APAKAH IBU HAMIL BOLEH MINUM KOPI? CEK FAKTANYA!

Kopi ternyata jadi minuman favorit masyarakat Indonesia karena rasa dan aromanya yang nikmat. Namun, yang jadi pertanyaan menarik adalah apakah ibu hamil boleh minum kopi? Mengingat saat proses kehamilan, asupan makanan dan minuman ibu tidak boleh sembarangan karena bisa mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam.

Seperti yang Sobat Sehat lihat di lingkungan sekitar, kini minuman kopi sudah hadir di mana-mana. Berbagai kalangan menyukai minuman tersebut, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, hingga orang yang sedang hamil sekalipun. Jadi, rasanya sayang saja kalau sehari tidak minum kopi karena rasanya yang nikmat dan bisa memberikan dampak yang baik untuk tubuh.

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Sebelum memasuki masa kehamilan, mungkin Sobat Sehat ada yang terbiasa untuk minum kopi di pagi, siang, atau malam hari. Rasanya kalau tidak minum kopi, tubuh tidak akan bersemangat sepanjang hari.

Oleh karena itu, saat sudah masuk masa hamil, ada yang merasa kaget karena asupan makanan dan minuman tidak boleh sembarangan dan perlu diatur sedemikian rupa. Kondisi ini membuat banyak orang bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh minum kopi? Apa masih aman untuk ibu dan janin yang dikandung?

Jawabannya ibu hamil ternyata boleh-boleh saja minum kopi, asal porsinya dibatasi setiap harinya. Pasalnya, minum kopi dalam jumlah banyak bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin. American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh minum kafein lebih dari 200 miligram tiap hari.

Ini mungkin sama dengan satu cangkir kopi dengan berat 8 ons, tergantung jenis kopinya. Namun, hal tersebut kurang disarankan, ya. Sebab, National Institutes of Health menyatakan kalau ibu hamil yang minum kopi bisa memiliki bayi dengan ukuran yang lebih kecil daripada ibu yang sama sekali tidak minum kopi.

Selain itu, ada beberapa dampak yang kurang baik kalau ibu minum kopi di masa kehamilan, contohnya:

  • Asam lambung naik (GERD)

  • Kelahiran prematur pada bayi

  • Anemia

  • Keguguran

Mengelola Keinginan Minum Kopi

Melihat penjelasan di atas, sudah jelas jawaban dari apakah ibu hamil boleh minum kopi. Jadi, walau Sobat Sehat sudah terbiasa untuk minum kopi, Sobat Sehat perlu membatasi keinginan tersebut saat sudah hamil.

Hal tersebut bisa dimulai dengan mengurangi asupan kopi setiap hari dengan pelan-pelan. Jangan berhenti minum kopi secara langsung, ya, karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan, uring-uringan, dan lain sebagainya.

Nah, kalau misal masih memerlukan bantuan lagi, Sobat Sehat bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan, ya. Ini agar proses kehamilan Sobat Sehat berjalan lebih lancar dengan janin yang sehat.

Minum Vitamin daripada Minum Kopi

Kalau apakah ibu hamil boleh minum kopi ini kurang disarankan, maka Sobat Sehat bisa menggantinya dengan vitamin yang aman untuk mendukung masa kehamilan. Selain lebih sehat, minum vitamin untuk ibu hamil ini bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Sobat Sehat semua.

Namun, sebelum minum vitamin yang diperlukan, Sobat Sehat disarankan untuk konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu, ya. Setelah mendapatkan lampu hijau, Sobat Sehat bisa langsung ke gerai Apotek K-24 terdekat untuk mendapatkan vitamin yang diperlukan.

Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan standar Kemenkes RI dan BPOM. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu khawatir dengan kesehatan janin kalau menggunakan vitamin di Apotek K-24. Demikian ulasan tentang apakah ibu hamil boleh minum kopi, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!