol, mohair, dan serat sintetis bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa menggantinya dengan pakaian berbahan linen, sutra, dan katun. Selain bahan pakaian, Sobat Sehat juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat dan kasar karena bisa menyebabkan gatal serta iritasi.

Cari Sabun Mandi yang Cocok

Pada umumnya, sabun mandi mengandung senyawa kimia untuk menghasilkan aroma dan membantu membersihkan tubuh. Sayangnya, penggunaan sabun dengan bahan yang terlalu keras bisa memperparah penyakit kulit eksim.

Maka dari itu, Sobat Sehat yang menderita eksim tidak disarankan untuk menggunakan sabun antiseptik karena bisa membuat kulit jadi lebih kering. Nah, untuk lebih amannya, Sobat Sehat bisa mencari sabun yang berjenis hypoallergenic, ya.

Rajin Menggunakan Lotion

Rutin menggunakan lotion untuk kulit juga bisa membantu dalam mengatasi dan mencegah eksim. Sebab, dengan lotion nantinya kulit akan terasa lebih lembap. Penggunaan lotion ini biasanya dilakukan sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari.

Namun, dalam penggunaan lotion, Sobat Sehat tetap harus berhati-hati, jangan memilih yang terlalu wangi atau memiliki bahan-bahan yang menyebabkan iritasi. Oh iya, Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan lotion yang cocok.

Minum atau Gunakan Obat Penyakit Kulit Eksim Tertentu

Cara mengatasi penyakit eksim yang efektif juga bisa dengan menggunakan obat eksim paling ampuh di apotek. Oh iya, kebanyakan obat eksim ini memerlukan resep dokter karena eksim merupakan masalah kulit yang perlu dikonsultasikan terlebih dahulu. Jadi, dalam penggunaannya Sobat Sehat perlu saran dari dokter agar bisa sembuh dengan cepat.

Berikut beberapa jenis obat eksim paling ampuh di Apotek K-24 yang aman digunakan:

  • Forderm Cream

  • Skizone

  • Desolex Lot 0,05%

  • Elopro Cream

  • Nerilon

  • Desoximetasone

  • Elocon Cream

  • Qv Skin Lot

  • Sebamed Cleansing Bar

  • Dermovate

  • Kloderma Cream

  • Diprosone

  • Clobetasol Propionate

  • Betamethasone

  • Bravoderm Cream

  • Dermacoid Cream

Nah, apabila Sobat Sehat sudah mendapatkan resep dokter, Sobat Sehat bisa langsung membeli obat untuk penyakit kulit eksim di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Selain itu, pembelian obat juga bisa dilakukan secara online, yaitu dengan aplikasi K24Klik yang mana Sobat Sehat bisa mengunggah resep dokter di aplikasi. Nantinya obat bisa diantarkan sampai ke tempat tujuan.

Melihat penjelasan di atas, penyakit kulit eksim cukup serius, ya, dalam mengobatinya. Namun, dengan cara-cara di atas, gejala eksim bisa lebih ringan sehingga Sobat Sehat bisa merasa lebih nyaman. Yuk, selalu jaga kesehatan kulit bersama Apotek K-24!