PUNYA BINTITAN DI DALAM KELOPAK MATA? INI 5 CARA MENGATASINYA YANG AMPUH

Mengalami bintitan di dalam kelopak mata tentu akan sangat mengganggu kenyamanan indra penglihatan. Tidak hanya terasa ada yang mengganjal, kelopak mata juga akan terasa menyakitkan dan gatal saat Sobat Sehat berkedip. Oleh karena itu, kalau sudah mengalaminya, Sobat Sehat perlu cepat-cepat melakukan cara menghilangkan mata bintitan agar bisa melihat dengan nyaman.

Mata bintitan bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Maka dari itu, Sobat Sehat perlu berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan organ mata kalau tidak ingin mengalaminya. Sebab, mata bintitan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan sumbatan kelenjar minyak kelopak mata.

Cara Menghilangkan Bintitan di Dalam Kelopak Mata

Mata bintitan sangat mudah dikenali karena bentuknya mirip jerawat yang bisa muncul di atas atau dalam kelopak mata. Selain bintil kecil, bintitan juga ditandai dengan kelopak mata yang membengkak, nyeri, mata berair, dan kadang bisa bernanah.

Nah, kalau sudah merasakan hal tersebut tentu Sobat Sehat perlu segera mengobatinya agar tidak semakin parah. Berikut beberapa cara menghilangkan mata bintitan yang bisa dilakukan Sobat Sehat:

Kompres Kelopak Mata dengan Air Hangat

Mengompres area bintitan di dalam kelopak mata dari luar bisa jadi cara menghilangkan mata bintitan yang ampuh. Kompres yang bersifat hangat dapat membantu dalam mengeluarkan nanah yang ada di dalam bintil. Caranya sangat mudah, Sobat Sehat bisa menggunakan handuk halus yang sudah dicelupkan pada air hangat. Kemudian taruh handuk pada kelopak mata selama 10-15 menit.

Kompres Kelopak Mata dengan Kantong Teh

Sobat Sehat juga bisa mengganti kompres hangat tadi dengan kantong teh yang sudah dicelupkan pada air hangat. Teh dipercaya memiliki sifat antiradang yang dapat membantu dalam mengatasi nyeri dan bengkak pada mata bintitan. Cara ini masih sama dengan mengompres mata dengan handuk hangat sebelumnya.

Pijat Kelopak Mata dengan Lembut

Cara menghilangkan bintitan di dalam kelopak mata yang selanjutnya adalah bisa dengan memijat-mijat kelopak mata dengan lembut. Ini bertujuan untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam bintil sehingga pembengkakan akan mengempis secara perlahan. Oh iya, untuk memijatnya lakukan dengan perlahan dan dengan jari-jari yang sudah bersih agar gangguan tidak semakin parah.

Bersihkan Kelopak Mata

Membersihkan kelopak mata dengan air saline (garam) merupakan cara menghilangkan mata bintitan yang cukup efektif. Sebab, sisa-sisa debu, sel kulit mati, dan polusi bisa hilang sehingga sumbatan pada kelenjar minyak di kelopak mata akan terbuka. Cara membersihkan kelopak mata ini bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi air saline.

Gunakan Obat Mata Bintitan yang Ampuh di Apotek

Mengatasi bintitan di dalam kelopak mata yang efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan obat mata bintitan yang ampuh di Apotek K-24. Meski mata bintitan bisa sembuh dengan sendirinya tapi Sobat Sehat perlu memeriksakan diri ke dokter agar tidak semakin parah dan menyebar.

Setelah berkonsultasi dengan dokter biasanya Sobat Sehat akan diberikan resep dokter mengenai obat-obat yang diperlukan. Berikut beberapa obat mata bintitan yang ada di Apotek K-24:

  • C Fenicol Eye Oint

  • Cendo Xitrol Tetes Mata

  • Biovision Kapsul

  • Erlamycetin Eye Point

  • Panadol

  • Cendo Xitrol Eye Oint

  • Rohto Eye Flush

  • Erymed

  • Paracetamol

  • Farsifen

  • C Mycos Eye Oint

Oh iya, beberapa obat untuk bintitan di dalam kelopak mata di atas bisa dibeli langsung di gerai Apotek K-24 terdekat atau aplikasi K24Klik. Namun, sebelum membelinya Sobat Sehat memerlukan resep dokter karena sebagian besar masuk dalam obat keras.

Jadi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker yang bertugas, ya, agar tidak terjadi efek yang tidak diinginkan. Yuk, selalu jaga kesehatan mata bersama Apotek K-24!