ALAT CEK KOLESTEROL YANG PERLU DIMILIKI DI RUMAH, APA SAJA?

Baru-baru ini ada orang yang terkejut karena memiliki kadar kolesterol di atas 250 meski usianya 20-an. Keadaan seperti ini membuat orang-orang khawatir karena kolesterol yang tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, memiliki alat cek kolesterol sendiri sepertinya sangat penting di kehidupan yang semakin modern ini untuk memonitor kondisi tubuh yang sebenarnya.

Kolesterol yang tinggi memang tidak memberikan gejala yang berarti. Padahal, banyak penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol, seperti stroke dan penyakit jantung. Tak heran kalau kolesterol tinggi termasuk dalam the silent killer karena datangnya tiba-tiba dan kalau sudah parah. Inilah yang membuat cek kesehatan disarankan untuk dilakukan secara rutin.

Pentingnya Cek Kolesterol

Pada dasarnya, kolesterol yang bisa diperiksa menggunakan alat cek kolesterol memiliki peran penting untuk kesehatan manusia. Sebab, kolesterol memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon, melindungi sel, membantu produksi empedu, membantu menghasilkan vitamin D, dan lain sebagainya.

Selain itu, kolesterol juga bisa diproduksi secara alami oleh organ hati. Namun, kolesterol juga bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, seperti daging, susu, dan lain-lain. Sayangnya, keberadaan kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Sebab, kolesterol yang menumpuk dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini kalau dibiarkan bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, pemeriksaan menggunakan alat cek kolesterol sangatlah penting karena bisa:

  • Memantau risiko penumpukan plak di dalam pembuluh darah.

  • Mengukur jumlah kolesterol secara rutin.

  • Kontrol diri agar bisa hidup lebih sehat.

  • Mengantisipasi kolesterol tinggi sehingga bisa mengambil langkah untuk menurunkannya sejak dini.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya.

Oh iya, melakukan cek kolesterol ini tidak hanya ditujukan pada orang-orang berisiko saja, ya. Artinya, meski Sobat Sehat merasa dalam keadaan sehat, tetap saja disarankan untuk rutin cek kolesterol. Namun, kira-kira bagaimana caranya?

Alat Cek Kolesterol di Apotek

Dalam melakukan cek kolesterol yang simpel sebenarnya bisa dilakukan dengan mandiri, dengan catatan Sobat Sehat mempunyai alat cek kolesterol yang lengkap. dalam mengukur kolesterol ini, Sobat Sehat perlu memiliki beberapa alat, mulai dari alat ukur kolesterol, lancet (jarum), strip, dan alkohol swab.

Semua alat tersebut bisa Sobat Sehat beli di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Berikut beberapa rekomendasi rangkaian alat cek kolesterol yang ada di Apotek K-24:

  • GCHb Metered Easy Touch

  • Autocheck Alat Cek Gula Darah Kolesterol

  • Autocheck Strip Kolesterol

  • Nesco Cholesterol Strip

  • Easy Touch Cholesterol Strip

  • Easy Touch Lancet

  • General Care Lancet

  • One Med Alcohol Swab

Semua alat di atas bisa dibeli di gerai Apotek K-24 terdekat secara langsung atau Sobat Sehat pesan melalui aplikasi K24Klik, ya.

Cara Cek Kolesterol Lainnya

Selain dengan alat cek kolesterol, sebenarnya ada cara lainnya untuk melakukan cek kolesterol yang mudah. Berikut cara cek kolesterol yang bisa Sobat Sehat coba untuk membantu dalam memantau keadaan tubuh:

  • Datang ke Apotek K-24 terdekat karena di Apotek K-24 ada pelayanan cek kesehatan, salah satunya cek kolesterol. Ketika Sobat Sehat datang ke Apotek K-24 nantinya akan dibantu oleh apoteker untuk melakukan cek kesehatan.

  • Pergi ke laboratorium atau rumah sakit yang menyediakan layanan cek kolesterol.

 Nah, itu dia ulasan singkat mengenai alat cek kolesterol yang cukup penting untuk dimiliki di rumah karena berkaitan erat dengan kondisi kesehatan di masa depan. Jangan sampai terkena penyakit berbahaya dahulu sebelum melakukan cek kolesterol, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!