LUKA LUTUT

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Luka saya di lutut sudah 1 bulan belum sembuh, sy pake Bioplacenton hanya bagian luarnya saja yg kering tapi bagian dalamnya tetap berair. Lukanya agak dalam bekas kecelakaan tidak ada jahitan. Apa obat yang cocok untuk cepat kering?

Jawaban tentang "Luka lutut"

Salam sehat Bp. Husin,


Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Perawatan luka yang baik harus diperhatikan untuk mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan luka. Jagalah selalu kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, dengan cara : bersihkan nanah atau cairan yang muncul pada luka agar tidak menghambat proses regenerasi sel-sel kulit, dan rajinlah mengganti perban penutup luka sesuai anjuran dokter atau perawat.

 

Di samping itu, batasi diri untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, dan jangan lupa perhatikan asupan nutrisi yang seimbang dengan mencukupi kebutuhan akan protein, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dengan baik. 

 

Selain dengan salep yang diindikasikan khusus untuk penyembuhan luka seperti Bioplacenton, untuk pencegahan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan mungkin juga diperlukan antibiotik oral atau antibiotik yang diminum dan salep antibiotik. Apalagi luka yang Anda derita agak dalam, tanpa jahitan, dan sudah cukup lama tidak sembuh. Namun, penggunaan antibiotik tersebut memerlukan resep dokter. Oleh karenanya, konsultasikan kondisi Anda dengan dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan terapi serta pengobatan yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Terima kasih.

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR