5 PENYEBAB TEKANAN DARAH RENDAH YANG PERLU DIHINDARI

Masalah tensi darah ternyata tidak hanya hipertensi saja tapi bisa juga hipotensi alias tekanan darah yang rendah. Tensi darah rendah memang tidak menyebabkan penyakit berbahaya seperti hipertensi. Namun, keadaan ini tetap bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menghasilkan gejala tertentu. Lalu sebenarnya apa penyebab tekanan darah rendah yang perlu diwaspadai?

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah rendah kalau memiliki tensi di bawah 90/60 mmHg. Angka tersebut tentu saja hasil dari penghitungan menggunakan alat tensimeter, yang mana dapat dilakukan sendiri atau dengan pergi ke Apotek K-24 terdekat. Apotek K-24 menyediakan pelayanan cek kesehatan, seperti cek tensi, cek gula darah, cek kolesterol, dan cek asam urat. Oh iya, akan ada diskon 24% untuk berbagai cek kesehatan tersebut kalau datang saat tanggal 24 besok, lho.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Ketika tensi darah terbilang rendah, maka otak akan kekurangan pasokan darah. Akibatnya, otak tidak akan bisa berfungsi dengan optimal karena tidak ada oksigen dan nutrisi yang mencukupi. Alhasil, penderita biasanya akan mengalami sakit kepala, pusing, hingga pingsan atau tak sadarkan diri.

Nah, untuk mencegah keadaan tersebut, Sobat Sehat perlu mengenali apa saja penyebab dari hipotensi (tensi darah rendah), di antaranya:

Dehidrasi

Anjuran untuk minum air putih paling tidak 1,5 – 2 liter sebenarnya bukan untuk menakut-nakuti saja. Sebab, ketika tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), maka volume darah yang beredar akan berkurang sehingga tensi darah juga akan menurun. Oleh karena itu, jangan sampai lupa minum air putih setiap hari, ya, agar jantung bisa bekerja dengan sempurna.

Perubahan Cuaca yang Ekstrem

Penyebab tekanan darah rendah yang selanjutnya juga bisa berasal dari luar tubuh, contohnya pergantian cuaca yang eksrem. Ini karena cuaca bisa mempengaruhi kerja jantung. Misalnya, ketika cuaca dingin, detak jantung akan menurun.

Sementara saat cuaca panas, tubuh Sobat Sehat akan berkeringat dan bisa mengurangi jumlah cairan dari dalam tubuh. Kedua keadaan di atas sama-sama dapat menyebabkan tensi darah rendah sehingga Sobat Sehat perlu berhati-hati dan beradaptasi.

Diabetes

Penyakit seperti diabetes kadang kala juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Sebab, penderita diabetes biasanya akan sering mengalami buang air kecil yang mana membuat jumlah cairan tubuh berkurang. Selain itu, diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf yang mengatur tekanan darah.

Masa Kehamilan

Proses kehamilan juga menjadi salah satu penyebab tensi darah rendah yang umum terjadi. Kondisi ini terbilang normal karena pembuluh darah ibu hamil akan melebar untuk memenuhi pasokan darah yang membawa nutrisi pada janin.

Nah, kebutuhan pasokan darah yang harus dibagi dengan janin ini kadang kala menyebabkan tekanan darah menurun. Namun, tenang saja, tensi yang rendah ini biasanya akan terjadi pada 6 bulan pertama masa kehamilan.

Kekurangan Nutrisi Tertentu

Tidak hanya kekurangan cairan tapi kekurangan nutrisi tertentu juga jadi penyebab tekanan darah rendah selanjutnya. Contohnya saja saat Sobat Sehat kurang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Nutrisi-nutrisi tersebut berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Oleh karenanya, kalau tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, maka Sobat Sehat akan mengalami kurang darah (anemia) yang menjadi penyebab utama rendahnya tensi.

Nah, jika Sobat Sehat mengalami hal tersebut, maka cepat-cepat minum obat penambah darah yang ada di Apotek K-24, ya. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa mencegah darah rendah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin B12, asam folat, dan zat besi dengan multivitamin atau suplemen yang aman di Apotek K-24.

Itu dia berbagai penyebab tekanan darah rendah yang perlu diwaspadai. Meski tidak terbilang berbahaya tapi jangan sampai tensi darah benar-benar rendah, ya. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!