4 SAYURAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN PENDERITA ASAM URAT

Sama dengan gula darah dan kolesterol, asam urat dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa berbahaya karena dapat menyebabkan nyeri sendi. Kondisi ini dapat disebabkan karena beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari, salah satunya sayuran. Jika demikian, apakah ada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat dan sebaiknya dihindari?

Asam urat yang normal sebenarnya berbeda-beda, tergantung jenis kelamin seseorang. Contohnya saja pada pria dewasa asam urat normal ada pada angka 3,4 – 7 mg/dL. Sementara asam urat normal pada perempuan dewasa berkisar 2,4 – 6 mg/dL. Tentu saja untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh ini Sobat Sehat perlu melakukan cek asam urat secara rutin.

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Nah, salah satu fasilitas yang menyediakan pelayanan cek asam urat adalah Apotek K-24 terdekat. Oh iya, kalau Sobat Sehat datang pada tanggal 24, nanti akan mendapatkan diskon 24% untuk cek kesehatan dari Apotek K-24 karena sedang ada Promo CERAH.

Jadi, kalau ingin memantau keadaan tubuh, Sobat Sehat dapat memulai dengan rutin melakukan cek kesehatan, khususnya cek asam urat ini di Apotek K-24. Hal ini untuk mencegah kondisi yang lebih serius ketika asam urat sudah terlalu tinggi.

Jikalau Sobat Sehat terlanjur memiliki asam urat yang terlalu tinggi, maka cepat-cepat memperbaiki menu makan sehari-hari, ya. Salah satunya dengan mengurangi porsi dari beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, seperti:

Bayam

Pada kondisi normal, bayam memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan, mulai dari vitamin, mineral, flavonoid, serat, dan lain sebagainya. Sayangnya, bayam ternyata jadi salah satu pantangan bagi penderita asam urat. Sebab, dalam 100 gram bayam bisa mengandung 57 gram purin. Seperti yang Sobat Sehat tahu, kandungan purin pada makanan bisa meningkatkan asam urat.

Asparagus

Sayur asparagus menjadi daftar selanjutnya pada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Asparagus memang mengandung folat dan kalium yang cukup tinggi tapi begitu pula dengan kandungan purin di dalamnya. Setiap 100 gram asparagus akan mengandung purin sebanyak 23 gram.

Kembang Kol

Siapa yang suka mengonsumsi sayuran kembang kol? Meski menyehatkan tapi dalam mengonsumsinya jangan sampai berlebihan, ya. Sebab, kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang jadi pantangan penderita asam urat karena kandungan purinnya.

Sobat Sehat tahu tidak kalau kandungan purin kembang kol bisa mencapai 51 gram dalam 100 gramnya, lho. Jadi, berhati-hati lagi kalau ingin mengonsumsinya dalam jumlah banyak, ya.

Brokoli

Sayur yang memiliki bentuk hampir sama dengan kembang kol alias brokoli juga jadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Sobat Sehat bukan tidak boleh untuk mengonsumsi brokoli tapi hanya perlu membatasi banyak sedikitnya porsi. Sebab, kalau terlalu banyak, maka purin yang terlalu tinggi bisa meningkatkan asam urat secara signifikan.

Itu dia beberapa sayuran yang perlu diwaspadai ketika memiliki asam urat tinggi. Sobat Sehat perlu ingat kalau berbagai sayuran di atas bukan tidak boleh dikonsumsi, tapi dikurangi porsi makannya. Oh iya, apabila asam urat tak kunjung turun, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Dengan berkonsultasi ini mungkin Sobat Sehat bisa menerima resep obat asam urat yang kemudian bisa dibeli di Apotek K-24 terdekat. Sebab, obat asam urat umumnya efektif untuk mengurangi kadar asam urat karena sudah didesain secara khusus.

Demikian ulasan tentang sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, semoga bermanfaat. Yuk, selalu jaga kesehatan bersama Apotek K-24!