SUNSCREEN YANG BAGUS, BAGAIMANA MEMILIH DAN APA SAJA REKOMENDASINYA?

Sobat Sehat pasti merasakan kalau beberapa hari ini paparan sinar matahari terasa menyengat dan panas di kulit. Kondisi ini tentu membuat Sobat Sehat semua membutuhkan sunscreen yang bagus untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak lapisan kulit. Namun, bagaimana sih cara memilih tabir surya yang baik untuk kesehatan kulit Sobat Sehat?

Banyak sekali kegunaan sunscreen untuk kehidupan sehari-hari, seperti melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah kulit terbakar, mencegah penuaan dini, mencegah hiperpigmentasi, hingga meningkatkan kesehatan kulit. Tak heran kalau untuk melawan cuaca yang panas dan menyengat ini, Sobat Sehat membutuhkan sunscreen yang cocok agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Memilih Sunscreen yang Bagus untuk Melawan Cuaca Panas

Sayangnya, dalam menggunakan sunscreen ini Sobat Sehat tidak boleh sembarangan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu Sobat Sehat perhatikan agar sunscreen yang dipilih cocok dan bisa menjalankan fungsinya secara optimal, contohnya:

Cermati Kandungan

Seperti yang Sobat Sehat tahu, ada dua paparan sinar matahari yang perlu dihindari, yaitu UVA dan UVB. Ini karena keduanya bisa menyebabkan kanker kulit kalau terpapar terlalu lama. Oleh karena itu, dalam memilih sunscreen Sobat Sehat perlu melihat kandungannya yang bisa memblokir sinar UVA dan UVB.

Menurut beberapa laman kesehatan, sunscreen yang bagus biasanya memiliki kandungan seperti ecamsule, avobenzone, benzophenone, dan titanium dioksida. Beberapa bahan ini mampu untuk melawan UVA dan UVB yang cukup berbahaya untuk kulit.

Kandungan SPF

Selain kandungannya, Sobat Sehat juga harus memperhatikan kandungan SPF (sun protection factor) dalam sunscreen. SPF ini menunjukkan level perlindungan sunscreen terhadap UVB. Semakin tinggi SPF, maka semakin tinggi pula UVB yang diblokir.

Oleh karena itu, dalam menentukan level SPF yang dibutuhkan, Sobat Sehat perlu melihat aktivitas sehari-hari. Kalau Sobat Sehat banyak beraktivitas di luar ruangan, maka sebaiknya pilih sunscreen dengan SPF yang tinggi.  Sebaliknya, kalau Sobat Sehat lebih banyak berkegiatan di dalam ruangan, maka level SPF yang dibutuhkan cukup yang menengah saja.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Sunscreen yang bagus juga perlu menyesuaikan jenis kulit yang Sobat Sehat miliki. Ketika Sobat Sehat memiliki kulit berminyak, maka sebaiknya pilih sunscreen yang ringan dan cepat kering. Sedangkan sunscreen untuk kulit kering biasanya perlu mengandung pelembap.

Menentukan jenis kulit sebelum memilih sunscreen memang penting agar pemakaian lebih cocok dan aman untuk kesehatan kulit. Sebab, produk yang tidak sesuai dengan kondisi kulit bisa saja menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti bruntusan, jerawat, iritasi, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Sunscreen yang Bagus di Apotek

Bagi Sobat Sehat yang banyak beraktivitas di luar ruangan memakai sunscreen agaknya jadi sebuah kewajiban. Apalagi di cuaca yang cukup panas ini, di mana matahari tepat berada di wilayah Indonesia. Nah, berikut terdapat beberapa sunscreen di Apotek K-24 yang aman dan bagus digunakan:

  • Acanthe Sunscreen

  • Banana Boat Sport Sunscreen

  • Parasol Sunscreen Gel

  • Azarine Hydra Soothe Sunscreen Gel

  • Somethinc Glowing Up Sunscreen

  • Heliatech Sunscreen

  • Parasol Sunscreen White

Beberapa sunscreen yang bagus dan aman di atas dapat dibeli langsung di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Selain itu, bisa juga melalui aplikasi K24Klik agar tidak repot-repot keluar dan melawan sinar matahari yang sangat menyengat.

Jadi, jangan malu-malu untuk datang ke Apotek K-24 terdekat, ya, karena nantinya ada apoteker yang akan membantu Sobat Sehat dalam memilihkan produk yang cocok. Yuk, jaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari bersama Apotek K-24 dengan sunscreen yang bagus!