REBUSAN DAUN APA UNTUK MENURUNKAN GULA DARAH? CEK JAWABANNYA!

Permasalahan gula darah yang tinggi memang sangat mengganggu, bahkan kadang membuat penderita putus asa. Tak heran kalau banyak orang sampai mencari-cari rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah yang efektif dan ampuh. Sebab, gula darah tinggi yang tidak segera ditangani bisa membahayakan kesehatan, baik sekarang atau di masa depan.

Menurut Verywell Health, batas maksimal gula darah adalah 160 hingga 240 mg/dL. Namun, gula darah dikatakan tinggi kalau sudah melebihi 130 mg/dL sebelum makan atau lebih dari 180 mg/dL 1-2 jam setelah makan. Nah, untuk mendapatkan angka-angka tersebut, Sobat Sehat tentu harus melakukan cek gula darah terlebih dahulu, ya.

Rebusan Daun Apa untuk Menurunkan Gula Darah?

Cek gula darah sendiri bisa dilakukan di gerai Apotek K-24 terdekat, lho. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit atau laboratorium. Oh iya, setiap tanggal 24 sendiri pasti ada Promo CERAH, yang berupa diskon 24% untuk cek kesehatan di Apotek K-24, salah satunya cek gula darah ini.

Nah, kalau setelah melakukan cek gula darah di Apotek K-24 ternyata hasilnya ada pada angka yang tinggi, jangan panik dulu. Sebab, Sobat Sehat bisa memperbaiki gaya hidup agar kembali normal. Namun, ada juga bahan-bahan alami yang dapat membantu menurunkan gula darah. Kira-kira rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah? ini penjelasannya:

Daun Sirsak

Bukan rahasia umum lagi kalau pohon sirsak, mulai dari buah hingga daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk meredakan gejala penyakit. Daun sirsak yang direbus ternyata dapat membantu Sobat Sehat untuk menurunkan kadar gula darah, lho. Ini karena daun sirsak mengandung tannin dan flavonoid yang bekerja sebagai penurun glukosa secara alami.

Daun Kelor

Kelor, tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia ini juga memiliki banyak manfaat, bahkan memiliki julukan The Miracle Tree. Tak heran kalau daun kelor menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah.

Ada sebuah penelitian tentang ekstrak daun kelor yang mengatakan kalau daun kelor bisa bekerja secara efektif sebagai obat anti diabetes. Alasannya karena daun kelor mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan, seperti flavonoid, steroid, tannin, alkaloid, dan fenolik.

Daun Kemangi

Rebusan daun yang dapat membantu dalam menurunkan gula darah selanjutnya  adalah daun kemangi. Menurut The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements, daun kemangi berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin. Jadi, kalau Sobat Sehat rutin minum air rebusan daun kemangi, maka kadar gula darah bisa menurun dengan cepat.

Daun Salam

Rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah yang selanjutnya? Daun salam menjadi jawaban selanjutnya. Umumnya, daun salam digunakan untuk memberikan aroma yang sedap pada makanan. Namun, siapa sangka kalau rebusan daun salam bisa membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Daun Jambu Biji

Minum rebusan daun biji juga bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, lho. Ini karena daun biji bisa bekerja dalam menghambat enzim alpha-glucosidase. Nah, ketika enzim tersebut terhambat, maka glukosa dalam tubuh juga akan berkurang. Oleh karena itu, racikan daun daun biji biasanya terkenal sebagai alternatif untuk mencegah diabetes.

Itu dia beberapa daun alami yang menjadi jawaban dari rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah dan dapat dimanfaatkan karena ada di Indonesia. Sayangnya, beberapa racikan di atas tetap membutuhkan penelitian lagi dan belum tentu bisa menurunkan gula darah dengan cepat.

Apabila tidak efektif, Sobat Sehat bisa langsung konsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran dan mungkin resep obat diabetes yang terbukti ampuh. Kalau sudah mendapatkan resep obat, Sobat Sehat dapat membelinya di gerai Apotek K-24 terdekat, ya.

Apotek K-24 selalu menyediakan berbagai jenis obat yang komplet. Demikian ulasan tentang rebusan daun apa untuk menurunkan gula darah, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!