SEMBELIT DISEBABKAN OLEH GAYA HIDUP TIDAK SEHAT, APA BENAR?

Sembelit mungkin jadi masalah yang sering dialami banyak orang, entah dari anak-anak hingga orang tua sekalipun. Ini karena sembelit disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari yang tentu saja berhubungan erat dengan kesehatan Sobat Sehat semua. Meski tidak berbahaya, sembelit bisa menimbulkan ketidaknyamanan, lho, apalagi di area sekitar perut.

Buang air besar (BAB) merupakan aktivitas yang harus dijalani semua manusia karena jadi proses pembuangan sampah atau racun dari tubuh. Setiap hari tubuh Sobat Sehat pasti akan melakukan proses pencernaan atau metabolisme untuk menghasilkan energi. Nah, selain menghasilkan energi, mekanisme ini juga akan mendatangkan sampah berupa tinja.

Sembelit Disebabkan Oleh Apa?

Sobat Sehat mungkin pernah mengalami sembelit atau sulit BAB. Seseorang dikatakan mengalami sembelit kalau frekuensi BABnya lebih sedikit daripada biasanya. Sobat Sehat perlu ingat kalau Frekuensi BAB setiap orang sendiri bisa berbeda-beda, ya.

Namun, pada penderita sembelit, frekuensi BAB biasanya kurang dari 3 kali dalam seminggu yang mana tinja menjadi lebih kering dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Tak heran kalau penderita sembelit akan merasakan sakit saat mengeluarkan tinja karena kondisi yang terlalu kering.

Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, seperti:

Kurang Minum Air

Pertama, gangguan sembelit disebabkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh. Hidrasi tubuh dengan minum air putih memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Minum air putih sangat penting untuk mencegah sembelit, lho.

Sebab, dengan minum air putih yang cukup, tekstur tinja akan lebih lunak dan memudahkan untuk keluar dari tubuh manusia. Sebaliknya, kekurangan air putih bisa membuat tinja jadi lebih keras dan sulit keluar. Jadi, perhatikan asupan air putih setiap hari, ya.

Asupan Serat Pangan Kurang

Selain air putih, penyebab sembelit yang selanjutnya juga bisa karena kurangnya asupan serat setiap hari. Serat pada sayur dan buah memiliki peran penting dalam melancarkan gerakan usus juga meningkatkan volume tinja.

Tidak hanya itu saja, serat yang masuk bisa membantu dalam menangkap air di usus sehingga tinja tidak akan kering. Oleh karena itu, ketika Sobat Sehat mengalami sembelit mungkin saja dikarenakan belum makan buah atau sayur.

Kurang Beraktivitas Fisik

Selanjutnya, sembelit disebabkan oleh Sobat Sehat yang malas bergerak (mager) alias jarang beraktivitas setiap hari. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, aktivitas fisik secara rutin juga bisa merangsang gerakan usus, lho. Nah, kalau Sobat Sehat lebih sering duduk atau tiduran, tidak aneh kalau tiba-tiba mengalami sulit buang air besar (sembelit).

Sedang Stres

Tidak hanya faktor fisik saja, ternyata sembelit bisa disebabkan oleh masalah psikologi seperti stres dan cemas. Kenapa bisa demikian? Ini karena saat Sobat Sehat stres atau cemas, maka tubuh akan meresponnya dengan memperlambat gerakan usus. Akibatnya adalah tekstur tinja jadi keras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Cara Mengatasi Sembelit

Melihat penjelasan di atas, semua penyebab sembelit ini disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, seperti kurang minum, jarang beraktivitas, menu makan kurang sehat, dan lain-lain. Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa mengatasi sembelit dengan cara-cara berikut ini:

  • Minum air putih setidaknya 1,5 – 2 liter setiap hari agar tubuh terhidrasi dan pencernaan pun sehat.

  • Pastikan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari agar asupan serat terpenuhi setiap hari.

  • Olahraga dengan rutin paling tidak selama 150 menit dalam sepekan atau 20 – 30 menit setiap hari.

  • Kelola stres yang baik dengan melakukan hobi, teknik relaksasi, meditasi, konseling, dan lain sebagainya.

  • Minum obat sembelit yang ampuh dan ada di Apotek K-24. Umumnya, obat untuk sembelit ini bisa dibeli secara bebas, baik yang obat bebas, obat herbal, atau jamu. Sobat Sehat bisa membeli obat ini dengan datang langsung ke gerai Apotek K-24 terdekat atau melalui aplikasi K24Klik.

Itu dia penjelasan singkat mengenai penyebab sembelit yang bisa disebabkan oleh banyak hal dan erat hubungannya dengan kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan sepelekan kegiatan sehar-hari, ya, karena bisa mempengaruhi kesehatan Sobat Sehat semua. Yuk, selalu jaga kesehatan sehari-hari bersama Apotek K-24!