KENAPA KAKI SERING KESEMUTAN? KOLESTEROL TINGGI BISA JADI PENYEBABNYA!

Sobat Sehat pernah tidak tiba-tiba merasakan mati rasa atau kesemutan di kaki yang membuat sulit untuk digerakan? Meski rasa kesemutan pada kaki bisa hilang dalam waktu tertentu tapi Sobat Sehat perlu berhati-hati kalau sering terjadi. Sebab, ini bisa menjadi suatu tanda dari penyakit tertentu. Jika demikian, kenapa kaki sering kesemutan yang perlu diwaspadai?

Hampir semua Sobat Sehat mungkin pernah mengalami kaki kesemutan. Gangguan ini biasanya berupa sensasi kebas atau mati rasa yang bisa disebabkan karena beberapa hal. Umumnya, Sobat Sehat bisa mengalami kesemutan ketika terlalu lama dalam posisi duduk bersila atau berlutut. Posisi tersebut membuat saraf terbebani dan aliran darah pun menjadi tidak lancar.

Kenapa Kaki Sering Kesemutan?

Pada kondisi normal, kesemutan bisa hilang dengan sendirinya ketika aliran darah sudah kembali normal. Sayangnya, ada beberapa penderita yang justru mengalami kesemutan dalam jangka waktu panjang.

Kondisi yang seperti itu perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu. Lantas, apa saja gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kaki kesemutan dan perlu penanganan yang cepat? Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Kekurangan atau Kelebihan Asupan Vitamin

Saraf manusia dapat berfungsi dengan sempurna ketika mendapatkan asupan beberapa jenis vitamin, seperti vitamin E dan vitamin B kompleks. Nah, kekurangan atau kelebihan kedua vitamin tersebut bisa jadi alasan di balik kenapa kaki sering kesemutan.

Sebab, saat saraf tidak mendapatkan asupan vitamin dengan jumlah yang tepat, maka saraf tidak bisa bekerja dengan sempurna. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari ini tidak boleh kurang atau berlebihan, ya.

Diabetes

Kaki kesemutan juga sering dialami oleh penderita diabetes karena komplikasi dari penyakit tersebut. Menurut sebuah penelitian, ada 3 dari 10 orang yang mengalami gangguan saraf juga memiliki riwayat diabetes.

Gangguan kesemutan pada diabetes biasanya juga disebut dengan neuropati diabetik, yang biasanya terjadi di bagian telapak kaki atau jari-jari kaki. Tak heran kalau penderita diabetes benar-benar perlu mengontrol kadar gula darahnya agar tidak terjadi komplikasi saraf yang lebih berbahaya.

Penyakit Sistemik

Kenapa kaki sering kesemutan? Penyakit sistemik jadi jawaban selanjutnya, sebuah penyakit yang dapat menyebabkan keluhan kesehatan di seluruh sistem organ tubuh. Ada beberapa jenis penyakit sistemik yang mendorong kesemutan, seperti hipotiroid, tumor yang menekan saraf, gangguan ginjal, gangguan hati, dan kelainan darah.

Keracunan

Kaki kesemutan juga bisa jadi tanda kalau Sobat Sehat sedang mengalami keracunan. Ketika Sobat Sehat mengalami keracunan pasti karena ada paparan bahan kimia atau zat tertentu yang tidak cocok dengan kondisi tubuh. Keracunan ini bisa diakibatkan karena beberapa hal, seperti makanan, minuman, paparan udara, dan lain sebagainya.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi alasan kenapa kaki sering kesemutan selanjutnya. Mengapa bisa demikian? Kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri. Akibatnya tentu saja membuat aliran darah ke bagian-bagian tubuh berkurang, salah satunya kaki.

Tidak hanya kesemutan saja, tapi kolesterol yang tinggi juga dapat memicu kaki kram di waktu tertentu. Kondisi yang seperti ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Eits, Sobat Sehat tidak perlu khawatir karena kolesterol yang tinggi bisa dicegah sebelum menjadi parah.

Salah satu caranya bisa dengan diet sehat dan rutin melakukan cek kolesterol. Melalui cek kolesterol secara berkala bisa membantu Sobat Sehat dalam memantau kondisi tubuh yang sebenarnya. Jadi, kalau tiba-tiba kolesterol tinggi, Sobat Sehat bisa cepat-cepat mengambil tindakan sehingga tidak terjadi komplikasi.

Oh iya, dalam praktik cek kolesterol ini Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat, lho. Khusus cek kesehatan pada tanggal 24 akan ada diskon 24% di Apotek K-24. Wah, sudah lebih murah bayarnya, kesehatan pun terjamin. Jangan sampai kelewatan promo-promo menarik dari Apotek K-24, ya!

Demikian ulasan tentang kenapa kaki sering kesemutan, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!